Pengertian Tumbuh dan Berkembang Beserta Perbedannya

pengertian tumbuh dan berkembang

Alifandofla.com - Pada artikel ini akan menjelaskan tentang pengertian tumbuh dan berkembang pada kehidupan manusia, yang pada umumnya dari ketika lahir, anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Tumbuh dan berkembang keduanya punya arti masing-masing yang berbeda. Jadi antara tumbuh dan berkembang ada perbedaan yang banyak orang mungkin tidak sadar mengira sama.

Pengertian Tumbuh

Pada manusia tumbuh adalah proses fisik yang terlihat dari segi volume berat badan, tinggi, lebar semua bisa di ukur dengan angka. Berat fisik dalam kg, panjang tinggi dan lebar badan dalam cm.

Mulai dari lahir hingga usia remaja adalah masa pertumbuhan, dari badan kecil hingga terus bertambah tumbuh tinggi maksimal ukuran manusia sesuai ras keturunan rata-rata antara 150 - 180 cm. Begitu juga bertambahnya berat badan.

Pengertian Berkembang

Perkembangan manusia lebih dinilai dari perubahan mental psikologi, pikiran kecerdasan, emosional, dan kedewasaan yang tidak bisa di ukur dan dilihat secara fisik.

Perkembangan manusia paling cepat di usia anak-anak hingga dewasa, otak tumbuh menjadi cerdas dan mentalnya juga berkembang. Manusia secara pikiran dan emosional akan bisa terus berkembang hingga tua tergantung faktor pikiran yang mempengaruhi.

Contoh perkembangan mental dan emosional adalah seperti anak kecil yang mudah menangis karena marah, semakin dewasa akan semakin bisa menahan amarah dan tidak mudah menangis.

Perkembangan kedewasaan bisa dilihat dari segi cara bersikap, sifat sabar, toleransi dan bisa menghargai orang lain.

Perbedaan Antara Tumbuh dan Berkembang

Tumbuh adalah bentuk fisik yang bisa dilihat dan diukur dengan angka seperti tinggi badan, berat, dan besar ukuran tubuh seseorang. Sedangkan berkembang adalah proses seseorang menjadi dewasa secara kecerdasan, akal pikiran, dan secara mental psikologi.

Pertumbuhan dan Pekembangan Manusia

Pertumbuhan manusia akan diukur dari segi jumlah bertambah banyaknya suatu penduduk di suatu daerah atau negara.

Sedangkan perkembangan akan dinilai dari segi kemajuan kecerdasan, perekonomian, dan teknologi.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara