Yuk Cari Tahu Macam-Macam Kopi di Cafe Agar Tepat Pilihan

macam-macam kopi di cafe

Alifandofla.com - Ketika pergi ke coffee shop atau cafe kita akan melihat ada berbagai macam pilihan menu minuman kopi, camilan, dan makanan untuk dipesan. Pada daftar menu ada macam-macam kopi di cafe yang kadang menjadikan bingung memilih. 

Setiap cafe biasanya juga punya varian masing-masing dan memberi nama menunya sendiri. Saya ketika datang ke coffee shop yang berbeda-beda, sering menemukan nama macam-macam kopi yang berbeda juga, sehingga membuat saya seringkali bertanya dulu dari nama menu yang belum saya ketahui.

Jangan malu untuk bertanya kepada waiters/pelayan jika kamu belum tahu jenis kopi yang tertera di daftar menu. Karena pelayan cafe pasti akan dengan senang hati menjelaskan.

Bahkan saya ketika memesan jika menemui nama menu asing, pasti menanyakan terlebih dahulu, seperti tingkat kepahitan, manis, atau lebih gurih. 

Berikut Ini Macam-Macam Kopi di Cafe

1. Espresso

Adalah kopi hitam murni dan pahit yang dihasilkan dari bubuk hasil gilingan biji yang diseduh dengan air panas dengan tekanan tertentu. Espresso adalah bahan utama dari semua menu kopi, biasanya dibuat menggunakan sebuah mesin khusus, atau biasa disebut mesin espresso maker.

Ketika kita memesan espresso, maka akan mendapatkan segelas kecil espresso pahit. Bisa juga jika ingin ditambahkan gula agar lebih manis, atau ditambah es batu menjadi americano.

2. Es Kopi Susu

Merupkan campuran espresso dan susu murni UHT, sedikit ditambah creamer,  gula aren, dan es batu kemudian langsung dituangkan di dalam gelas atau cup.

Kopi susu terkenal di cafe-cefe lokal di Indonesia, karena paling mudah dan simple dalam penyajiannya jika dibandingkan jenis varian lain dibawah ini. Tambahan gula aren bisa membuat rasa manis, lebih gurih dan kopinya lebih enak.

3. Latte

Merupakan campuran susu dan espresso yang pasti ada hampir di semua coffee shop karena populer rasanya lebih diterima oleh banyak orang, rasa kopi cenderung ringan tidak terlalu pahit atau asam.

Latte dibuat dengan mencampur kopi espresso dan susu, dengan tambahan gula sesuai selera. Komposisi susu pada latte itu lebih banyak sehingga rasanya lebih dominan gurih dan mannis, hanya sedikit rasa pahit.

Varian Latte
Di coffee shop biasanya membuat aneka rasa seperti vannila, hazelnut, avocado, dan moca yang dalam daftar menu jadi terlihat banyak seperti vanilla latte, latte hazelnut, dll.

Tidak semua coffee shop bisa menghadirkan rasa latte yang pas, terutama campuran susu dan kopi untuk menghasilkan rasa gurih dan sedikit pahit. Sayangnya cafe-cafe pemula hanya mengandalkan rasa tambahan dan manis seperti vanilla.

4. Cappucino

Kopi susu yang lebih dominan rasa kopinya sehingga lebih terasa pahit jika dibandingkan latte. Bagi yang suka dominan rasa pahit dengan campuran susu bisa memilih varian cappucino. Tetapi kadang-kadang di beberapa cafe antara latte dan cappucino tidak ada perbedaan rasa. 

Ada beberapa cafe yang pernah saya temui komposisi cappucino dan latte sama, tetapi menu latte untuk disajikan dingin atau es, sedangkan cappucino untuk sajian panas. Sedangkan untuk menambah tingkat kepahitan ada pilihan double shot espresso.

5. Caramel Macchiato

Adalah jenis kopi susu dengan busa diatasnya (foam), busa ini dihasilkan dari hasil steam susu kemudian dituangkan dibagian paling atas, lalu ditambah dengan gula caramel. Jadi secara mudah kopi macciato itu berisi susu, kopi espresso, dan gula caramel

Caramel macchiato menjadi salah satu menu favorit di Starbucks. Bagi yang suka dengan busa foam dan rasa manis cocok memilih caramel macchiato.

6. Moccacino

Merupakan espresso, susu dan coklat, mocca itu adalah coklat. Jadi jika kamu ingin minum kopi rasa coklat bisa memilih moccacino. Tapi bisa dibilang varian paling sulit untuk mendapatkan rasa paling enak antara perpaduan kopi dan coklat.

Membuat rasa coklat asli yang enak tidak setiap coffee shop bisa menyajikan, bahkan seringkali sekedar menambahkan bubuk coklat biasa sehingga rasanya biasa saja.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara