9 Jenis Macam-Macam Soto Sesuai Daerah Asalnya

Sebagai warga Indonesia kita pasti tahu menu makanan yang paling banyak ada di berbagai daerah dengan nama yang sama tetapi isi menunya berbeda, yaitu Soto. Setiap daereh mempunyai ciri khas masing-masing dalam menyajikan soto.

Di Indonesia ada beberapa macam jenis soto antara lain yaitu: Soto Lamongan, Betawi, Solo, Madiun, Padang, Banjar, Semarang, Kudus dan Soto mie Bogor.

Nah dari beberapa daerah itu punya kesamaan, Soto yaitu menu makan berkuah kaldu dan rempah berisi daging di dalam mangkuk. Tetapi dari berbagai daerah mempunyai perbedaan dari segi campuran isi dan kuah.

1. Soto Lamongan

soto lamongan

Soto ini seperti namanya berasal dari Lamongan Jawa Timur, mirip dengan jenis-jenis soto di daerah Surabaya.

Disajikan dengan kuah warna kuning diberi irisan kol, bersisi daging ayam dan telur rebus ditaburi dengan koya (bubuk dari bahan udang). Ciri khas yang menonjol adalah suwiran daging ayam, telur dan koya.

2. Soto Solo

soto solo
Jika kamu di daerah Solo dan sekitarnya seperti Sragen, Sukoharjo dan karanganyar akan menemukan soto berkuah bening seger dengan pilihan daging sapi dan daging ayam.

Bumbu kaldu daging sapi dan lemak menjadikan kuahnya terasa segar nikmat. Tambahan campuran hanya tauge dan, daun seledri dan bawang goreng. 

Biasanya dimakan dengan tambahan lauk tempe goreng, sate usus dan sate telur puyuh. 

3. Soto Betawi

soto betawi
Jika kamu di Jakarta dan Tangerang pasti sudah tidak asing lagi makan soto Betawi. Kalau menurut saya bisa disebut paling mewah karena berisikan potongan daging sapi dan jeroan cukup banyak, ditambah dengan perkedel, kentang, tomat, kuah susu, dan emping.

Emping memang makanan khas Banten Betawi jadi cocok jika dicampurkan di dalam makanan khas nya. Nasinya biasanya dipisah, kuah putih gurih berupa campuran santan atau susu dan kaldu yang rasanya menjadi lebih gurih. 

4. Soto Madiun

soto madiun

Nah kalau daerah Madiun, Ngawi, Nganjuk itu sotonya mirip dengan Solo, kuahnya bening berisi daging ayam tapi ditambah dengan mie bihun putih, telur dan kentang goreng.

Tetapi sekarang kebanyakan yang jual mirip Soto Solo, jadi tambahan kentang gorengnya sudah jarang dicampurkan. Tapi untuk masyarakat sekitar Madiun jika membuat menu soto untuk acara pernikahan pasti  menggunakan kentang goreng.

5. Soto Semarang

soto semarang

Sama juga soto berkuah bening dengan daging sapi atau ayam ditambah tauge, irisan seledri. Jika kebanyakan menggunakan taburan bawang merah goreng, Soto Semarang menggunakan bawang putih goreng.

Citarasa kuah dari kaldu sapi menjadi nilai kenikmatan satu mangkuk kecil kas Semarang ini. Selain itu ciri khas nya disajikan menggunakan sendok bebek kecil agar kuahnya dapat lebih banyak saat disantap bersama nasi. 

6. Soto Kudus

soto kudus
Ciri khas soto kudus adalah ukuran mangkok kecil dengan potongan daging sapi atau ayam yang cukup banyak. Kuah bening kaldu lemak sapi membuat rasanya lebh mantab.

Perebedaan soto Kudus dengan Semarang jika dilihat dari warna kuahnya, soto kudus lebih kuning sedangkan semarang lebih bening. Keduanya dalam penyajian mirip yaitu menggunakan mangkuk kecil dan sendok bebek. Tapi ada juga pilihan menu mangkok besar.

7. Soto Padang

soto padang
Kuah kuning, perkedel dan bihun kemudian ditambah potongan daging sapi atau daging ayam. Bumbu rempah warna kuning keruh berminyak dan mie bihun jadi ciri khas yang cukup berbeda dengan soto dari daerah Jawa.

8. Soto Banjar

soto banjar

Jika dari dearah lain umumnya dimakan bersama dengan nasi, soto Banjar ciri khasnya dimakan dengan lontong. Bumbu kuah dan bawang goreng juga mirip, tetapi lebih bening dengan tambahan bihun, perkedel dan telur.

9. Soto mie Bogor

soto mie bogor
Mie kuning ditambah isi campuran berupa potongan daging sapi, keroket, kentang, kikil, tomat, serta kol, yang ditambah dengan kuah. Kemudian ditaburi dengan daun bawang dan seledri, serta tambahan emping.

Tanpa tambahan nasi sudah cukup kenyang, tetapi biasanya yang beli tetap ada tambahan nasi di piring yang dipisah.

Harga Rocket Chicken 2023

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara