Aplikasi Kasir Jowara

Perbedaan Merek dan Brand dari Pakar Branding Pak Subiakto

perbedaan merek dan brand

Alifandofla.com - Jika kamu masih belum bisa membedakan antara brand dan merek berarti kamu harus membaca sebentar artikel berikut ini agar menjadi lebih tahu dan bisa membedakan.

Kedua kata tersebut paling sering digunakan untuk menyebut nama produk, yaitu merek atau brand. Keduanya sudah biasa kita dengar dan dikenal oleh masyarakat dari dulu sampai sekarang. Meskipun kelihatannya sama, ada perbedaan merek dan brand yang harus kamu ketahui.

Berdasar informasi dari Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual

Merek adalah kata, nama, angka, dan susunan warna yang digunakan sebagai nama identitas suatu produk barang atau jasa untuk membedakan satu dengan yang lain yang diperdagangkan.

Sebagai contoh barang sabun ada banyak merek seperti Lifebuoy, Nuvo, Lux, Dove dan lain sebagainya. Jadi meskipun sama-sama sabun tetapi orang bisa membedakan.

Menurut pak Subiakto, Merek itu sebatas nama, logo, angka atau warna untuk membedakan dengan yang lain, sedangkan Brand adalah identitas yang dikenal oleh orang sampai ke alam bawah sadar dan dapat mempengaruhi emosi konsumen terhadap produk tersebut.

Semua orang bisa memberikan nama merek ketika membuat produk baru, tetapi untuk menjadi sebuah brand itu butuh waktu yang lama dan panjang.

Perbedaan merek dan brand

Seorang memproduksi kopi sendiri dengan kemasan kemudian diberi merek "Bos Kopi". Nama Bos Kopi  ini bisa dikatakan sebuah merek tetapi bukan brand.

Kemudian ketika kamu mendengar kata "Kapal Api" pasti semua orang tahu itu adalah nama kopi. Padahal Kapal dan Api tidak ada kaitan sama sekali dengan kopi, tetapi orang sudah paham itu kopi. Inilah yang dinamakan brand.

Sama-sama makan ayam goreng, ketika membeli ayam kentaki pinggir jalan dan makan KFC atau McD akan terasa beda di perasaan. Karena KFC dan McD ayam goreng yang sudah menjadi brand.

"Janji Jiwa"

Sebuah kata yang artinya janji yang harus ditepati dan jiwa manusia. Tetapi jika disebutkan apa kira-kira yang dipikirkan orang?

Kopi susu

Ya karena Janji jiwa sudah menjadi brand kopi susu yang dikenal di emosional orang-orang tanpa disadari.

Dewa

Arti Dewa adalah secara umum adalah suatu yang goib yang dianut oleh sebuah kepercayaan manusia.

Sedangkan ketika ada orang menyebut "Dewa" pasti langsung mengartikan grup band Ahmad Dhani. Inilah yang dinamakan brand menjadi identitas sampai alam bawah sadar manusia dan mempengaruhi emosi.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama