Pengertian dan Perbedaan Antara Ikhtiar dan Tawakal

pengertian perbedaan ikhtiar dan tawakal

Alifandofla.com - Dalam kehidupan orang muslim harus tahu dan bisa menerapkan yang namanya ikhtiar dan tawakal, dua hal yang berdampingan tapi artinya berbeda. Di artikel ini akan menjelaskan dengan mudah apa perbedaan ikhtiar dan tawakal beserta contohnya.

Setelah tahu artinya sudah seharusnya kita sebagai muslim dalam menjalani kehidupan bisa menerapkan keduanya, ikhtiar dan juga tawakal. Masih banyak orang yang belum bisa bersikap tawakal dalam kehidupannya.

Pengertian Ikhtiar

Ikhtiar adalah usaha maksimal untuk mendapatkan atau meraih sesuatu yang diinginkan dalam kehidupan. Seseorang yang tidak mau berusaha maksimal belum dikatakan ikhtiar.

Belajar agar bisa mendapatkan nilai bagus, bekerja untuk mencari nafkah, pergi melamar pekerjaan itu semua adalah ikhtiar.

Tapi semua usaha manusia seringkali hasilnya tidak sesuai harapan. Misalnya ketika mencoba berjualan ternyata belum laku, melamar pekerjaan belum diterima, nah karena itulah sebagai muslim harus mempunyai sikap tawakal.

Pengertian Tawakal

Tawakal adalah sikap dan perasaan menyerahkan hasilnya dan berprasangka baik kepada semua keputusan Allah, segala hal yang sudah diusahakan nanti akhirnya Allah Maha Tahu apa yang baik bagi kita.

Dengan sikap tawakal ketika usaha belum berhasil, maka tidak mengeluh karena yakin ada hal baik lain yang Allah lebih Tahu.

Misalnya ketika berusaha mendapatkan jodoh dengan orang yang dipilih tapi ternyata gagal, orang yang bertawakhal akan ikhlas dan berprasangka ada jodoh yang lebih baik.

Perbedaan Ikhtiar dan Tawakal

Ikhtiar adalah usaha semaksimal mungkin untuk mencapai keinginan, harapan, dan cita-cita, sedangkan tawakal itu menyerahkan hasilnya dan berprasangka baik kepada keputusan Allah.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara