Perbedaan Aqidah dan Akhlak beserta Contohnya

perbedaan aqidah dan akhlak

Alifandofla.com - Dalam pelajaran sekolah agama Islam ada materi Aqidah Akhlak, kedua kata ini punya arti yang berbeda tetapi dalam pengucapan sehari-hari terkadang masih salah mengartikan. Dalam artikel ini akan membahas perbedaan Aqidah dan Akhlak secara jelas dan mudah, beserta contohnya agar lebih mudah dipahami.

Aqidah dan akhlak itu berbeda tapi menjadi satu kesatuan yang harus dimiliki dan saling melengkapi dalam kehidupan seorang muslim dan muslimah.

Aqidah adalah pokok dasar keyakinan dan iman manusia kepada Allah, Rasulullah, Al qur'an dan hadist, sedangkan akhlak adalah tingkah laku perbuatan manusia dalam menjalani kehidupan yang baik.

Pengertian Aqidah

Dalam arti bahasa berasal dari kata bahasa Arab aqiidatan yang artinya perjanjian yang kuat, dalam istilah yaitu keyakinan  Iman kepada Allah, janji meyakini Allah beserta 5 rukun Iman, beserta segala hal yang dijelaskan dalam Al Qur'an dan hadist. Belajar Aqidah berarti mempelajari tentang rukun Iman.

Contoh Aqidah Manusia

1. Tauhid yakin kepada Allah dan tidak menyekutukan Nya dengan segala sesuatu. Orang yang punya Aqidah yang kuat akan menjauhi kemusrikan dan syirik.

2. Yakin pada rukun Iman ada 5, Allah, Malaikat, Rasul, Kitab, dan Hari Kiamat.

3. Percaya dengan isi ayat-ayat Al Qur'an dengan yakin kebenarannya.

Pengertian Akhlak

Berasal dari bahasa Arab "Khuluk" yang artinya perangai, tingkah laku, dan tabiat. Seseorang bisa dinilai berakhlak baik atau buruk dari tingkah laku dan sikap perbuatannya. Sebagai muslim banyak sekali anjuran untuk berakhlak baik.

Dari Abu Harairah radhiyallahu anhu berkata; 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda; Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia. (HR Ahmad dan Al-Hakim).

Contoh Akhlak

  • Berbakti kepada kedua orang tua
  • Menghormati yang tua dan menyayangi yang muda
  • Bersikap sabar dan bersyukur
  • Rendah hati dan baik kepada sesama manusia
  • Saling tolong menolong

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara