Keuntungan Reksadana Per Bulan dari Pengalaman Pribadi

Keuntungan Reksadana

Mungkin kamu sedang berencana investasi di reksadana dan ingin mencari tahu berapa keuntungan reksadana per bulan. Saya sudah mencoba dan cukup lumayan untuk menabung dalam jumlah kecil.

Sebenarnya reksadana lebih cocok disebut tempat menabung daripada investasi.

Kebetulan saya sampai saat ini masih punya tabungan di reksadana di salah satu aplikasi yang bisa saya bagikan informasi berapa nilai keuntungan reksadana dalam sebulan, setahun dan 5 tahun.

Reksadana adalah kumpulan sejumlah dana dari beberapa jumlah orang yang menginvestasikan uang mereka untuk dikelola oleh manager investasi profesional dengan nilai keuntungan yang ditawarkan dalam periode waktu tertentu dalam satu bulan, 1 tahun, 3 tahun, hingga 5 tahun.

Ada 3 Jenis Reksadana

  1. Reksadana Pasar Uang 
  2. Reksadana Pendapatan tetap 
  3. Reksadana Campuran
  4. Reksadana Saham
Pengalaman saya ada di Reksadana Pasar Uang yang mempunyai tingkat kerugian paling sedikit, cocok untuk menabung, hampir tidak ada resiko.


Hasil Keuntungan Reksadana Per Bulan 

Ini adalah grafik saya yang menabung di reksadana pasar uang Syailendra Dana Kas melalui aplikasi Tokopedia

keuntungan reksadana


Nilai keuntungannya hanya 0,39 per bulan, 3,7% per tahun, dan bisa mencapai 28% dalam 5 Tahun. Nilai ini bisa naik turun, atau tidak tetap, tetapi kurang lebih mendapatkan segini keuntungan reksadana per bulan.

Coba untuk per bulan kita bulatkan 0,3 dengan contoh perhitungan

Nilai Investasi Rp 1.000.000
Keuntungan 0.3%
Hasil investasi dalam 1 bulan menjadi 1.000.3000

Keuntungan reksadana pasar uang dalam 1 bulan adalah 3000 rupiah, dalam 1 tahun menjadi 30.000 memang hasilnya kecil, tetapi kenaikan nilai uangnya lebih terjamin

Dalam 1 tahun nilainya masih sama tetapi ketika sudah 5 tahun maka akan terasa banyak. Reksadana pasar uang sebenarnya adalah tempat investasi agar nilai uang tidak menurun.

Reksadana pasar uang lebih cocok disebut tempat menabung daripada investasi, karena kecilnya hasil dan juga kecil risikonya

Investasi Reksadana Mulai dari Rp 10.000

Enaknya menabung di reksadana tidak perlu banyak menggunakan uang, bisa mulai dari Rp 10.000 saja. Kalau pengalaman saya investasi melalui Reksadana Tokopedia untuk latihan menabung kecil muali 100 ribuan saja.

Ketika ada dana 1 juta lebih saya akan memilih investasi di Emas batangan. 

Daripada menabung di celengan atau di rekening bank yang tidak pasti dan tidak bisa dilihat berapa nilai keuntungannya, lebih baik menabung di reksadana.

Melihat uang tumbuh di akun aplikasi, meskipun hanya 1 atau 2 persen sudah cukup menyenangkan dan menumbuhkan rasa suka untuk menabung.


Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara