Aplikasi Kasir Jowara

Kuliah di Kampus Swasta Apakah Peluang Kerja Bagus?

peluang kerja kampus swasta

Banyak calon mahasiswa yang memilih kuliah di Perguruan Tinggi Negeri punya pemikiran bahwa kelak lebih mudah mendapatkan pekerjaan, karena kuliah di kampus ternama. Masih berpikir bagaimana jika kuliah di kampus swasta dalam hal lulusan fresh graduate untuk mendapatkan pekerjaan.

Saya yang sudah cukup lama di dunia kerja akan menyampaikan bagaimana sebenarnya soal latar belakang kampus di dunia kerja. Di dunia kerja ada beberapa hal yang paling diutamakan saat merekrut karyawan.


Mengapa Lulusan Swasta Lebih Berpeluang Diterima Kerja

Kampus swasta yang mempunyai program studi banyak materi praktek dan kesempatan magang di perusahaan-perusahaan kecil. Nilai praktek lebih diutamakan daripada pelajaran materi teori dari buku.

Ini yang menjadi keunggulan dibandingkan kampus Negeri yang pada jurusan tertentu masih terlalu dominan pelajaran dan ujian teori.

Kampus swasta juga mewajibkan antara dosen dan mahasiswa dengan standar minimal IPK 3, dosen dan mahasiswa memberikan pilihan kemudahan agar bisa mencapai IPK.

Umumnya lowongan pekerjaan memberikan batas minimal IPK 3.0 untuk mendaftar. Hal ini ditekankan pada kampus-kampus swasta agar lulusan mereka bisa bersaing di dunia kerja nantinya.

Kekurangan kampus swasta
Jurusan yang banyak peminat karena tinggi peluang kerjanya, biasanya di kampus-kampus swasta biaya kuliahnya  mahal sekali, bisa 3 hingga 5 kali lipat per semester dibandingkan dengan kampus negeri.

Karena itu tetap untuk jurusan yang bagus peluang kerjanya utamakan terlebih dahulu mendaftar di kampus negeri.

 

5 Kriteria Perusahaan Menilai Fresh Graduate

1. Portofolio pengalaman magang
Minimal adalah pengalaman magang selama 6 bulan atau 1 tahun sudah menjadi modal yang bagus sebagai pertimbangan perusahaan.

Karena itu sebaiknya lulusan fresh graduate yang belum punya pengalaman, bisa mencari tempat-tempat kerja dengan status magang atau internship.

Para lulusan dari kampus swasta lebih banyak yang mudah diterima kerja karena mereka banyak pengalaman dari praktek dan kegiatan magang saat masih kuliah.


2. Jurusan kuliah
Jurusan kuliah lebih dilihat terlebih dulu dibandingkan dengan kampus. Perusahaan besar ketika mencari kandidat dengan melihat calon dari lulusan jurusan kuliah apa, apakah sekiranya nyambung dengan pekerjaan.

Karena itu penting juga memilih jurusan yang mempunyai peluang kerja banyak dan sesuai dengan minat kamu

Ini 7 jurusan kuliah yang bisa langsung kerja


3. Akreditasi Kampus
Popularitas kampus bisa menjadi acuan kualitas fresh graduate, jika si calon kandidat sesuai jurusan, punya IPK yang cukup bagus maka menunjukan dia adalah orang yang rajin sehingga bisa berpeluang untuk dipilih. 

Jadi lulusan PTN dengan IPK yang baik dan jurusan yang sesuai juga lebih mudah diterima kerja. Namun sekarang juga banyak kampus swasta dengan akreditasi yang tinggi.


4. Tes Psikologi

Hampir semua perusahaan besar dan instansi akan melewati tes psikologi baik lisan maupun tulisan. Seorang HRD yang mengetes sudah bisa menilai untuk menyesuaikan karakter kandidat dan kebutuhan perusahaan.

Tes psikologi juga bisa dipelajari jika sering interview kerja, karena itu penting juga melamar banyak pekerjaan untuk latihan tes psikologi dan wawancara.


5. Negosiasi gaji seusai
Biasanya lulusan fresh graduate yang sudah masuk empat kriteria diatas tahap selanjutnya jika cocok dengan nego gaji maka kemungkinan diterima besar.

Misalkan di suatu wilayah dengan UMR 3 juta dan mengajukan gaji 3-4 jutaan maka itu jumlah yang masuk akal. Karena yang namanya baru lulus dengan minim pengalaman, gaji yang didapatkan juga tidak akan jauh dari UMR suatu daerah.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama