Naik Bus Sekaligus Membawa Motor di Bagasi

bus bawa motor

Saya sudah 3 kali pengalaman naik bus dengan membawa motor bersama yang saya tumpangi. Jadi enak tidak perlu repot-repot lagi memaketkan motor, atau jauh-jauh sepeda motoran sampai ke Jakarta.

Motor ditaruh di bagasi bus bagian bawah untuk jenis bus SHD (Super High Deck) yang biasanya bisa muat untuk 2 motor. 

Untuk biaya paket membawa motor di bus dari Solo ke Jakarta adalah Rp 450.000 motor matic mio. Tarif membawa bus ini harganya tergantung jarak pengiriman, jenis motor dan juga PO bus. Bisa anda tanyakan langsung ke nomer agen bus. 

Intinya kurang lebih harga segitu bisa jadi patokan mungkin bisa lebih hemat jika dibandingkan memaketkan motor dengan kereta api. 

Terlebih kelebihannya saya bisa naik bersama bus langsung membawa motor saat berangkat ke terminal dan saat turun. 

Bawa Motor dengan Bus Harapan Jaya

Pengalaman pertama saat membawa pulang motor dari Jakarta ke Ngawi. Saya naik bus Harapan Jaya dari pol Ciledug, tapi permasalahannya harus memastikan bus SHD (Super High Deck) ada gak di hari itu.

Kalau dari Jawa timur seharusnya banyak yang bisa karena pasti dilewati arah tujuan Jakarta, karena pusat Harapan Jaya ada di Tulungagung.

Jadi menurut saya Harapan Jaya belum bisa memastikan di jauh hari sebelumnya, bisa gak membawa motor sekalian. Saya cuma sekali  bus bisa bawa motor dari Jakarta ke Ngawi dengan Harapan Jaya, pastinya juga bisa untuk daerah lain seperti Madiun, Magetan, Ponorogo dan Tulungagung.

Enaknya kalau bawa motor naik bus, kita ke pol bus motoran, saat sampai di lokasi juga bisa langsung motoran ke tempat tujuan, tidak perlu ojek lagi. 

Membawa motor dengan bus Sudiro Tungga Jaya

Dua kali membawa motor dengan bus Sudiro Tungga Jaya (STJ) yang pertama dari Karanganyar Solo ke Jakarta, yang kedua balik dari Jakarta ke Solo juga pulang sekaligus bawa motor di bus naik STJ.

Praktis karena saya juga sekaligus naik bus tersebut, jadi saat menuju ke agen dan pas turun bisa langsung motoran, motor dinaikkan di bagasi.

Kalau setahu saya STJ hampir semua bus nya sudah SHD atau Super High Deck sehingga bisa bawa motor.

Selain itu untuk cukup banyak egen nya STJ mulai dari pusatnya di Magetan, Ngawi, Solo, Sukoharjo dan Karanganyar. 

Memastikan tanya ke agen 3 hari sebelumnya

Pengalaman saya seminggu sebelumnya tanya ke agen bus yang ingin kamu tumpangi. Karen setiap agen berbeda-beda tipe bus deck bagasinya.

Bisa telepon atau chat wa dulu di agen bisa ga pada hari tertentu bawa motor di bus dari mana ke tujuan mana. Misalnya dari Solo ke Jakarta pada hari Minggu tanggal 10 Januari. 

Karena satu bus hanya muat 2 motor saja setahu saya, jadi anda harus coba memastikan masih ada tempat untuk bus bawa motor di hari yang kamu pesan.

Beberapa bus yang bisa memaketkan membawa motor di bagasi yang bisa jadi pilihan adalah Harapan Jaya, Sudiro Tungga Jaya, SAN, dan Gunung Harta.

Tinggal kamu memilih dan tanya langsung saja ke agen akan diberi tahu. Cukup mudah daripada harus motoran jarak jauh atau memaketkan melalui kereta api.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara