ASUS Zenfone 10 Smartphone 5,9 Inci Performa Tinggi Tangguh di Berbagai Situasi

Asus Zenfone 10

Alifandofla.com -  Ada yang juga merasa gak sih? kebanyakan smartphone jaman sekarang ukurannya semakin besar, sejujurnya bagi saya terasa agak kurang dalam banyak hal. Besarnya ukuran bodi membuat lebih susah scroling aplikasi dan chatting ketika hanya menggunakan satu tangan, agak rawan ketika digenggam, saat menggunakan rasanya harus dengan dua tangan agar aman.

Menurut pendapat saya smartphone ukuran sekitar 6 inci, dimensi bodi tidak lebih dari 150 x 70 mm itu sebenarnya terasa lebih nyaman dan pas ketika dipegang, tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar.

Sekarang layar 6 inci tapi punya spesifikasi tinggi itu memang semakin langka. Entah karena apa, saya yakin  bagi kita yang suka dan tahu segala kelebihan OS Android pasti bisa mempertimbangkan dan membandingkan dari berbagai aspek.

Sebentar, coba sekilas kita melihat data poling online berikut ini tentang ukuran layar smartphone paling ideal dari situs nextpit.com

voting

Ukuran 5.5 - 6 inci ternyata menjadi pilihan poling paling banyak yatitu 37%. Ini menunjukkan bahwa sebenarnya pengguna masih lebih memilih ukuran smartphone compact daripada yang besar.

Tapi mengapa banyak smartphone sekarang berukuran besar?

Mungkin kadang kita juga merasa, bahwa semakin besar ukuran layar, sebenarnya semakin kurang praktis dari segi fungsi utama sebuah smartphone. Kecuali jika kebutuhan utama digunakan untuk gaming dan menonton video.

Banyaknya smartphone layar besar, seakan-akan berbanding terbalik dengan data yang menunjukkan bahwa ukuran layar compact jelas lebih disukai. 

Hal tersebut karena tuntutan produsen untuk bisa memberikan spesifikasi yang lebih besar, khususnya pada memori dan kapasitas baterai.

Minat pengguna Android paling banyak memang mementingkan besarnya ram, memori penyimpanan dan baterei, sehingga kebanyakan smartphone mainstream lebih mengutamakan spesifikasi tersebut dan mengorbankan ukuran bodi.

Padahal sebagai alat komunikasi utama yang selalu dibawa kemana-mana, selalu digenggam dengan tangan itu lebih tepat jika berukuran compact dan praktis. Sedangkan gadget yang memberikan kualitas layar lebar itu adalah tablet dan laptop.

Jadi...

ASUS Zenfone 10, hadir menjadi smartphone Android compact ukuran layar 5,9 inci. Membekali spesifikasi performa tinggi untuk memenuhi ekspektasi, menjadi pilihan yang lebih aman dan tangguh untuk aktifitas kegiatan setiap hari.

Jadi yuk kitas bahas, apa saja kelebihan yang ditawarkan smartphone compact 5,9 inci satu ini?


Part 1: MIGHTY ON HAND

Tangguh Dalam Satu Genggaman di Setiap Kegiatan

kelebihan Zenfone 10

Di jaman sekarang sepertinya hampir semua orang menggunakan smartphone, selalu digunakan di setiap aktifitas untuk kebutuhan kerja, komunikasi, dan juga hiburan seperti sosial media, nonton video dan main game.

ASUS Zenfone 10 hadir dengan konsep Mighty on Hand yang memberikan banyak kelebihan, mulai dari ukuran compact 5,9 inci, kualitas spesifikasi, dan beberapa hal berikut ini:

Desain mewah dan elegan, Zenfone 10 adalah jenis smartphone flagship dengan desain anti mainstream, baik dari tampilan bodi dan warnanya. Ketika memiliki dan menggunakannya jelas akan terkesan beda, mewah, elegan, bahkan bisa menarik perhatian.

Komunikasi chatting lebih nyaman, kegiatan chatting pasti sering dilakukan setiap hari. Dengan smartphone ukuran compact chatting tidak harus menggunakan dua tangan lagi. Cukup satu genggaman tangan, chattingan lebih nyaman, bisa sambil jalan atau di sela-sela kegiatan.

Angkat telepon lebih aman, kelebihan dari ukuran smartphone yang pas di tangan adalah ketika mengangkat telepon juga jadi lebih aman karena kuat di genggaman. Kalau ukurannya kebesaran jadi lumayan riskan kalau meleset dari tangan.

Bisa foto pakai satu tangan, sebuah previlege smartphone jaman sekarang kalau masih ada yang bisa cukup dengan satu tangan. Kita pasti tahu rata-rata smartphone besar, ketika foto harus memakai dua tangan karena layarnya terlalu lebar.

Fitur Zen Touch dibagian samping layar membuat bisa foto tanpa memencet layar, sehingga lebih praktiks dan mudah. Zen Touch juga bisa digunakan untuk pengatauran lebih praktiks hanya dengan jempol tangan.

Mantab Digenggam Satu Tangan

Zenfone 10 hitam
Dimensi bodi 146.5 x 68.1 x 9.4 mm berat hanya 172g, pas mantab di genggaman  tangan!

Bayangkan betapa mudah ketika memengang Zenfone 10 untuk dibawa kemana-mana. Terasa kokoh di genggaman ketika digunakan kapan saja dan dimana saja.

Mungkin ada yang mengkritik ukurannya yang kecil. Justru ukuran compact punya banyak kelebihan bagi orang yang aktif kegiatan dan sering menggunakan smartphone. Seperti pekerjaan yang sering mengangkat telepon, sering chattingan, atau mengambil foto dan video setiap saat.

ASUS Zenfone 10 memberikan desain compact agar lebih nyaman dan aman dalam satu genggaman tangan. 

Masa' pegang hp satu tangan kesulitan scroling karena jempol ga sampai, gara-gara kebesaran layar?

Nah kan...

Ukuran Compact Jadi Keistimewaan

ukuran Compact Zenfone 10
Jadi ketika mempunyai smartphone berukuran compact sebenarnya akan terasa lebih pas di jari-jari tangan, lebih aman, bisa memungkinkan untuk digunakan pada setiap aktifitas apapun, tanpa repot menggunakan dua tangan.

Jangan sampai kesulitan menyimpan smartphone di saku celana, sehingga harus ditaruh di dalam tas. Kadang lumayan ribet juga membawa hp ukuran besar, harus bolak balik buka tutup tas untuk mengambil dan menyimpan kembali.

ASUS Zenfone 10 dengan ukuran 5,9 inci sudah memberikan kualitas resolusi layar full HD 1080 x 2400 pixels. Jadi meskipun ukurannya compact tapi kualitas resolusinya mantab.

Bayangkan ketika memegang ukuran yang pas sehingga kuat di genggam tangan, mudah dimasukkan kantong celana pasti nyaman dibawa di setiap aktifitas kegiatan.

Dimensi  bodi 146.5 x 68.1 x 9.4 mm (ramping dan sedikit lebih tebal)

Desain Autentik yang Menarik Perhatian

warna Zenfone 10
Kalau saya pribadi suka dengan model desainnya dan bakal pede jika membawa Zenfone 10 kemana-mana. Ada kesan unik, autentik yaitu punya ciri khas yang berbeda dengan model-model smartphone lain.

Soal desain memang selera, tergantung pada masing-masing orang, tapi soal autentik kita pasti sepakat. Model bodinya unik, punya karakter strong terkesan mantab. Dilihat dari ukuran yang lebih tebal, dua kamera bulat besar, dan bezel di pinggir bodi yang kontras dengan warna utama. 

Pilihan warna doff pada bodi dengan varian Aurora Green, Eclipse Red, dan Comet White, serta Starry Blue dan Midnight Black. Jelas warna yang unik dan menarik.

"Perasaan suka memang tergantung selera, tapi desain ASUS Zenfone 10 itu autentik dan menarik itu nyata" 

Dari melihat berbagai pilihan warna, kita saja pasti merasa ketika melihatnya menjadi penasaran, dan modelnya juga menarik perhatian.

Body Ramah Lingkungan Tangguh dari Benturan

bodi Zenfone 10

Saya pernah mengalami hp kesenggol lalu terjatuh dari meja, dan pernah mengambil dari saku celana tapi meleset terjatuh sehingga menyebkan layar sedikit retak. 

Zenfone 10 membekali layar depan Corning Gorilla Glass Victus. Saya membaca dari situs resmi corning.com menyampaikan bahwa bisa tahan terhadap benturan karena terjatuh di permukaan keras sampai ketinggian 2 meter. Ini sudah lebih dari cukup, melihat tinggi rata-rata pengguna pada umumnya tidak lebih dari 2 meter.

Frame alumunium yang warnanya kontras sehingga selain memperkokoh bodi, juga terlihat lebih kuat di perasaan ketika memegang dan melihat.

Bodi belakang berbahan polikarbonat berbasis bio yang ramah lingkungan. Sedangkan kemasannya menggunakan 100% kertas yang bisa di daur ulang.

Bodinya plastik?

Ini bukan sembarang plastik, plastik polikarbonat dipilih karena punya banyak kelebihan. Pertama jelas polikarbonat memberikan beban lebih ringan dibandingkan metal, tahan panas hingga 150 odan kuat tidak mudah retak atau pecah jika terjadi benturan.

IP68
Sudah memenuhi sertifikat yang memastikan jenis smartphone IP68 tahan terhadap debu tidak dapat masuk ke dalam perangkat. Juga mempunyai ketahanan terhadap air seperti ketika terkena hujan, kecemplung ke dalam kolam atau bak air. Tetapi tidak disarankan sengaja dibawa menyelam atau direndam air.

Compact Tapi Hebat untuk Diandalkan

Asus zenfone 10

Bukan sekedar compact, model desain yang menarik, atau kualitas kamera saja yang menjadi keunggulan. Dari berbagai aspek lebih luas lagi masih banyak sekali fitur unggulan yang bisa diandalkan.

Kamera salah stau fitur paling diinginkan kualitasnya dari sebuah smartphone flagship. Ini sudah dijawab dengan spesifikasi kamera yang jauh lebih sempurna untuk menghasilkan foto dan video yang lebih tajam dan jelas.

Mendukung penggunanya ketika kapan saja ingin membuat konten foto atau vidio, dimanapun berada ketika menemukan momen yang berharga.

Memberikan spesifikasi tinggi, perpaduan komponen prosesssor, ram, audio, dan display yang mampu diandalkan untuk performa main game mampu rata kanan. 

Nah penasaran bagaimana performanya, mari kita jelajah lebih dalam lagi...

Part 2: HIGH PERFORMANCE

Mesin Snapdragon 8 Gen 2, Prosessor Terbaik Saat ini

spesifikasi Zenfone 10
Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2, SM8550, Qcta-core CPUs,3.2 Ghz. Buat yang ingin mendatapkan spesifikasi performa tinggi, soal jenis prosessor jelas memenuhi ekspektasi.

Snapdragon 8 Gen 2 menjadi prosessor terbaik saat ini. Sebagai mesin utama sebuah smartphone mampu menjalankan aplikasi multitasking super lancar. Mendukung setiap aplikasi bisa digunakan lebih sempurna tanpa kendala.

Ketika RAM dipadukan prosessor terbaik akan menjadi mesin smartphone yang menghasilkan performa memuaskan ketika digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Saya tahu performa tidak sekedar dari besarnya RAM tapi dukungan jenis prosessornya juga.

Warna jelas dan tajam
Color accuracy, Delta-E < 1 112% DCI-P3, 107% NTSC, 151.9% sRGB color gamut. Display standar gaming ketika digunakan untuk penggunaan setiap aplikasi akan terasa sangat halus dan lancar. Menonton video di smartphone menjadi lebih jelas sekelas menonton di bioskop.

Zenfone 10 Antutu
kimovil.com

Kamera Lebih Sempurna untuk Berkarya

kualitas kamera Zenfone 10

Kamera utama 50 MP Sony IMX766 flagship sensor jelas memberikan kualitas kamera yang bagus dan memuaskan saat digunakan.  Hasil foto dan video dijamin cerah, lebih tajam tapi tetap natural. Dijamin mendukung siapa saja yang ingin membuat karya di sosial media sebagai kreator.

6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 2.0
Adalah fitur yang digunakan ketika mengambil video sambil bergerak hasilnya jauh lebih stabil dan hasilnya lembut. Fiturnya lebih disempurnakan dari seri sebelumnya Zenfone 9 yang sudah menggunakan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 1.0.

"Zenfone 10 bisa menjadi teman siapa saja yang ingin berkarya membuat foto dan video kapanpun dan dimanapun"

Fitur Adptive EIS
Dapat melakukan penyesuaian secara otomatis pada saat menggunakan video menjadi kualitas lebih bagus dan stabil. Artinya pengguna tidak perlu mengedit secara manual, dengan Adaptive EIS ini secara otomatis akan memperbaiki kualitas hasil video. 

Kamera ultrawide 13 MP sensor 120 ̊ field of view
Lebih sempurna dari seri Zenfone 9 yang 12MP 113 field of view.  Jadi luas ruang yang bisa ditangkap oleh kamera jadi akan lebih luas tangkapan foto yang dihasilkan.

kamera depan Zenfone 10

Kamera depan 32MP RGBW technology
Menyempurnakan lebih baik dari seri pendahulunya yang 12MP. Mau live dimana saja tanpa khawatir kualitas kamera, ASUS Zenfone 10 dengan kamera depan 32MP RGBW akan mengatasi ketika kurang cahaya.

Pernah live atau selfie dengan kamera depan tapi hasilnya kurang jelas karena kurang terang sehingga harus menambah banyak pencahayaan?

Teknologi RGBW ini dapat membuat hasil kamera depan lebih terang dan jelas ketika kurang cahaya. 

Fitur Hyper Clarity (Zoom Terlihat Jelas)

kamera Zoom Zenfone 10
asus.com

Pernah kalau mau foto ketika di zoom gambar jadi blur dan kurang jelas?

Zenfone 10 mengatasi masalah itu dengan kualitas kamera mampu memberikan kualitas yang lebih jelas dan detail ketika di zoom sekalipun.

OZO Audio technology
Fitur audio unggulan untuk mengghilangkan kebisingan dari suasana sekitar ketika mengambil video. Sebuah performa yang sangat berkualitas untuk menjadi senjata konten kreator siap berkarya dimana saja.

Spesifikasi Gaming Siap Rata Kanan

spek gaming Zenfone 10
Gamers pasti tahu apa itu spek rata kanan, artinya settingan performa paling tinggi/ultra high. Setting grafis paling kiri low, tengah medium dan kanan high. Itulah yang akan dirasakan dengan ASUS Zenfone 10.

Soal chipset tidak perlu ditanyakan Snapdragon 8 Gen 2. RAM up to 16/512GB dengan tampilan grafis display layar 144Hz Samsung AMOLED display 112% DCI-P3 color gamut 1100 nits 445 ppi pixel density. Ini sudah lebih dari cukup untuk standar gaming.

Adreno 740 adalah GPU masih yang terbaik di saat ini. GPU (graphics processing unit) adalah penentu kualitas grafis aplikasi dan game.

Dukungan layar Corning Gorilla Glass Victus memberi proteksi terbaik yang kuat melindungi layar dari efek gesekan jari, getaran, benturan ketika digunakan atau saat bermain game. Siap memberi keamanan 4 kali lebih kuat dari proteksi layar Gorilla Glass pada umumnya.

Baterai Sangat Bisa Diandalkan

baterai Zenfone 10

Salah satu pertimbangan paling sering dilihat pemilik smartphone jaman sekarang adalah kapasitas baterai yang punya daya tahan awet dan fast charging.

Baterai 4300mAh sudah sangat bagus untuk sekelas smartphone compact, sudah serasa kapasitas 5000mAh. Jika melihat beberapa smartphone compact lain rata-rata kapasitas baterainya masih kurang dari 4000mAh. Jelas sangat bisa diandalkan.

Situs gsmarena.com mengulas Zenfone 10 soal daya tahan baterai mampu digunakan untuk telepon selama 30 jam, untuk browsing dan chatting bisa 16 jam, dan menonton video bisa sampai 21 jam. Kecepatan charger kabel 30 watt dan wireless 15 watt.

Jika ingin melihat informasi lebih detail bisa di cek di website resmi


PART 3: PRICE FOR PRESTIGE

harga Zenfone 10

Pecinta Android flagship pastinya sudah cerdas dan paham masalah harga, karena sudah pasti bisa menilai soal kualitas dan performa sesuai harganya, "worth it" atau tidak.

Selain itu, beberapa orang dalam hal pilihan dan pertimbangan membeli sesuatu ada banyak faktor. Salah satunya ada rasa kepuasan diri, rasa memiliki sesuatu yang mewah dan berbeda "prestige"

Compact and High Performance sudah menjawab pertimbangan itu, bagi saya mempunyai Zenfone 10 adalah sebuah prestise, ini jadi nilai lebih yang akan saya rasakan.

Limited Edition, sama seperti seri-seri Zenfone sebelumnya. Pemilik ASUS Zenfone 10 pasti hanya orang-orang tertentu.  Akan ada banyak orang yang melirik dan penasaran ketika siapa saja membawanya. Limited adalah satu nilai prestise sebuah barang berharga.

"Harga sepadan dengan spesifikasi tinggi yang mampu memenuhi ekspektasi, tapi ada nilai prestise yang akan dirasakan oleh setiap pemilik ASUS Zenfone 10 ini"

Harga Zenfone 10

Ram/Storage: 8GB/128GB Rp 8,999.000,-
(Midnight Black, Comet White, Eclipse Red, Aurora Green, Starry Blue)

Ram/Storage: 16GB/512GB Rp 11,999.000,-
(Midnight Black)


Zenfone 10 Launch Sales Promo
Khusus hanya pada periode launch : 29th Sept – 15th Oct 2023.

Zenfone 10 (8GB/128GB) Rp. 8.999.000 Discount 300K menjadi Rp.8.699.000.
Zenfone 10 (16GB/512GB) Rp. 11.999.000 Free Connex casing – senilai 899K.

Promo spesial ini hanya berlaku di Mitra penjualan resmi ASUS :
Offline > ERAFONE, ASUS Exclusive Store, ASUS Authorized Dealer.

Online > Tokopedia, Eraspace, ASUS Online Store.


PART 4: RATING & REVIEW

Sudah membahas dari segi desain, performa dan harga. Sekarang saatnya melihat bagaimana rating dan review dari seluruh dunia. Karena Zenfone 10 sebenarnya sudah lebih dulu rilis secara global pada Juli 2023.

Rating dari saya ASUS Zenfone 10 score 9/10
Rasanya kurang lengkap jika penilaan hanya dari saya pribadi. Jadi saya mencoba menjelajah lebih jauh lagi mencari beberapa review di luar negeri.
Dari berbagai situs review gadget global rata-rata mendapatkan nilai memuaskan, baik dari review personal maupun cara voting. Sempurna untuk sebuah gadget yang layak untuk dimiliki.

Zenfone 10 Tomsguide
tomsguide.com


Zenfone 10 gsmarena
gsmarena.com
xda-developers.com Zenfone 10
xda-developers.com


notebookheck Zenfone 10
notebookcheck.net

pockettacticts Zenfone 10
pockettactics.com



Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

2 Komentar

  1. keren sih ini Zenfone bisa out of the box totalitas dari segi desain, performa, agak berbeda jadi susah dibandingkan dengan Android lain. Buktinya Zenfone 9 aja sudah agak langka, bisa jadi pertimbangan kuat buat yang suka hp compact

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget punya Zenfone selain dapat performa juga ada kesan prestige, lain daripada yang lain

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara