10 Daftar Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah

  makanan glikemik indek rendah


Ketika saya mencari tentang makanan indeks glikemik rendah kebanyakan referensi munculnya di dominasi jenis buah-buahan, seperti para sumber kurang menjelaskan secara jelas. Memangnya kita cuma bisa makan buah terus saat diet atau saat butuh makan dengan indeks glikemik rendah?

Padahal banyak makanan dengan glycemic index GI rendah jika kita mau menjelaskan lebih detail dan sudah banyak sumber yang menjelaskan.

Indeks glikemik adalah nilai ukuran karbohidrat di dalam makanan seberapa cepat dapat diubah menjadi glukosa, yang meningkatkan kadar gula dalam darah. 

Tinggi artinya jenis makanan yang cepat diubah menjadi glukosa dan meningkatkan kadar gula dalam darah. 

GI rendah artinya jenis makanan yang lama diubah menjadi glukosa dan tidak meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat.

Nilai GI rendah = 0 - 40

Nilai GI sedang = 40 - 60

Nilai GI tinggi = > 70

Semua jenis roti, biskuit, nasi, tepung, jagung, kentang, madu dan gula adalah makanan paling tinggi GI nya. Berikut daftar yang saya kumpulkan dari beberapa referensi dari situs diet dan kesehatan

Daftar Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah

  1. Telur rebus (10)
  2. Tahu tempe (40)
  3. Pisang (51)
  4. Kurma (50)
  5. Daging ayam (55)
  6. Susu kedelai (45)
  7. Buah apel, jeruk, pepaya, pir ( 40 - 60)
  8. Kacang tanah (15)
  9. Kacang mete (10)
  10. Alpukat (15)
Daftar makanan diatas bisa menjadi pilihan yang baik, tidak meningkatkan kadar gula dalam darah karena mempunyai GI yang rendah.

Jenis buah dengan indeks glikemik tinggi antara lain ada semangka, kelengkeng, mangga, durian. Apalagi jika masak dan manis sangat tinggi kandungan gula dan karbohidratnya. 

Selain sering dipilih oleh penderita diabetes, makanan GI rendah juga dianjurkan untuk program diet adalah dapat meningkatkan metabolisme, mendukung ketika defisit kalori untuk menggunakan lemak semakin tinggi.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara