sakit flu hilang
gambar hanya ilustrasi saja

Sakit flu memang dainggap sepele dan biasa, tetapi jika sering mengalami maka sangat mengganggu aktifitas sehari-hari bekerja menjadi kurang maksimal. Seingatku di tahun 2017-2019 saya setiap 3 bulan sekali pasti flu, batuk pilek, atau masuk angin. Waktu itu saya gak sempat mikir apa-apa karena menganggap hal biasa dan memang mudah sembuh tidak sampai parah cukup obat warung atau apotek.

Waktu itu saya selalu sedia panadol paracetamol, kerena mamang manjur dan efektif. Flu saya akan sembuh setelah 1-2 minggu, paling parah cuma 2-3 hari saja dan bisa saya doping dengan paracetamol. Selalu begitu waktu itu. 

Mudah sakit dan flu saya hilang di bulan Februari 2020 sampai saat ini saya menulis. Tidak ada obat apapun herbal maupun dokter, bahkan saya menjadi jarang sakit pun tidak sadar, semua terjadi karena saya menjalankan diet dari berat badan 63 Kg menjadi 57 Kg. Memang saya bukan yang tipe terlalu gemuk, tetapi gaya hidup sehat yang akan saya bagikan ini insyaAllah sangat bermanfaat.


Perbanyak minum air putih. pada saat saya mudah flu saya lupa harus minum air putih berapa kali, bahkan saya ga minum air putih. Seingatku pagi kopi, siang es teh, sore es teh dan malam membeli air minum kemasan.

Ketika diet saya dipaksa minimal minum air putih 2-3 liter per hari dan kebiasaan itu masih rajin saya lakukan sampai sekarang dan saya jarang minum minuman kemasan.

Memperbanyak makan sayur dan buah, Jika dihitung jumlah asupan makan setiap harinya minimal seimbanga 1/3 karbohidrat, 1/3 sayur dan buah, 1/3 protein. Sekarang justru untuk sayur porsi saya lebih banyak daripada yang lain, sampai saat ini menu favorit yang paling banyak sayurnya.

Jika membuat mie instan pun hanya setengah mie, lainya saya banyakin kubis, sawi dan tomat.

Memenuhi saupan protein setiap hari, Telur, daging ayam, tahu tempe lalu susu protein jika ada. Setiap hari tinggal pilih mau menu apa yang penting ada kandungan protein yang cukup. Jika dihitung perhari minimal 30gr protein dari semua asupan yang masuk kebadan.

Konsumsi madu dan suplemen, Saya juga menambah beberapa jenis suplemen untuk mendapatkan nutrisi secara instan. Tidak saya sebutkan intinya jenis suplemen kesehatan jika diminum secara bijak maka baik efeknya.

Suplemen memang sering dinyatakan berbahaya bagi ginjal, ini bagi yang punya hipertensi dan kurang konsumsi air putih. Tetapi bagi yang badannya normal dan rajin olahraga insyaAllah sehat.

Kesimpulan
Saya kira untuk menerapkan nomer 1-3 itu cukup mudah sekali dan siapapun akan setuju memang begitu cara menjaga badan selalu sehat.