pengalaman kerja time international

Dari awal masuk bulan Februari 2019 hingga tulisan ini saya buat di November 2021, hampir 3 tahun pengalaman saya kerja di Time International akan saya sampaikan dengan jujur. Secara umum saya bersyukur, merasa nyaman, lancar dan baik kerja di Time International, jarang bahkan hampir gak ada masalah terjadi. Bagi saya pribadi dan kebanyakan rekan kerja, bisa bekerja di Time International adalah kebanggaan dalam berkarir. 

Selama kerja dimanapun tempatnya yang jadi acuan biasanya adalah kebijakan perusahaan, gaji, bonus, cuti, keadaan kantor dan rekan kerja. Mari saya bahas satu persatu secara singkat dan jelas agar anda dapat gambaran tanpa banyak membuang waktu.

Pengalaman ini murni apa yang saya rasakan sebagai karyawan, tidak ada permintaan dari pihak manapun.

Kebijakan Perusahaan
Nilai 9,5/10

Jujur saya tidak pernah merasa tertekan dengan kebijakan perusahaan, semuanya baik, bagus, tertib dan mengikuti aturan yang berlaku. Pada saat peraturan pemerintah di masa pandemi, Time Internatioanal sangat tertib mengikuti aturan, tidak pernah sedikitpun melangar.

Dresscode/seragam di Time Internatioanl bebas rapi. Setahu saya khusus karyawan office dan di divisi kami Time Digital tidak ada aturan untuk mengenakan seragam tertentu. Karyawan dibabaskan secara sadar untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan baik setiap individu. Bahkan kebanyakan karyawan malah bisa menggunakan outfit yang fashonable, ini hal yang menurutku paling spesial dibanding dengan perusahaan lain.

Peraturan yang berbeda untuk pegawai store butik, disana ada aturan menggunakan seragam sesuai standar yang ditentukan oleh managemen. 

Jam kerja juga cukup fleksibel ada toleransi terlambat sekitar 1 jam di divisi Time Digital, jika memang ada kendala terlambat. Jujur kerja di Jakarta, ontime menjadi hal yang cukup berat jika tidak ada toleransi keterlambatan. Tetapi juga harus menambah jam. Tetapi bisa tepat waktu menjadi nilai yang baik.


Gaji dan Bonus
Nilai 9/10

Gaji ditentukan berdasar kesepakatan awal masuk kerja dengan HRD, dan setiap tahun ada penilaian kinerja untuk mengukur berapa kenaikan gaji. Perusaahan sangat baik dalam memberika bonus atau THR, tidak pernah terlambat selama yang saya tahu. Bahkan di era pandemi yang memaksa perusahaan menutup butik dan menurun omsetnya, Bapak CEO masih bisa memberikan bonus THR pada karyawannya.

Ketika ada pemotogang gaji saat pandemi, Perusahaan juga sangat bijak dengan mengurangi jam kerja dan memberi pilihan kemudahan WFH pada karyawan, tidak semena-mena melakukan pemotongan gaji sepihak. 


Rekan Kerja dan Keadaan Kantor
Nilai 8/10

Dalam hal ini sepertinya sangat subjektif bagaimana pembawaan diri kita di lingkungan kerja dan berkomunikasi dengan rekan kerja. Secara umum dalam hal pekerjaaan sangat profesional tidak ada yang namanya saling menjatuhkan, yang saya alami adalah saling support satu sama lain karena team kami melengkapi satu sama lain dalam hal pekerjaan. 

Keadaan kantor menurut saya sangat nyaman, ada area kitchen untuk makan atau minum, meja kerja yang rapi dan bersih, ruangan dengan desain interior yang bagus. 

Cuti
Nilai 8/10

Diberi jatah cuti satu bulan 1 kali atau setahun 12 kali. Untuk mengajukan cuti cukup mudah kepada atasan langsung seperti ke Supervisor atau Manager di setaip divisi kerja. Namun karena seringkali pemerintah mengeluarkan hari cuti, terkadangang kebijakan pemerintah ini memotong jatah cuti kerja.

Secara keseluruhan pengelaman saya bekerja di Time International sangat nyaman dan baik.