Hukum Ngabuburit saat Menjelang Berbuka Puasa

hukum ngabuburit

Ngabuburit adalah istilah bahasa sunda yaitu waktu menunggu adzan magrib yang kini menjadi istilah orang Indonesia lakukan pada saat sore hari menjelang waktu berbuka puasa, mereka keluar jalan-jalan mencari menu buka puasa yang biasanya rama dijajakan di pinggir jalan.

Ini sudah menjadi budaya pada saat bulan ramadhan yang seakan-akan justru menjadi hal wajib ketika menjalankan puasa ramadhan maka di sore hari harus ngabuburit untuk menunggu waktu buka.

Padahal orang Islam harusnya tahu di bulan ramadhan itu waktu terbaik untuk beramal, harusnya waktu menunggu buka puasa diisi dengan kegiatan amalan seperti mengaji dan membaca Al Qur'an.


Bagaimana hukum ngabuburit di dalam Islam?

Aktifitas ngabuburit tidak ada di jaman Nabi dan kegiatan jalan-jalan membeli makan adalah suatu hal yang halal dan boleh saja dilakukan selama tidak menyebabkan hal-hal haram dan dosa. 

Perlu disadari bawha pada saat ngabuburit ini ada nilai kebaikan atau justru dosa dan sia-sia yang menjadikan pembeda.

Pada zaman Rasulullah justru waktu menjelang berbuka puasa para sahabat memperbanyak aktifitas berdoa dan beribadah di masjid.

Ngabuburit yang baik

Mencari menu muka puasa yang baik dan tidak berlebihan dalam makan. Atau membelikan makanan dan diberikan kepada orang lain untuk buka puasa.

Seorang ibu yang mengajak anaknya yang masih kecil untuk membeli jajan, karena masih kecil dia pasti suka jajan, atau ibu yang keluar mencari makanan untuk menu buka puasa.

Seorang pasangan suami istri yang keluar sebentar untuk mencari menu buka puasa tanpa menghabiskan waktu di jalanan, segera kembali dan menunggu waktu berbuka sambil berdoa.

Selain hal-hal baik bisa juga ngabuburit malah menjadi dosa dan hilang pahala puasa dari pagi hingga sore

Ngabuburit justru menjadi dosa

Bersama dengan pacar jalan-jalan, dimana kita tahu berdua an, saling pandang apalagi bersentuhan dengan yang bukan muhrim itu pasti dosa apalagi pacaran.

Saat jalan-jalan banyak melihat lawan jenis, bahkan ada yang terbuka auratnya sehingga menjadi maksiat dosa mata.

Boros banyak membeli jajanan yang menghabiskan uang, malah jajan berlebihan dan berbuka dengan beraneka macam makanan.

Masih dijalan hingga waktu maghrib tidak menyegerakan sholat magrib sehingga telat sholat.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama