3 Obat Ketika Merindukan Orang yang Sudah Meninggal

merindukan orang yang meninggal
Alifandofla.com - Ditinggal meninggal dunia oleh orang terdekat merupakan hal yang paling menyedihkan. Seringkali kita akan merindukan orang yang sudah meninggal dunia. Biasanya yang paling terasa jika yang meninggal itu orang tua, ayah, ibu atau pasangan suami atau istri.

Sebagai orang yang beriman pasti percaya bahwa nyawa atau ruh ada di suatu tempat yaitu di alam kubur yang atas izin Allah SWT. Bagi orang beriman dan selalu berada di jalan Allah ketika mati mereka mendapatkan tempat di sisi Allah.

Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya (QS: Al Baqarah 154)

Berdoa Agar Bertemu di Mimpi

Jika kita seorang yang beriman yakin bahwa Allah yang menguasai roh setiap manusia yang sudah mati, dan Allah juga yang menguasai roh manusia dalam tidurnya. 

Artinya kedua ruh yang hidup dan mati bisa bertemu di alam mimpi atas se izin Allah seperti dijelaskan dalam surat.

Allah berfirman, 

"Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) roh (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; Maka Dia tahanlah roh (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan roh yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir." (QS. Az-Zumar: 42)

Mungkin kita tidak bisa mengatur mimpi, karena itulah sebagai hamba yang beriman dan yakin pada Allah tugasnya adalah berdoa dan mengerjakan amal kebaikan.


Meneruskan Amal Baik Almarhum

Meskipun orang yang kita sayangi sudah tiada pasti amal-amal baiknya dulu semasa hidup masih teringat. Salah satu menghidupkan kenangan baik adalah dengan melanjutkan amalan almarhum yang baik-baik agar bisa menjadi pahala.

Ketika dulu almarhum suka dengan membantu orang dan sedekah, maka kita bisa meneruskan untuk sedekah. Termasuk mungkin meneruskan pekerjaannya yang baik. 

Saya merasakan ketika melakukan hal ini terasa seperti bisa berkomunikasi dalam hati dengan Almarhum ayah saya. Saya suka melanjutkan apa cita-cita dan amalan yang baik yang beliau lakukan semasa hidup.


Ziarah Makam

Mungkin ketika ada rasa merindukan orang yang sudah meninggal, dan rasa kangen itu tiba-tiba sangat besar, maka salah satu kegiatan yang baik dilakukan adalah ziarah ke makam kubur.

“Diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar pada suatu malam ke Baqi’, beliau lama berdoa, memohon ampun bagi mereka tiga kali, dengan mengangkat kedua tangannya.” [HR. Muslim]

Bagi seorang muslim sebaiknya menguburkan dengan cara yang sesuai syariat Islam dan tempat yang baik dan mudah dikunjungi. Salah satu pemakaman khusus muslim yang baik dari mulai pemakaman jenazah sesuai syariat Islam, makan sesuai sunnah, dan pengurusan area makam yang baik yaiti AL Azhar Memorial Garden infomakamalazhar.com

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara