Aplikasi Kasir Jowara

5 Alasan Mengapa Orang Indonesia suka Mie Ayam

Mengapa orang suka mie ayam

Alifandofla.com - Dalam hidup sepertinya saya belum pernah menemukan orang yang belum pernah makan mie ayam. Apalagi saya sendiri adalah orang yang suka makan mie ayam. Mungkin kamu dan banyak orang juga suka bahkan sering makan. Buktinya di mana-mana penjual mie ayam bakso mudah ditemukan dari daerah kota hingga di desa.

Saya sendiri pernah diskusi dengan beberapa orang tentang alasan mengapa banyak orang suka mie ayam, warung-warung mie bakso selalu laris pembeli. Bahkan sampai pedagang keliling ada yang di dorong dengan gerobak dan ada yang menjual keliling dengan motor.

Pasti ada suatu hal dari berbagai aspek seperti cita rasa, harga dan kebiasaan. Mie ayam adalah kuliner umum di masyarakat tetapi banyak orang menyukainya, sering membeli dan makan dibandingkan dengan jenis kuliner lain.

Ciri khas mie ayam terdiri dari mi kuning direbus dan disajikan dengan irisan daging ayam, pangsit, dan sayuran seperti sawi dan daun bawang. Biasanya disajikan dalam mangkuk atau piring yang berisi kaldu ayam yang gurih dan panas. 

Memiliki variasi cara penyajian. Ada yang memakai kuah kaldu yang kental atau lebih encer dengan perasaan ayam, dan ada juga yang menggunakan kuah bening dengan sedikit bumbu dan minyak wijen. Beberapa jenis mie ayam juga bisa disajikan dengan tambahan bawang goreng, kecap manis, sambal, dan perasan jeruk nipis untuk menambahkan citarasa dan aroma.

Pilihan Tempat Makan Jajan yang Enak Saat Keluar Kota

Mengapa saat lebaran warung mie ayam bakso laris?

Karena di rumah sudah banyak makanan dari nasi, jajanan dan beraneka roti. Saat lebaran jarang sekali ada keluarga yang masak menu mie ayam karena tidak umum. Karena bosan dengan beraneka macam makanan lebaran pada umumnya hampir sama di setiap rumah, makanya orang ingin jajan menu yang berbeda yaitu mie ayam.

Menu Masakan Khas Lebaran di Indonesia

5 Alasan Orang Indonesia Suka Mie Ayam

1. Karena harganya terjangkau

Mie ayam juga sangat mudah ditemukan dan relatif terjangkau harganya, sehingga menjadi salah satu makanan favorit banyak orang. Saat ini harga per porsi satu mangkok rata-rata masih Rp 10.000 sampai 15.000 saja, Jelas murah coba dibandingkan dengan harga 1 gelas boba saja sudah lebih dari itu, apalagi nasi padang.

Mie ayam juga dapat disesuaikan dengan selera masing-masing, baik dalam pilihan jenis mi, bumbu, ataupun toppingnya, sehingga membuatnya menjadi makanan yang sangat variatif dan fleksibel.

2. Terbiasa makan sejak kecil

Ketika kecil mungkin sering diajak orang tua beli jajan mie ayam, maka ini akan menjadi memori di otak bahwa mie ayam itu enak rasanya. Akhirnya hingga dewasa  menjadi kebiasaan masih suka jajan dan beli.

Orang tua kita suka mengajak membeli mie ayam karena jajanan yang murah dan mengenyangkan. Anak lebih baik diajak jajan makanan yang mengenyangkan daripada jajanan kurang jelas.

3. Resepnya cukup sulit

Membuat perpaduan bumbu mie ayam yang enak itu termasuk sulit jika dibandingkan dengan menu makanan lain. Banyak bahan yang disiapkan mulai dari mie, sawi, bumbu daging, dan kuah kaldu.

Tidak setiap orang bisa masak bumbu sesuai hingga enak. Ciri khas cita rasa bumbu kecap dan jahe harus sesuai dari segi jumlah takaran sehingga  bisa menghasilkan rasa sempurna.

4. Jarang dimasak di rumah

Jenis-jenis makanan kuliner yang laris itu biasanya karena resep masaknya cukup sulit sehingga jarang di masak di rumah. Apalagi mie ayam untuk bisa membuat bumbu daging ayam harus benar-benar berpengalaman.

Karena jarang di masak di rumah ya orang jika ingin makan solusinya jajan. Kegiatan jajan adalah suatu hal menyenangkan, dan orang suka mengulang-ulang sesuatu yang menyenangkan ini.

5. Perpaduan cita rasa bumbu, kaldu dan saus

Lengkap sudah sebuah makanan jika dimasak dengan bumbu rempah-rempah mie ayam, kemudian kaldu daging dan saus cabe yang rasanya gurih dan manis.

Perpaduan dalam satu mangkok dengan tekstur mie yang lembut sangat enak dimakan. Di beberapa tempat cita rasa ada perbedaan seperti di daerah Jakarta, Solo dan Wonogiri.

Ciri khas mie ayam Wonogori dan Solo rasanya cenderung manis dengan kuah segar. Sedangkan Yogyakarta dimasak manis dengan kuah kental.


Nah itu dia 5 alasan mengapa orang Indonesia suka mie ayam, apakah kamu juga salah satu yang sering makan juga?

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama