Ini 7 Jurusan Kuliah yang Bisa Langsung Bekerja

jurusan kuliah langsung kerja

Banyak remaja termasuk saya yang masuk kuliah dengan harapan kelak mendapatkan pekerjaan yang layak. Pemikiran ini benar, tapi banyak bidang jurusan kuliah yang ternyata ada yang mudah segera mendapatkan pekerjaan dan ada juga yang sulit.

Di dunia para sarjana memang diakui mempunyai potensi karir yang lebih baik, dan bisa bekerja lebih baik karena kematangan ilmu yang dipelajari di kampus.

Bekerja itu modalnya ketrampilan dan pengalaman

Jika kamu ingin jurusan kuliah yang bisa segera bekerja cobalah mencari jurusan yang memberikan ketrampilan, banyak praktek saat belajar di kampus.

Setidaknya kamu bisa segera mencoba magang, atau melakukan freelance sejak di bangku kuliah sehingga punya banyak waktu untuk mengasah ketrampilan.

Semakin cepat ilmu dan ketrampilan untuk mulai bekerja seperti magang atau freelance, maka semakin cepat mendapatkan peluang pekerjaan.

Ini tips memilih jurusan kuliah yang cocok untuk kamu 


1. Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)

Adalah salah satu bidang pekerjaan yang banyak dicari saat ini adalah Software Engineering, baik perusahaan maupun lembaga instansi pemerintahan membutuhkan. 

Ketika sudah bisa menerapkan sendiri, kamu bisa segera mencoba melakukan programing mulai dari tingkat sederhana hingga sulit. Mendaftar pekerjaan secara freelance untuk membuat dan mengelola website atau aplikasi.

2. Desain Komunikasi Visual

Kuliah di DKV banyak potensi yang bisa segera kamu kerjakan hanya bermodal laptop. Di era sekarang hampir semua membutuhkan desain visual.

Baik desain gambar maupun video semua dibutuhkan oleh perusahaan kecil hingga besar. Kamu bisa segera mendaftar magang dengan kemampuan desain grafis maupun editing video.

Memang banyak yang bilang kalau ketrampilan video editing dan desain itu tidak perlu kuliah, tetapi banyak keuntungan ketika kamu punya gelar Sarjana DKV kelak saat menginginkan posisi karir di tingkat manager.

3. Desain Interior

Kuliah desain interior mengutamakan mahasiswa bisa mendesain ruangan hunian dan ruang publik, selain berbagai macam teori yang dipelajari di kampus.

Dengan kuliah bisa paham mulai dari dasar acuan mendesain ruangan, nilai-nilai gaya seni banguann. Membuat ukuran yang detail dan rumit.

Desain interior harus mempunyai keahlian dalam perhitungan matematika, mengukur luas ruangan, perabotan dan juga perkakas di dalam ruangan yang di desain.

4. Arsitektur

Hampir sama dengan jurusan desain interior, arsitektur juga bisa segera mencari pekerjaan secara freelance orang-orang yang ingin dibuatkan desain bangunan rumah.

Semakin banyak proyek freelance semakin banyak portofolio yang dimiliki dan semakin mudah kelak masuk di dunia kerja dengan banyaknya pengalaman.

5. Ekonomi Akuntansi

Hampir semua instansi dan perusahaan membutuhkan akuntan yang paham mengelola dan membukukan keuangan secara baik dan terdata dengan jelas.

Ketika mengambil jurusan akuntan, segera mungkin mencari perusahaan kecil untuk magang sebagai kesempatan meningkatkan ketrampilan di dunia kerja.

Belajar untuk menerapkan ilmu akuntansi di dunia kerja langsung, meskipun terlihat mudah dan sepele ketika magang di perusahaan kecil, itu akan menjadi pengalaman yang berharga untuk masa depan.


6. Bahasa Jepang

Kamu punya peluang bisa bekerja di Jepang ketika menguasai bahasa Jepang dan banyak juga peluang bekerja di Indonesia karena sejak dulu dan sekarang banyak orang Jepang yang punya perusahaan di Indonesia.

Mengambil jurusan bahasa Jepang akan lebih banyak pelajaran tidak sekedar belajar bahas tetapi juga budaya dan berbagai macam teori.

7. Ilmu Komunikasi

Jika kamu suka dengan dunia komunikasi, bernegosiasi dan punya jiwa sosial yang tinggi banyak peluang pekerjaan dimana hampir semua perusahaan membutuhkan.

Kamu bisa di posisi public relation, divisi humas, marketing dan berbagai macam pekerjaan lapangan yang cocok untuk kemampuan berkomunikasi.

Kamu juga punya kesempatan bekerja di media, menjadi penulis berita, reporter untuk program acara dan banyak lagi.


Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara