Cara Aman Pengalaman Pemula Investasi Saham "Menabung Jangka Panjang"

Pengalaman saya investasi saham dari awal tahun 2018 sampai hari ini masih terus menabung investasi di saham dan hasilnya cukup memuaskan. Saya berawal dari pemula yang intinya ingin menabung di saham sesuai saran Pak Chandra Putra Negara SB30 (di akun youtube). 

Menurut saya menabung di saham cukup mudah jika niatnya memang menabung jangka panjang bukan untuk trading atau investasi jangka pendek menginginkan keuntungan dalam waktu dekat. Jangka panjang yang saya rasakan minimal 6 bulan hingga bertahun-tahun.

Artikel ini murni sharing pengalaman pribadi saya sebagai pemula investasi saham, tidak ada anjuran atau ajakan apapun kepada anda 

Beberapa Tips yang cukup mudah untuk saya lakukan dalam investasi saham antara lain:

1. Memilih Perusahaan denganFundamental Bagus

Apa ciri-ciri Saham fundamental bagus?

Sebelum anda mencari tahu secara analytics ada hal yang paling mudah untuk kita lihat untuk mengecek fundamental perusahaan

  • Apakah produk dari perusahaan tersebut akan terus bertahan hingga 20 tahun kedepan?
  • Apakah produknya dikenal dan selalu digunakan masyarakat
  • Apakah kompetitor perusahaan sejenis masih di batas aman

Contoh : Telkomsel, Bank BRI, BCA, Mandiri, Japfa, Sido, Unilever dll

Perusahaan tersebut jelas aman dari ketiga pertanyaan diatas

2. Harga Saham Murah 
Biasa dengan indikator PBV:  PBV adalah rasio harga terhadap nilai buku untuk melihat harga sebuah saham masuk dalam kategori mahal atau murah untuk membantu investor menemukan saham yang tepat untuk investasi mereka (landx.id). 

Ini juga sangat mudah silahkan Googling "PBV Saham JPFA" atau saham saham lain akan mudah ditemukan

Sepaham saya untuk nilai PBV

  • Kurang dari 1 = Murah
  • Antara 1-3 = Wajar
  • Lenbih dari 3 = Mahal

3. Membeli Saat Harga di Titik Terendah
Amati grafik 5 tahun terakhir dan lihat berapa angka rata-rata harga terendahnya, Jika saat ini saham yang akan anda pilih berada di harga rendah silahkan beli sebanyak-banyaknya. 

Kadang pas harga saham pada naik memang agak sulit mencari saham di harga rendah tetapi pasti ada yang bisa kita temukan.

4. Biarkan dalam Jangka Waktu Lama
Hal yang sangat wajar jika setelah membeli mungkin dalam beberapa hari kedepan mengalami penurunan, justru kesempatan untuk terus beli atau cukup biarkan saja. Sepengalaman saya akan tiba masanya akan naik terus harganya

5. Jual di Grafik Harga Tertingginya
Saya akan menjual saham jika dirasa sudah melampaui harga grafik tertinggi, kemudian membeli saham lain yang harganya sedang jatuh. Dengan cara ini maka tabungan investasi bisa terus menggulung atau bertambah dengan berjalannya waktu.

Karena tidak ada saham yang tidak turun harganya, pasti adakalanya akan turun, maka dari itu ketika harga sedang diatas lebih baik saya jual dan mendapatkan profit maksimal. 

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama