Aplikasi Kasir Jowara

Ini Artinya Kata Matre dan Contohnya dalam Kehidupan

arti kata matre

Alifandofla.com - Apakah kamu pernah mendengar seseorang dikatakan matre, baik itu cewek atau cowok? mungkin ada yang belum tahu sebenarnya dikatakan matre itu seperti apa maka akan dijelaskan secara detail agar kamu lebih memahami dan bisa membedakan.

Matre artinya adalah dari kata materialisme atau sifat yang berorientasi punya keinginan terhadap materi berupa uang maupun barang. Seorang dikatakan matre jika menilai sesuatu dari jumlah uang dan barang berharga yang dimiliki terhadap orang lain dan juga diri sendiri.

Cewek matre adalah cewek yang mudah tertarik dengan materi seperti uang atau barang. Dia lebih memilih laki-laki yang punya banyak uang, kendaraan bagus, dan barang mahal. Seringkali dia juga suka meminta di belikan sesuatu yang berharga tanpa melihat sisi baik dan buruk.

Cewek matre dan contohnya

Dikatakan cewek matre adalah wanita yang hanya melihat pria dari sisi materi saja, meskipun dia tahu si pria ini kurang baik perilakunya. Wanita matre mudah tergoda dengan pemberian materi seperti uang dan barang mewah dari seorang pria tanpa menilai sikap baik.

Dia cenderung lebih memilih materi daripada karakter dari seseorang. Karakter adalah sifat baik, menepati janji, rajin bekerja, dan setia. 

Tetapi jika memang laki-laki yang dipilih adalah seseorang yang punya karakter baik dan kebetulan juga kaya, itu bukan termasuk sifat matre.

Cowok matre dan contohnya

Dikatakan cowok matre adalah laki-laki yang suka memamerkan harta bendanya, membanggakan kekayaannya. Dia juga ingin mendapatkan pasangan yang bisa mendukung dia untuk menjadi lebih kaya. Pasangannya akan diajak bekerja atau berbisnis untuk menambah kekayaan.

Dia terus menerus ingin sesuatu yang mewah, ganti motor yang lebih bagus, mobil, rumah dan lain sebagainya. Obsesinya adalah kekayaan dan pengakuan.

Padahal istri adalah pasangan hidup yang seharusnya dinafkahi, bukan dipaksa untuk bekerja demi mengejar materi. Harta benda itu sejatinya adalah untuk memperbanyak amalan bukan sekedar untuk dibanggakan apalagi dipamerkan di hadapan orang lain.

Sikap matre yang baik

Semua orang pada dasarnya memang wajib memikirkan materi (uang dan barang) untuk kehidupan yang sejahtera. 

Karena pria dan wanita harus selalu mencari dan melihat materi untuk menjalankan hidup yang baik, bukan untuk kepuasan kekayaan.

Seorang wanita wajib menilai kemampuan laki-laki calon pasangan dalam mencari nafkah. Apakah laki-laki tersebut mapan dalam segi materi dan bisa bekerja sehingga mampu menafkahi istri dan keluarga.

Jadi yang dilihat adalah kemampuan mencari materi atau nafkah untuk kehidupan rumah tangga. 

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

1 Komentar

  1. Allah tidak melarang hamba-Nya jadi kaya, tapi tetaplah jadi orang yang suka bersedekah.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama