Penjelasan Pengertian Rahmat Allah dari Ayat-Ayat Al Qur'an

Rahmat Allah

Dalam belajar ilmu agama islam kita pasti mengenal istilah tentang rahmat Allah. Banyak di dalam Al Qur'an disebutkan tentang rahmat Allah bagi manusia, hewan, tumbuhan, dan alam semesta. 

Secara bahasa, kata rahmat berasal dari bahasa Arab yaitu  رَحْمَةٌ(dibaca rahmatun). Kata rahmat merupakan masdar dari kata kerja رَحِمَ – يَرْحَمُ – رَحْمَةً yang berarti rahmat, kasih sayang, keramahan, dan toleransi. 

Contoh-contoh Ayat Al Qur'an tentang rahmat Allah

Dan Dialah yang menurunkan hujan setelah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Maha Pelindung, Maha Terpuji. (QS. Asy-Syu’ara: 28)

Maka perhatikanlah bekas-bekas rahmat Allah, bagaimana Allah menghidupkan bumi setelah mati (kering). Sungguh, itu berarti Dia pasti (berkuasa) menghidupkan yang telah mati. Dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. (QS. Ar-Rum: 50)

Melainkan (Kami selamatkan mereka) karena rahmat yang besar dari Kami dan untuk memberikan kesenangan hidup sampai waktu tertentu.(QS. Yasin: 44)

Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam (Al-Anbiya' 107)

Nabi Muhammad diutus oleh Allah sebagai rahmat untuk seluruh alam. Karena sifat-sifat yang baik dan kasih sayang untuk umat manusia dan mahkluk hidup.

Arti Rahmat Allah

Secara umum arti kata rahmat adalah kasih sayang dan kebaikan, jadi arti rahmat Allah adalah kasih sayang, kebaikan, keadaan baik yang Allah berikan untuk kehidupan seluruh alam meliputi manusia, hewan, tumbuhan, dan alam. Hal-hal baik yang diterima oleh makhluk hidup di dunia ini semua karena rahmat Allah. Untuk semua manusia yang beriman maupun tidak beriman.

Rahmat juga bisa diartikan sebuah keadaan baik yang di dapatkan manusia ketika hidup, dimana keadaan baik itu datangnya dari Allah.

Jumlah rahmat Allah bagi makhluk hidup tidak terhitung jumlahnya.

Contoh-contoh rahmat Allah bagi manusia

  • Dapat hidup di bumi dengan tenang
  • Mendapatkan makanan dan minuman dari hasil bumi
  • Dapat bertani, beternak, berdagang dan bekerja
  • Bisa bernafas dengan baik
  • Dapat beribadah dengan baik
  • Allah mengutus para Rasul untuk memberi petunjuk
  • Mengutus nabi Muhammad sebagai rahmatan lil alamin
  • Mempunyai keluarga yang rukun
  • Ampunan Allah pada manusia

Apa bedanya dengan rezeki?
Rezeki juga salah satu bagian dari rahmat Allah lebi spesifik berupa kesehatan, makanan, tempat tinggal untuk semua mahkluk hidup. Semua hewan juga mendapatkan rezeki dari Allah mereka bisa mendapatkan makanan.

Sedangkan rahmat berlaku juga untuk benda mati.

Gunung berdiri tegak tidak meletus adalah rahmat Allah. Lautan yang luas dengan berbagai macam ikan yang bisa dimakan manusia juga rahmat Allah.

Air bersih dari bumi, hujan turun, aing bertiup sehingga udara sejuk itu adalah rahmat.

Mengapa manusia masuk surga karena rahmat Allah?

Dalam hadis Jabir bin Abdillah radhiyallahu’anhu disebutkan sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam,

“Tidak ada amalan seorangpun yang bisa memasukkannya ke dalam surga, dan menyelematkannya dari neraka. Tidak juga denganku, kecuali dengan rahmat dari Allah” (HR. Muslim no. 2817).

Mengapa Rasulullah menyampaikan demikian?

Maksudnya bukan karena dipilih Allah siapa saja hamba Nya yang masuk surga, tetapi maksud dari rahmat itu karena manusia oleh Allah telah diberi petunjuk Al Qur'an bagaimana agar bisa masuk surga.

Allah juga memberikan kehidupan dimana manusia bisa beribadah dan beramal, banyak rezeki sehingga bisa berbuat baik. 

Larangan berputus asa dari rahmat Allah ada dalam Al Qur;an surat Az-Zumar ayat 53-54

Yang artinya:
Katakanlah, “Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. (Az-Zumar : 53)
Ini adalah larangan berputus asa dalam segala hal, termasuk untuk selalu memohon ampunan kepada Allah.

Mungkin dalam hidup manusia mengalami kesulitan, sebuah keadaan dimana serba susah. Allah telah memperingatkan bahwa rahmat Nya sangat luas, termasuk pahala dari setiap cobaan hidup, janji surga bagi orang yang beriman adalah rahmat.


Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama