Mengenal Saus Tiram untuk Makanan Apa Saja Cek Berikut Ini

Alifandofla.com - Mungkin bagi kamu yang belum terbiasa masak, saat ini paling tahu adalah kecap manis yang terbuat dari kedelai, sedangkan masih ada saus tiram yang bentuknya mirip kecap mungkin kamu belum mengetahui apa manfaatnya untuk masakan.

Perbedaan kecap manis dan saus tiram adalah bahan pembuatan, rasa dan kegunaannya untuk menciptakan citarasa pada sebuah masakan. Adakalanya suatu resep harus menggunakan kecap manis dan menambah saus tiram untuk meningkatkan citarasa.

Saus tiram adalah 

Saus berwarna hitam kental yang terbuat dari bahan tiram (sejenis kerang) dan fermentasi gula dengan rasa sedikit manis lebih dominan gurih asin sering digunakan untuk penyedap masakan tumisa, seafood terlihat lebih mengkilap dan menarik. 

Sebagai bumbu saus tiram biasanya sebagai tambahan menu masakan kecap untuk menambah cita rasa dan penampilan lebih sedap dipandang.

Makanan dengan bumbu Saus Tiram

cumi saus tiram

  • Cumi saus tiram
udang saus tiram
  • Udang saus tiram
ayam kecap saus tiram
  • Ayam kecap
tahu saus tiram
  • Tumis tahu
tumis daging
  • Tumis daging sapi
  • Tumis tempe
Saus tiram biasanya memang cocok ditambahkan di masakan tumisan dan bumbu kecap untuk menambah citarasa gurih dan penampilan lebih mengkilap.

Cumi dan udang yang paling umum dimasak karena memang cocok untuk ditambahkan pada masakan seafood. Masakan akan terasa lebih gurih dan enak

Ayam kecap saus tiram juga banyak sekali yang suka memasak menu ini biasanya dimasak di rumah bisa menjadi solusi agar lauk ayam lebih terasa dimakan bersama nasi

Tumis tahu dan tempe juga bisa menambahkan saus tiram, jika umumnya hanya menggunakan bumbu dan kecap manis, ditambahkan saus tiram tumis tahu terlihat lebih cerah dan kental.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara