Tips di Terminal atau Stasiun Saat Malam Hari Agar Aman

di terminal malam hari

Alifandofla.com - Ketika baru pertama kali keluar kota seperti ke Jakarta naik kereta tak jarang sampai stasiun malam hari pukul 1 hingga 3 pagi, dimana jam malam yang sepi dan belum ada transportasi umum yang  bisa dikendarai kecuali taxi. 

Saya sudah beberapa kali sampai di stasiun Pasar Senen jam 3 pagi, pernah juga sampai di terminal Pondok Pinang jam 2 malam. 

Di Stasiun atau Terminal malam hari apakah aman?

Naik Kereta
Soal keamanan di stasiun kondisi yang saya rasakan aman-aman saja, karena termasuk ramai dan banyak toko di luar stasiun yang buka 24 jam. Selain itu juga banyak penumpang lain yang menunggu sampai pagi jam 05.00 untuk lanjut naik KRL ke Depok atau Bogor.

Sekarang stasiun sudah lebih baik dibandingkan jaman dulu, taxi dan ojek tidak bisa bebas masuk, ada portal yang membatasi.

Naik Bus
Bus bisa menurunkan penumpang lebih flesibel dan cukup rawan jika berhenti di lokasi yang sepi karena biasanya banyak ojek pangkalan yang menawari jasa antar, sehingga membuat risih.

Apalagi jika sendirian belum pernah tahu lokasi titik pemberhentian, saya sarankan lebih baik cari tujuan terminal besar seperti Kampung Rambutan dan Pulo Gebang, Terminal Solo Balapan, atau terminal Bungurasih.

Atau mencari bus pemberangkatan yang paling malam sehingga sampai di lokasi pagi sudah diatas jam 05.00 kondisi sudah mulai terang dan ramai.

Terminal besar resmi lebih aman karena selain ramai juga ada pos penjaga 24 jam.

Pilihan Bus Surabaya Jogja Lewat Tol dan Jalan Umum

Tips ketika sampai di terminal atau stasiun malam hari

Memesan taxi online

Jika lokasi tujuan dari stasiun atau terminal tidak lebih dari 20 km, kamu bisa langsung memesan taxi online. Lebih baik jika kamu berdua atau lebih karena jadi lebih murah dan aman

Jika kamu di stasiun kota besar seperti Gambir, Senen, Tugu Yogyakarta, Balapan Solo, atau Gubeng Surabaya bisa memesan mobil online, atau Taxi online Bluebird yang beroperasi 24 jam.

Jika ada teman tidak sendirian, lebih aman dan murah dengan memesan taksi online. Di kota-kota besar selain 24 jam juga rata-rata lebih aman, kamu bisa menunggu di depan lobi stasiun.

Menunggu KRL pagi

Khusus di Jakarta bisa naik KRL  mulai berangkat pagi jam 04.00 pagi hingga malam jam 24.00 kamu bisa menunggu di area stasiun sambil jajan atau sholat subuh dulu di mushola.

Saya biasanya lebih suka menunggu subuh dulu, sholat dan baru berangkat naik KRL. Karena jika jarak ke tujuan cukup jauh naik KRL jauh lebih murah dan cepat.

Jangan tidur sembarangan

Banyak kejadian karena tidur sembarangan seperti di teras toko atau di dalam mushola bisa rawan kehilangan barang berharga. Banyak tulisan larangan tidur karena sering terjadi kehilangan barang karena ditinggal tidur.

Lebih baik habiskan waktu saat di kereta atau di dalam bus untuk tidur, ketika sampai di stasiun dan terminal segera cari warung kopi atau membeli kopi di minimarket agar mata terjaga.

Itu saja tips agar aman di terminal atau stasiun ketika datang malam hari

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara