Jangan Asal Gabung Bisnis Reseller Kalau Belum Paham Ini

sumber: liputan6.com

Dari dulu sampai sekarang bisnis reseller ini terus ada dan semakin kesini semakin dikemas dan dipromosikan dengan saat menggiurkan. Apakah bisnis reseller ini penipuan? sama sekali bukan penipuan, tetapi kenyataan banyak yang gagal dan rugi.

Beberapa publik figure bahkan motivator bisnis ternama seperti Dewa Eka Prayoga dan Rico Huang sempat dicantumkan di komentar Tiktok tentang masalah bisnis reseller.


"Bikin produk lalu mencari reseller, laku di pasar apa ga? ga peduli"


Berapa banyak yang sudah tergiur untuk menjadi reseller produk mereka, membeli beberapa pics produk yang niatnya dijual lagi dengan untung sekian setiap produk, tetapi malah tidak laku sama sekali?

Ya mungkin tidak banyak hanyak ratusan ribu rupiah, yang akhirnya banyak yang terpaksa mengkonsumsi atau memakai sendiri barang yang niatnya dijual lagi tadi, daripada rugi ga laku dijual.

Mereka para motivator sama sekali tidak memikirkan ketika hal itu terjadi (resellernya gagal menjual lagi), memang yang salah resellernya karena memang ada juga reseller yang berhasil menjual. 


Jangan Asal Tertarik dengan Produk Baru

Produk baru yang belum banyak dikenal masyarakat akan cukup sulit untuk memasarkan, karena masyarakat akan tertarik jika sudah banyak pengguna, sudah banyak konsumen dan berkualitas dari segi rasa dan harga.

Lihatlah produk-produk dari merek perusahaan ternama, saat mengeluarkan produk baru mereka berusaha mengeluarkan dana besar-besaran agar dikenal masyarakat. Beriklan di tv, media, dan juga ke warung-warung dengan berbagai promo.

Sudah menjadi hal umum, para pelaku bisnis membuat produk baru, menawarkan peluang bisnis dengan iming-iming keuntungan sekian, lalu mencari reseller !

Mereka memberi iming-iming peluang bisnis!

Ya ga ada salahnya, tetapi belum ada kepastian apakah produknya dikenal pasar, berkualitas, rasanya enak dsb nya


Ciri Bisnis Reseller yang Baik


Pihak perusahaan atau produsen sudah menjual langsung ke konsumen, artinya pabrik telah melakukan penjualan ke konsumen (tentu saja melalui distributor dsb) mereka tidak mengandalkan reseller.

Silahkan cek di Tokopedi atau Shopee, biasanya sudah punya label Official (Perusahaan langsung sebagai penjual)

Tidak membesar-besarkan peluang bisnis untuk menarik minat reseller, tetapi membuka kesempatan menjadi reseller. Biasanya dengan syarat grosir minimal berapa pics, atau nominal jutaan rupiah.

Mempromosikan dengan segala media kepada konsumen atau pengguna langsung. 


Nah begitu kira-kira, bagaimana pendapat Anda?
 semoga bermanfaat.  

Tidak ada komentar: