Inilah Kelebihan dan Kekurangan Orang Introvert

ciri orang introvert

Alifandofla.com -  Apakah kamu merasa punya kepribadian introvert? jika iya sebaiknya kamu lebih mengenal apa yang negatif dan apa yang positif supaya bisa menjadi pribadi lebih baik.

Di artikel ini khususnya akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan orang Introvert. Semua kepribadian pada dasarnya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Mungkin jika semua orang berjiwa ekstrovert, maka semua lebih memilih menjadi artis daripada penulis naskah film. Orang introvert akan lebih nyaman menulis kisah cerita dan menulis naskah, sedangkan orang ekstrovert lebih cocok untuk memerankan cerita tersebut.

Bukankah itu menjadi lebih baik keduanya saling melengkapi?

Tapi memang di masyarakat kita, kepribadian introvert dinilai banyak kekurangannya atau sisi negatifnya karena sifat pemalu dan pendiam. Karena itu akan saya jelaskan disini semoga bisa membuat kamu lebih tahu.

Baik kelebihan maupun kekurangan dibawah ini adalah ciri-ciri orang introvert secara umum yang sering terdapat pada dirinya.

Kelebihan Orang Introvert

  1. Mandiri,
    Mereka rata-rata bisa melakukan banyak hal sendiri. Karena rasa sungkan mereka kadang-kadang lebih besar sehingga tidak ingin merepotkan orang lain.

  2. Tahu cara menghibur diri sendiri
    Ketika ada masalah, merasa galau atau membutuhkan hiburan, dia tidak akan bingung mencari teman atau orang lain untuk menghibur dirinya.

    Dia tahu apa yang harus dilakukan misalnya seperti menulis, membaca, atau nonton film kesukaan yang cocok dengan perasaannya.

  3. Tekun dan detail
    Banyak terdapat dalam dirinya sifat tekun pada kepribadian orang introvert. Karena itu banyak yang ahli di bidang-bidang pekerjaan yang membutuhkan sifat tekun dan detail, seperti scientist, web programer, akuntan, dan penulis.

  4. Setia kawan
    Bukan rahasia lagi kalau orang-orang introvert itu hanya punya sedikit teman dekat, tetapi biasanya pertemanan mereka sangat awet jarang terjadi perselisihan.

  5. Lebih setia pada pasangan
    Bagi kepribadian introvert itu gak mudah mendapatkan seseorang yang mau menerima cintanya. Itu karena sifatnya pemalu dan terkesan minder jadi tidak menarik perhatian.

    Baik wanita maupun pria, kepribadian mereka punya sifat yang setia pada pasangan. Mereka jarang punya banyak kenalan lawan jenis ketika sudah nyaman dengan satu orang.

  6. Hati-hati dalam berbicara
    Perasaan orang introvert itu sangat peka, jadi ketika merasa kata-katanya menyinggung atau menyakiti orang lain, dia akan memikirkan hal tersebut. Dia sendiri juga sama, mudah tersinggung jika kata-kata orang lain kurang tepat.

Kekurangan Orang Introvert

  • Terlalu Pemalu
    Sikap yang sering ada dan jika berlebihan akan berdampak negatif dalam kehidupan sosial, sampai-sampai karena pemalu dia sering kurang peka dengan lingkungan pertemanan, keluarga hingga tetangga.

  • Minder
    Hampir sama dengan pemalu, kemudian bisa muncul perasaan minder tanpa disadari. Sikap minder muncul karena malu kepada orang lain, tidak berani bertindak, dan tidak berani melakukan sesuatu yang seharusnya itu baik untuk dilakukan.

  • Overthingking
    Atau berpikir berlebihan, jiwanya suka berbicara dengan diri sendiri yang akhirnya banyak menggunakan pikirannya untuk berbagai macam kejadian. Tentu saja sifat ini bisa menjadi penyebab overthingking.

  • Mudah kecewa
    Dalam berteman dia mudah kecewa jika dirasa tidak sesuai, apalagi menyakiti perasaannya. Karena itulah orang-orang introvert hanya punya sedikit teman bisa jadi karena sikap mudah kecewa ini.

    Bahkan ketika kecewa dengan orang yang dia suka, dia akan dengan mudah move on dan hilang rasa sukanya.

    Sakit Hati Seorang Introvert Jika Dikecewakan

  • Mudah tersinggung
    Mudah kecewa karena juga mudah tersinggung. Padahal niatnya hanya bercanda tetapi kadang-kadang apa yang diterima bagi introvert itu bisa masuk ke dalam hati.

    Bisa sampai selalu di ingat-ingat jika sudah tersinggung, makanya sulit punya banyak teman model orang begini.

Kesimpulan
Jadi sebaiknya disyukuri apa yang menjadi kelebihan bernilai positif, tetapi juga dikurangi sifat-sifat negatifnya agar bisa menjadi pribadi introvert yang lebih baik lagi di kehidupan sendiri dan juga sosial masyarakat.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara