Aplikasi Kasir Jowara

Penjelasan Apa Itu Fundrising dalam Sebuah Pekerjaan

fundraising

Dalam dunia pekerjaan sosial ada istilah yang disebut dengan fundraising, yaitu kegiatan penggalangan dana donasi masyarakat dengan cara mengumpulkan sumbangan sukarela untuk tujuan tertentu seperti kegiatan sosial, bantuan kemanusiaan, dan juga termasuk pengumpulan zakat.

Jadi tugas pekerjaan fundraising adalah mengumpulkan dana sosial secara langsung kepada individu, lembaga maupun instansi. Bisa juga secara online melalui aplikasi fundraiser seperti kitabisa dan transfer rekening yayasan.

Sedangkan staff fundraiser adalah orang atau pihak yang bekerja melakukan penggalangan dana mengumpulkan sumbangan atau donasi dari masyarakat untuk tujuan kegiatan sosial dan kemanusiaan.

Penggunaan dana fundraising

Pada organisasi, umumnya setiap lembaga organisasi ada kegiatan pengumpulan dana dari anggota untuk kepentingan pengembangan dan perasional organisasi.

Kegiatan kemanusiaan paling sering melakukan penggalangan dana fundraising untuk membantu di bidang sosial kemanusiaan seperti membantu korban bencana alam, membantu biaya pengobatan orang sakit, membantu kaum fakir miskin yang tidak bisa bekerja untuk hidup.

Perusahaan yang sering melakukan fundrising adalah yayasan kemanusiaan. Di Indonesia ada beberapa contoh seperti Baznas, Dompet Dhuafa, Rumah zakat, Kitabisa, dan lain sebaginya.

Gaji fundraiser tergantung pada tempat mereka bekerja umumnya hanya sesuai gaji UMR daerah seperti Jakarta 4,9 juta atau bisa lebih kecil karena statusnya berupa lembaga sosial. 

Ada juga jenis pekerjaan fundraiser harian dihitung gaji per hari antara 100 - 150 ribu rupiah atau tergantung dari persentase nominal hasil penggalangan dana.

Contoh-contoh kegiatan fundraising

Secara langsung di lakukan di tempat-tempat ramai dengan mengumpulkan sumbangan kepada orang umum untuk bantuan kemanusiaan. Seperti banyak yang dilakukan oleh organisasi di perempatan lampu merah.

Diumumkan khusus internal kepada anggota karyawan atau organisasi untuk mengumpulkan dana se ikhlasnya untuk tujuan tertentu yang telah disampaikan. Baik tujuan internal atau eksternal secara jelas disampaikan.

Secara online di situs dan aplikasi dengan penjelasan untuk memberikan bantuan kemanusiaan seperti korban bencana atau membantu seseorang.

Lelang barang dari tokoh terkenal dengan menjual secara lelang, nanti hasil uangnya akan disumbangkan untuk kegiatan sosial atau program charity kemanusiaan.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama