Cara Anak Mendoakan Orang Tua yang Sudah Meninggal

cara mendoakan orang tua yang meninggal

Alifandofla.com - Tiga perkara yang tidak terputus amal seorang yang sudah meninggal dunia salah satunya adalah anak sholeh yang mendoakan orang tuanya. Jadi betapa beruntung sebagai orang tua yang bisa meninggalkan keturunan anak-anak yang sholeh.

Sesuai dengan hadist Rasulullah

Apabila anak adam (manusia) telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya darinya, kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyah (sedekah yang pahalanya terus mengalir), ilmu yang bermanfaat, atau anak sholeh yang selalu mendoakannya." (HR Muslim No. 1631)

Beruntunglah bagi orang tua yang bisa mendidik anak-anak nya menjadi pribadi yang sholeh dan sholehah. 

Menjadi anak sholeh dan sholehah

Dalam hadist tersebut disampaikan Nabi bahwa anak sholeh bisa mendoakan kedua orang tuanya, karena amal dan perbuatan anak yang sholeh tentu saja sejalan dengan apa yang diharapkan untuk orang tua yang sudah meninggal.

Setiap manusia saat hidup pasti banyak dosa, sehingga doa yang paling sering di panjatkan kepada Allah adalah memohonkan ampunan dan agar orang tua di terima amal-amal kebaikannya.

Karena itulah sebagai anak yang masih hidup agar selaras dengan doa yang di panjatkan juga harus menjadi seorang anak yang beramal saleh.

Berdoa kapanpun dan dimanapun

Berdoa yang baik adalah saat selesai menjalankan sholat, saat sholat tahajud an puasa. Jadi sebagai anak yang rajin menjalankan ibadah sholat akan otomatis selalu mendoakan orang tua yang sudah meninggal setiap kali berdoa selesai sholat.

Tidak harus ke makam dan ritual khusus, karena doa yang di panjatkan itu kepada Allah yang Maha Mendengar dimanapun hambanya berdoa.

Doa untuk orang tua yang Allah perintahkan dalam Al-Quran 

 رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

“Ya Allah, berilah rahmat kepada mereka (kedua orang tua), sebagaimana mereka merawatku ketika kecil.” (QS. Al-Isra: 24)

Berdoa bisa dengan bahasa apapun

Manusia di muka bumi punya beraneka macam bahasa, dan bahasa Al Qur'an adalah bahasa Arab. Doa yang baik memang yang dituntunkan dalam Al Qur'an dan dituntunkan Rasulullah dalam hadist beliau.

Tapi jika ingin berdoa dengan bahasa kita sendiri di waktu-waktu berdoa maka itu sah dan Allah Maha Tahu semua bahasa, bahkan bahasa di dalam isi hati sekalipun.

Obat Ketika Merindukan Orang yang Sudah Meninggal

Ziarah kubur

Tujuan ziarah kubur adalah untuk mengingat kematian, dan juga meredakan rasa rindu kepada orang tua yang sudah meninggal dunia.

Ketika rasa rindu muncul dan dalam hati bingung karena tidak mungkin ketemu, ziarah ke makam bisa menjadi obat atau untuk mengurangi rasa kangen tersebut.

Karena itu baik juga memberikan tempat pemakaman terbaik untuk orang tua yang meninggal dunia jika memang ada kesempatan, agar memudahkan keluarga kapan saja untuk berziarah dengan nyaman seperti di Al Azhar Memorial Garden Infomakamalazhar.com


Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama