Perbedaan Kartu Kredit dan Debit Jelas dan Mudah Dipahami

perbedaan kartu kredit dan kartu debit
Alifandofla.com Bagi kamu yang belum terbiasa menggunakan pasti akan sedikit bingung dengan perbedaan kartu kredit dan debit yang sering digunakan dengan kartu ATM ( Automatic Teller Macine).

Pada artikel ini akan menjelaskan secara mudah apa perbedaan kartu kredit dan kartu debit ATM yang kita sering menggunakan, baik untuk mengambil uang, atau belanja.

Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit

Kartu kredit adalah kartu khusus untuk hutang dari pihak bank, ada jumlah maksimal tertentu (limit) bisa untuk belanja dan transaksi, nanti baru dibayar sesuai jumlah yang digunakan sebelum jatuh tempo. Sedangkan kartu debit adalah kartu tabungan rekening yang umum digunakan untuk mengambil atau setor uang di ATM, dan juga transaksi belanja.


Penjelasan Kartu Kredit

Adalah kartu hutang, kredit artinya keluar jadi jenis kartu yang menggunakan uang untuk belanja atau transaksi. Untuk mudah mengingat Kredit diawali huruf K artinya Keluar, atau uang yang keluar untuk belanja sebagai hutang dari bank yang nantinya baru dibayar sesuai jatuh tempo.

Syarat punya kartu kredit lebih sulit dan ribet, dan tidak semua orang bisa memiliki, harus punya daftar gaji atau penghasilan yang jelas. 

Ketika mendapatkan kartu kredit, Bank akan memberikan dana maksimal dalam satu bulan (disebut limit) antara 5 juta paling minimal, hingga 100 juta, tergantung penghasilan setiap individu.

Kelebihan kartu kredit bisa digunakan transaksi dalam negeri maupun luar negeri, untuk kebutuhan belanja online maupun offline.

Penjelasan Kartu Debit

Adalah kartu tabungan, yang umumnya dimiliki semua yang menabung di bank untuk keperluan mengambil di mesin ATM. Debit artinya masuk atau ada uang masuk ke rekening tabungan, sedangkan ketika menggunakan juga menggunakan uang tabungan itu sendiri.

Kartu debit juga digunakan untuk transaksi belanja, pembayaran di toko yang punya mesin pembayaran kartu.

Kartu debit ini lebih umum dimiliki siapa saja yang membuka tabungan di bank karena nantinya kartu ini akan digunakan untuk mengambil uang di ATM. 

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara