Aplikasi Kasir Jowara

5 Pohon Peneduh Rumah yang Cepat Tumbuh Besar

pohon peneduh rumah

Alifandofla.com - Ketika baru membangun atau membeli rumah baru, biasanya di halaman depan teras butuh ditanam pohon peneduh agar tidak panas. Pohon dengan daun yang rindang bisa sangat membantu mengurangi suhu panas sinar matahari.

Pohon peneduh rumah ini memang butuh waktu lama agar bisa tumbuh besar dan bisa menaungi teras dan rumah. Rata-rata butuh waktu 2 hingga 5 tahun agar pohon bisa tumbuh cukup besar.

Ada beberapa pohon peneduh yang cocok di tanam di kawasan iklim Indonesia, bisa cepat tumbuh besar sehingga dapat menaungi rumah anda.

1. Pohon Kiara Payung

Pohon ini memang ditanam dengan tujuan sebagai peneduh di depan rumah atau pinggir jalan. Pohon kiara payung tidak diambil buah atau bunga, bentuk daun nya cukup bagus dan lebat sehingga membuat teduh.

Selain ini jenis pohon kiara payung daun nya tidak disukai ulat sehingga cocok ditanam di depan rumah sebagai peneduh.

2. Pohon Matoa

Saya sudah menanam matoa di depan rumah dalam satu tahun sudah bertambah tinggi sekitar 50 cm. Rata-rata pohon matoa bisa cukup besar dari mulai tanam bibit hingga tinggi mencapai 3-4 meter selama 3 tahun. 

Tipe daun matoa yang lebar dan besar sangat bermanfaat membuat teras rumah lebih sejuk. Selain itu pohon matoa daun nya jarang gugur sehingga tidak mudah mengotori rumah.

3. Pohon Mangga

Salah satu pohon yang banyak ditanam orang desa adalah mangga, selain buahnya yang enak juga bisa menjadi pohon peneduh rumah.

Pohon mangga mulai cukup besar setelah 3-5 tahun dengan tinggi pohon sekitar 3 sampai 4 meter. Mangga bisa tahan hidup hingga puluhan tahun dan terus membesar.

4. Pohon Ketapang

Adalah pohon peneduh rumah dan jalan karena bentuk batang pohon dan daun yang menyerupai payung. Daun-daun yang lebar bisa menaungi area di bawahnya. Butuh waktu 5 sampai 10 tahun agar ketapang bisa besar dan menaungi rumah.

Tetapi jika musim gugur, cukup banyak daun ketapang yang berguguran sehingga mengotori area di sekitar pohon.

5. Pohon Kelengkeng

Bisa jadi alternatif pilihan jika menginginkan buah kelengkeng juga, untuk bibit kelengkeng yang bagus bisa cepat tumbuh tinggi dalam 3 tahun hingga 4 meter dan berbuah.

Tipe batang yang melebar juga cocok sebagai pohon peneduh. Jika tingginya sudah mencapai 5 hingga 6 meter dari permukaan tanah sudah sangat bisa membuat teduh.


Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama