Perhitungan Gaji Marketing Executive dan Sales Representative

gaji sales marketing

Pernah pengalaman bekerja di sales dan marketing di tahun 2016 hingga 2017, saya akan mencoba berbagi pengalaman berapa gaji kerja sebagai marketing. Di beberapa lowongan pekerjaan pasti mencantumkan jenis pekerjaan antara sales reprsentative dan juga marketing executive. 

Keduanya mempunyai perbedaan yang akan saya sampaikan di sini agar kamu bisa lebih mengenal. 

Marketing executive adalah pekerjaan untuk memasarkan produk atau jasa dengan target dapat menjual produk kepada konsumen. Tugasnya mulai dari perencanaan strategi pemasaran, pengenalan produk, hingga terjadi kesepakatan jual beli. 

Fokus pekerjaan marketing executive adalah dapat menjual produk atau jasa dengan jumlah tertentu setiap bulan. 

Misalnya seperti produk mobil, properti seperti rumah, apartemen, produk perbankan dan lain sebagainya yang jenis produknya tidak banyak, dengan target beberapa penjualan saja setiap bulan

Sales representative adalah orang yang bertugas menguasai pengetahuan berbagai macam produk perusahaan dan menjalin hubungan dengan konsumen atau mitra secara berkesinambungan. Dia bertugas mengenalkan, mempromosikan dan menawarkan produk kepada konsumen.

Jenis produk yang dijual oleh sales representatif biasanya adalah produk konsumtif, jenis produknya bisa  terjadi transaksi berulang kali sehingga penting menjalin hubungan sebagai mkitra

Misalnya adalah sales yang menawarkan produk-produk perusahaan ke toko, ke apotek, atau juga ke warung dengan tujuan bisa mensuplai barang secara kontinyu.

Produk dan target
Fakta di lapangan biasanya sales representatif lebih mudah dibandingkan dengan marketing executive. 

Sebagai contoh, anda bekerja sebagai sales representative di perusahaan susu. Tugas anda adalah menawarkan produk susu ke coffee shop di satu daerah yang ditetapkan. Anda bertugas menjelesakan keunggulan produk, harga dan lain sebagainya. 

Karena coffee shop sudah pasti memakai susu, mungkin akan mau mencoba dan jika cocok akan membeli.

Marketing executive identik dengan produk yang mahal membutuhkan keahlian yang labih tinggi, makanya disebut executive. 

Anda harus menjual minimal 2 unit mobil atau 1 unit apartemen dalam 1 bulan. Anda lah yang bertugas merencanakan, memasarkan, menjalin komunikasi hingga terjadi penjualan.

Perhitungan gaji seorang sales dan marketing
Menjadi aturan perusahaan memberikan gaji pokok sesuai UMR suatu daerah, sebesar 4,6 juta untuk area Jabodetabek dengan syarat tercapai target tertentu dalam 1 bulan. Jika tidak tercapai target maka ada kesepakatan gaji dipotong sebesar berapa persen target tidak tercapai. 

Hal yang umum terjadi bahwa gaji sales akan lebih kecil dari nilai UMR karena kesepakatan target penjualan tidak terpenuhi.

Persyaratan yang adil juga terjadi jika target tercapai ada bonus lebih yang akan diberikan, nilai bonus dari seorang sales marketing bisa lebih banyak dari gaji yang diterima, tergantung jenis produk yang dipasarkan. Semakin sulit dipasarkan bonusnya semakin besar.

Perjanjian 3 Bulan Kerja
Perusahaan membutuhkan karyawan yang bisa menghasilkan penjualan, jika seorang sales setiap bulan tidak bisa menjual 1 produk sama sekali, tentu saja gaji yang diterima cuma-cuma. 

Saat itu saya sebagai marketing desain interior, ketika selama 3 bulan tidak menghasilkan penjualan, maka sama saja gaji yang saya terima selama 3 bulan tidak memberikan apa-apa kepada perusahaan.

Lebih baik resign atau mengundurkan diri jika selama 3 bulan tidak ada hasil, ikuti apa saran atasan untuk kedepannya masih tetap bekerja atau mundur. 

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermaanfaat bagi manusia lainnya, semoga blog ini bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama