Ini Cara Mudah Menghitung Berat Badan Ideal Kamu

menghitung berat badan ideal

Alifandofla.com - Mempunyai berat badan ideal adalah harapan setiap orang, tetapi karena banyak faktor seperti gaya hidup, pekerjaan dan pola makan sering membuat orang lupa untuk menjaga kondisi badan. Salah satu hal sederhana yang bisa kita lakukan adalah mencoba mengetahui dengan cara menghitung berat badan ideal.

Ada 2 cara mudah yang akan saya jelaskan disini untuk kamu coba mengecek. Harapannya ketika tahu berapat berat badan kamu nantinya bisa segera melakukan tindakan yang lebih baik. 

Misalnya ternyata kelebihan berat badan maka kamu bisa segera untuk menjalankan diet dan mengatur pola makan, atau jika ternyata kurang, kamu bisa menambah asupan nutrisi dan makanan. Tentu saja tujuan utama adalah menjadi lebih sehat.

Pengertian berat badan ideal

Berat badan yang dianggap sehat dan proporsional untuk seseorang, terutama berdasarkan tinggi badan dan struktur tubuhnya. Ukuran berat badan ideal dapat digunakan sebagai indikator kesehatan seseorang, atau juga besar kemungkinan berkaitan dengan risiko penyakit tertentu seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Rumus umum untuk menghitung berat badan ideal adalah dengan menghitung indeks massa tubuh (IMT) seseorang, yaitu berat badan dalam kilogram dibagi dengan kuadrat tinggi badan dalam meter. IMT ideal biasanya berkisar antara 18,5 hingga 24,9. 

Namun, perlu diperhatikan bahwa berat badan setiap orang juga dapat bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, dan aktivitas fisik seseorang.

Cara menghitung berat badan ideal

Dengan cara sederhana yaitu  ( Tinggi badan - 100 ) = berat ideal akan ketemu indeks masa tubuh sekitar 24. Ini bisa menjadi rumus sederhana mengetahui berapa maksimal berat badan ideal kita. Jadi jika masih diantara angka tersebut masih batas ideal.

Rumus Broca menghitung berat badan ideal pria dan wanita

  • Berat badan ideal pria = (tinggi badan-100)-((tinggi badan-100) x 10%)
  • Berat badan ideal wanita = (tinggi badan-100)-((tinggi badan-100) x 15%)

Contoh pria tinggi badan 160 cm
=(160 - 100) - ((160-100) x 10%)
= 60 - 6
= 54 Kg

Contoh wanita tinggi badan 155 cm
=(155 - 100) - ((155-100) x 15%)

= 55 - 8,2
= 46,6 Kg

Jadi jika kurang dari angka rumus Broca tersebut bisa termasuk kekurangan berat badan.

Menggunakan (BMI) Body Mass Index Calculator

Kamu tinggal memasukkan jenis kelamin, tinggi badan, dan berat saat ini jika lebih dari 25 maka kelebihan, sedangkan jika kurang dari 18 artinya kekurangan berat.

Caranya kamu tinggal kunjungi https://www.calculator.net/bmi-calculator.html

Silahkan kamu pilih "metrics unit" agar bisa memasukkan data tinggi badan dengan ukuran centimeter dan berat badan kilogram.

Manfaat menjaga berat badan ideal

Memiliki berat badan ideal atau sehat dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh antara lain yaitu:

Meningkatkan kepercayaan diri dengan mempunyai fisik ideal bisa lebih meningkatkan keyakinan diri. Ini dapat membantu merasa lebih nyaman dalam berinteraksi dengan orang lain dan mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Meningkatkan energi dan produktivitas dengan berat badan ideal, tubuh akan lebih efisien dalam memproses makanan menjadi energi dan memberikan dukungan untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Hal ini dikarenakan kelebihan berat badan dapat meningkatkan tekanan darah, kadar kolesterol, dan hormon. Dengan menjaga berat dapat mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular seperti hipertensi, serangan jantung, dan stroke.

Menurunkan risiko diabetes tipe 2. Karena lebihan masa tubuh beresiko dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 karena hormon lebih baik mengendalikan gula darah di dalam tubuh.

Menjaga kesehatan tulang dan sendi. Bahaya berat badan yang berlebih dapat meningkatkan risiko kondisi dimana tulang rawan pada sendi mengalami kerusakan karena menahan beban tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit dan pembatasan gerakan pada sendi. 

Kesimpulan
Jadi cukup mudah sekali untuk menghitung agar kita selalu berjaga-jaga untuk selalu bisa hidup sehat. Berat badan menjadi salah satu indikasi kesehatan selain faktor dari pola makan dan olahraga.

Selalu meluangkan waktu untuk olahraga agar badan tetap sehat. Jika kelebihan berat badan  bisa melakukan diet dengan metode yang bisa dijalankan secara konsisten.

Tidak perlu memaksa untuk cepat turun berat badan karena malah menyebabkan tidak konsisten karena berat menjalankan. Sebaiknya terus mencoba untuk pola makan teratur, sehat dan selalu menjadwalkan untuk olahraga.

Olahraga untuk Diet Bisa Dilakukan di Rumah

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara