Cara Menghilangkan Sifat Introvert yang Negatif

Introvert adalah salah satu kepribadian yang dimiliki manusia. Sifat introvert bukan sesuatu yang buruk tetapi memang ada sikap dan sifat yang dirasakan kurang baik. Karena itu jika kamu merasakan hal ini perlu tahu cara menghilangkan sifat introvert yang negatif.

Orang introvert tidak harus berubah atau menghilangkan jati diri mereka, tidak perlu ingin menjadi ekstrovert karena setiap kepribadian mempunyai kelebihan masing-masing.

menghilangkan sifat introvert

Kelebihan dan Kekurangan Orang Introvert

Sifat-sifat Introvert yang harus diperbaiki

Tidak perlu merubah atau menghilangkan kepribadian introvert, tetapi saya tahu ada hal-hal berikut ini yang harus kamu perbaiki dalam hidup agar menjadi lebih baik.


Mengatasi sifat kurang percaya diri

Ciri khas introvert yang sering sekali menjadi masalah adalah rasa kurang percaya diri dihadapan orang lain. Tipe yang lebih suka diam dan hanya menjalin pertemanan dan komunikasi hanya dengan beberapa orang. 

Biasanya karena nyaman dengan pertemanan kecil, kurang suka dengan keramaian dan acara ramai-ramai yang menjadikan sebab kepribadiannya kurang percaya diri.

Bagaimana cara percaya diri?

Untuk menjadi percaya diri bukan harus menjadi seorang yang terkenal, tetapi adalah orang yang supel mudah berkomunikasi dan tenang diantara teman atau orang-orang di sekitar.

1. Jika rasanya masih kurang percaya diri karena terlalu baper atau bawa perasaan, coba belajar untuk siap jadi bahan candaan diantara sekumpulan teman-teman, bahkan berniat untuk menghadirkan sesuatu yang lucu agar ditertawakan istilahnya "meroasting diri sendiri"

Jika kita siap ditertawakan tidak mudah sakit hati, itu sudah menjadi nilai lebih menjadi lebih kuat mental berkomunikasi dengan orang lain.

Tipe introvert punya perasaan yang mudah tersinggung, dengan siap menjadi bahan candaan itu akan melatih mental

Jika belum mampu pakai cara kedua

2. Banyak bertanya dan mendengar kepada orang yang belum akrab, atau tidak dikenal. Belajar mencari pertanyaan dan bisa memberi tanggapan sehingga mudah ngobrol.

Rasa malas ngobrol jika tidak dengan orang yang dikenal adalah ciri khas introvert, jika dipelihara akan muncul rasa kurang percaya untuk berbicara diri di depan umum.

 Pandai berkomunikasi adalah ciri orang percaya diri, bahkan bisa mengajak ngobrol orang lain terlebih dulu.

Apalagi pandai mengajak bicara lawan jenis, ini hal yang sulit bagi kepribadian kebanyakan kepribadian introvert.

3. Mulailah mencoba berjualan dengan menawarkan barang atau jasa ke teman atau orang lain. Berani menawarkan adalah karakter yang percaya diri, karena seringkali menawarkan sesuatu juga akan terjadi penolakan.

Setiap kali menerima penolakan atau kritikan menjadikan perasaan lebih kuat mental daripada hanya diam saja tidak pernah berani menawarkan.

Mengikuti komunitas yang se hobi

Kira-kira apa hobi kamu saat ini dan coba cari komunitas yang bisa bertemu dan berkenalan satu sama lain.

Mungkin komunitas bisnis online, komunitas sepeda, komunitas diet atau lain sebagainya yang sekiranya bisa bergabung dan sesekali mengadakan gathering pertemuan untuk saling kenal.

Ketika satu hobi maka akan lebih mudah memulai pembicaraan, kamu punya banyak bahan obrolan dengan beberapa teman komunitas.


Jadi kami yang merasa punya kepribadian ini tidak perlu menghilangkan sifat introvert, tetapi berusaha memperbaiki apa yang negatif.

Seperti kurang percaya diri, minder, pemalu dan pendiam susah berkomunikasi. Tunjukan sikap dan sifat-sifat baik yang dapat menunjukkan kharisma seorang introvert dengan karakternya yang tenang dan memahami diri sendiri.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara