Yuk Latihan Cara Menghilangkan Overthinking dengan Ini

cara menghilangkan overthinking

Alifandofla.com Banyak orang yang sulit menemukan dan melakukan cara menghilangkan overthinking yang seringkali mengganggu pikiran sampai kehidupan. Seperti sudah menempel dalam diri manusia, di dalam pikiran dan perasaan. 

Saya sendiri juga pasti mengalami overthinking baik secara sadar maupun tidak sadar, karena umumnya munculnya banyak pikiran itu terjadi begitu saja tanpa disadari.

Ketika overthinking muncul, maka sangat sulit bisa dihilangkan langsung atau dibuang dari pikiran. Apalagi yang dipikirkan suatu masalah yang ada di sekitar kita.

Latihan Cara Menghilangkan Overthinking

1. Latihan Mencintai Diri Sendiri

Ketika muncul masalah, pikiran, kekhawatiran berkaitan dengan orang lain pasti akan menjadikan beban pikiran. Entah pikiran dengan keluarga, gebetan, pacar, atau pasangan.

Pikiran yang berlebihan akan menyakiti hati dan fisik akibat overthinking. Jadi cobalah untuk lebih mencintai diri sendiri dibandingkan orang lain.

Ketika ada masalah dengan orang lebih baik bersikap biasa, daripada terlalu kepikiran dan menyakiti diri sendiri.

2. Melatih Pikiran Melihat 2 Sisi

Dalam setiap masalah yang terjadi sebenarnya ada dua sisi, sisi negatif dan positif. Tetapi seringkali sisi negatif lah yang selalu terlihat sehingga menimbulkan pikiran atau overthinking itu.

Naluri manusia yang ingin sempurna, mendapatkan apa yang diharapkan, dihargai orang menutup pikiran bahwa tidak ada yang sempurna. 

Dalam hidup pasti ada baik dan buruk, kesalahan, positif dan negatif. Mencoba melihat lagi hal-hal positif ketika ada masalah adalah cara untuk meredam pikiran overthinking.

3. Belajar dari Masalah yang Datang

Ibarat orang ketika latihan naik sepeda motor lalu jatuh dia menyalahkan motornya dan tidak mau belajar lagi, tidak menjadikan pelajaran mengapa dia jatuh, maka dia tidak akan pernah bisa mengendarai motor.

Tetapi bagi orang ketika jatuh, ada masalah mau belajar mengapa itu terjadi maka dia akan menjadi lebih pandai. 

Masalah akan selalu muncul dalam kehidupan, jika hanya terus mengeluh dengan masalah tersebut tidak mengambil pelajaran maka akan mudah sekali overthinking.

4. Berprasangka Baik pada Tuhan

Prasangka-prasangka buruk itu semakin memperparah jiwa-jiwa overthinking yang seringkali sampai lupa bahwa ada Tuhun yang Maha Penyayang.

Jika banyak orang atau manusia yang membebani pikiran, lebih baik segera mengalihkan pikiran dengan berprasangka baik pada Tuhan.

Mungkin ini sebagai ujian, atau didikan agar menjadi pribadi yang lebih baik, bijaksana, sabar dan hebat.

5. Menjalani Hobi

Hobi adalah aktifitas yang paling disukai oleh seseorang seperti main sepak bola, membaca, menonton drama korea, atau pergi muncak gunung.

Apapun itu hobi kamu bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan overthinking. Ada baiknya lakukan 4 tahap di atas dulu. Karena bisa jadi saat menjalankan hobi pikiran masih terus terbebani dengan hal-hal yang menyedihkan.

Arti Overthinking dalam Bahasa Gaul

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara