Inilah Perbedaan Mentega dan Margarin untuk Kamu Ketahui

Alifandofla.com - Dalam kegiatan masak memasak pasti tidak asing lagi dengan dua bahan yang mirip dari segi bentuk dan manfaatnya yaitu mentega dan margarin. Apa sih perbedaan dari keduanya?
perbedaan mentega dan margarin

Butter juga dikenal sebagai mentega terbuat dari susu sapi yang diproses dengan cara diaduk atau di kocok hingga menjadi lembut dan halus. Butter mentega biasanya digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai macam makanan dan kue, karena memberikan tekstur dan rasa yang khas. Butter mentega juga bisa digunakan sebagai bahan olesan pada roti atau bahan pelapis pada biskuit atau kue kering.

Margarin adalah bahan makanan yang umum digunakan sebagai pengganti mentega atau minyak dalam memasak dan pembuatan kue. Margarin terbuat dari minyak nabati yang diproses dengan cara hidrogenasi atau penambahan hidrogen untuk menjadikan minyak cair menjadi padat. Proses ini memberikan tekstur yang mirip dengan mentega dan dapat digunakan untuk berbagai macam makanan.

Margarin awalnya dikembangkan sebagai alternatif bagi mentega, karena mentega memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi, sedangkan margarin dapat dibuat dengan kandungan lemak jenuh yang lebih rendah atau bahkan tanpa kandungan lemak jenuh sama sekali.

Perbedaan margarin dan mentega adalah bahan yang digunakan untuk membuat. Mentega terbuat dari susu sedangkan margarin terbuat dari minyak nabati. Margarin mempunyai kandungan lemak jenuh yang lebih rendah tetapi keduanya sama-sama mengandung lemak trans dari proses pengolahan.

Blue Band, Palma, Simas adalah produk-produk margarin bukan mentega karena jelas bahan yang digunakan adalah minyak nabati, sehingga sering juga bisa untuk menggoreng telur, mengolesi roti bakar. Margarin juga digunakan pada pembuatan martabak manis.

Mentega dan margarin adalah dua jenis bahan lemak yang sering digunakan dalam memasak, membuat kue, atau sebagai bahan olesan roti. Meskipun keduanya memiliki kandungan lemak yang tinggi, namun terdapat beberapa perbedaan antara mentega dan margarin, yaitu:

Perbedaan Mentega dan Margarin

1. Bahan Dasar

Mentega dibuat dari susu sapi yang diproses dan dikocok hingga membentuk lemak padat, sedangkan margarin dibuat dari minyak nabati seperti minyak kelapa, minyak jagung, atau minyak kedelai.

2. Kandungan Lemak

Kandungan lemak dalam mentega lebih tinggi dibandingkan dengan margarin. Mentega mengandung sekitar 80-85% lemak, sementara margarin hanya sekitar 60-65% lemak.

3. Kandungan Air

Mentega mengandung sedikit air, sekitar 10-20%, sedangkan margarin mengandung sekitar 20-25% air.

4. Tekstur dan Rasa

Mentega memiliki tekstur yang lembut dan creamy, serta memiliki rasa yang khas dan creamy. Sedangkan margarin memiliki tekstur yang lebih keras dan kenyal, serta memiliki rasa yang lebih netral.

5. Kandungan Nutrisi

Mentega mengandung vitamin A, D, dan E, serta kolesterol. Sementara margarin seringkali diperkaya dengan vitamin A, D, dan E, dan tidak mengandung kolesterol. Namun, beberapa jenis margarin yang diolah secara hidrogenasi mengandung asam lemak trans yang berbahaya bagi kesehatan.

5. Kegunaan dalam Memasak

Karena mentega lebih padat dan mengandung air yang sedikit, maka ia lebih cocok digunakan dalam memanggang, membuat kue, atau sebagai bahan olesan roti. Sedangkan margarin lebih cocok digunakan dalam menggoreng atau sebagai bahan pengganti mentega dalam resep.

Demikianlah beberapa perbedaan mentega dan margarin. Meskipun keduanya memiliki kegunaan yang serupa, namun keduanya memiliki karakteristik yang berbeda yang perlu dipertimbangkan saat memilih bahan lemak yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara