5 Contoh Aktivitas Fisik Ringan dalam Kehidupan Sehari-Hari

contoh aktivitas fisik ringan

Alifandofla.com - Dalam kehidupan sehari-hari manusia bermacam-macam aktivitas, ada yang ringan, sedang, hingga berat. Dalam artikel ini akan membagikan contoh-contoh aktivitas fisik ringan yang mungkin sudah biasa kita kerjakan sehari-hari.

Aktivitas fisik sangat baik untuk dilakukan manusia, supaya kesehatan tubuh terjaga. Kurangnya aktivitas fisik menyebabkan rentan terkena penyakit.

Gerak punya banyak manfaat pada tubuh manusia seperti melancarkan peredaran darah, membakar kalori, menggerakkan otot dan sendi, serta meningkatkan sirkulasi oksigen lebih baik, sehingga jantung bekerja lebih baik.

Berikut Ini Contoh Aktivitas Fisik Ringan Sehari-Hari

1. Jalan Kaki

Aktivitas jalan kaki pasti dilakukan setiap hari oleh kebanyakan orang, entah saat berangkat dan pulang sekolah atau kerja. Ketika jalan-jalan wisata, atau sekedar jalan-jalan di pagi hari, tergantung jarak tempuh yang dilalui.

Semakin jauh jalan kaki yang ditempuh semakin banyak gerakan yang bermanfaat bagi tubuh. Jalan kaki merupakan contoh aktivitas fisik ringan yang bisa dilakukan kapan saja.

Beruntunglah jika kamu setiap hari harus jalan kaki, misalnya ketika pergi pulang sekolah atau kerja harus jalan ke halte busway, atau jarak tempat parkir ke kantor yang cukup jauh, itu memberi manfaat bagus pada tubuh.

2.  Bersih-Bersih Rumah

Kegiatan membersihkan rumah sehari-hari juga termasuk aktivitas fisik ringan yang umumnya dilakukan setiap hari seperti menyapu, membersihkan meja, mencuci piring, atau mengepel.

Saat melakukan tidak terasa seperti olahraga tapi jika yang dikerjakan cukup banyak dan lama juga akan terasa melelahkan.

Jadi ketika melakukan bersih-bersih rumah berbahagialah karena sedang menjalankan olahraga ringan yang baik untuk kesehatan tubuh.

3. Memasak

Tahukah kamu ketika memasak rata-rata membutuhkan waktu 30 menit sampai 2 jam di dapur. Biasanya dilakukan dengan berdiri sambil memotong daging atau sayuran.

Aktivitas berdiri sambil memotong bahan masakan, mencuci, hingga menggoreng di wajan sampai menyiapkan makanan ini termasuk contoh aktivitas fisik ringan yang sering dilakukan.

Berdiri lebih baik untuk menjaga kesehatan otot tubuh daripada kebanyakan duduk, memasak adalah kegiatan yang biasanya dilakukan dengan berdiri.

4. Mengajar

Ketika guru mengajar di depan murid-muridnya ada beberapa contoh aktivitas fisik ringan yang dilakukan selama 1-2 jam. Seperti menulis di papan tulis, menjelaskan sambil bergerak, gerakan duduk dan berdiri berkali-kali.

Seringkali seorang guru juga harus keliling kelas untuk mengecek dan membantu kepada beberapa orang muridnya.

Bukan yang hanya mengajar hanya duduk di meja lebih banyak diam hanya menyuruh muridnya mengerjakan tugas sendiri-sendiri.

5. Menyetir atau Berkendara

Menyetir juga termasuk aktivitas fisik ringan apalagi menyetir sepeda motor. Dibutuhkan tangan yang kuat menggerakkan stang motor ketika belok-belok, mengegas dan mengerem.

Jika kondisi macet bisa menjadi melelahkan karena harus bolak-balik menurunkan kaki untuk menjaga kendaraan. 

Termasuk juga menyetir mobil kaki, tangan juga selalu bergerak untuk menjalankan mobil bisa aman sampai tujuan.

Selain kegiatan-kegiatan yang ringan sudah biasa dilakukan jika rasanya kurang gerak, bisa menambah aktivitas olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah seperti:

Contoh Jadwal Workout di Rumah Tanpa Alat yang Mudah

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara