Aplikasi Kasir Jowara

Pengertian Logat Sebagai Ciri Khas Gaya Bahasa Daerah

 Pengertian Loga


Alifandofla.com - Semua orang pasti mempunyai logat dalam berkomunikasi menggunakan bahasa. Tapi mungkin ada yang belum memahami apa sebenarnya logat itu. Di artikel ini akan berbagi informasi pengetahuan tentang logat yang membantu kamu menjadi lebih paham.

Logat adalah cara seseorang dalam mengucapkan suatu kata atau kalimat dengan menggunakan gaya pengucapan khas daerah tertentu. Di Indonesia, terdapat banyak logat yang digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari. Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa contoh logat yang sering digunakan dalam berkomunikasi.

Meskipun sama-sama mengucapkan bahasa jawa, nada pengucapan antara orang Betawi dan Jawa akan terdengar beda. Perbedaan gaya pengucapan inilah yang dinamakan "logat"

Contoh Logat Jawa ketika berbahasa Indonesia disebut "Medok"

Salah satu contoh yang sering terjadi ketika orang Jawa ke Jakarta saat berbicara menggunakan bahasa Indonesia dia akan dikatakan "medok". Karena dia masih menggunakan logat Jawa ketika mengucapkan bahasa Indonesia.

Butuh waktu lama bisa bertahun-tahun untuk menguasai logat suatu daerah. Ketika orang jawa bisa berkomunikasi dengan logat bahasa Indonesia, dia harus bertahun-tahun.

Mungkin jika yang membaca berasal dari salah satu daerah akan bisa mengatakan sesuai logat. Tapi jika beda daerah akan kesulitan dan belum tentu bisa.

Logat bisa dikatakan sebagai variasi bahasa yang digunakan oleh kelompok atau komunitas tertentu dalam suatu wilayah atau daerah. 

Logat Betawi dalam pengucapan sering menggunakan kata e seperti emang pada kemana jadi "emang pade kemane"

Logat bahasa dapat berkembang karena berbagai faktor, seperti perbedaan etnis, budaya, geografis, sosial, dan ekonomi. Logat bahasa seringkali memiliki ciri khas dalam pengucapan, kosakata, tata bahasa, dan intonasi yang berbeda dari bahasa yang digunakan secara umum.

Ini Artinya Kata Matre dan Contohnya dalam Kehidupan

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama