Aplikasi Kasir Jowara

Mengenal Logam Perpaduan dari Tembaga dan Seng

perpaduan tembaga dan seng

Alifandofla.com - Salah satu logam perpaduan dari tembaga dan seng yang terkenal di bawah ini, jawabannya adalah kuningan. Di Indonesia kuningan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan keajinan barang-barang rumah tangga, dan dekorasi yang  terkenal lebih kuat dan tahan korosi.

Kuningan adalah logam yang berasal dari perpaduan tembaga dan seng. Tembaga merupakan golongan logam yang harganya mahal jika dibandingkan dengan besi dan alumunium. Karena itu perlatan berbahan kuningan menjadi lebih mahal dan terkesan mewah.

Kuningan Adalah

Medrupakan hasil campuran dari logam tembaga dan seng, dengan kadar tembaga 60 - 90% dan sisanya adalah seng. Ciri khas yang membedakan tembaga adalah warnanya kemerahan, dan kuningan berwarna kuning keemasan.

Para pengrajin kuningan menyesuaikan kebutuhan penggunaan. Sifatnya yang kuat dan mudah dibentuk membuat kerajinan berbahan kuningan menjadi produk unggul. Barang-barang yang membutuhkan ketahanan dari cuaca, api, dan air cocok dibuat dari bahan kuningan.

Sumber: Pengrajinkuningan.com

Mengenal Tembaga (Cu)

Merupakan unsur kimia (CU) nomor atom 29 termasuk pada golongan logam. Mempunyai dasar warna orange atau merah muda. Sering digunakan sebagai bahan kabel listrik karena sangat baik sebagai penghantar listrik. Tembaga, perak, dan emas berada di golongan 11 pada tabel periodik unsur kimia.

Mengenal Seng (Zn)

Adalah unsur kimia dengan kode (Zn) nomor atom 30, berwarna abu-abu silver. Logam yang rapuh sehingga sejak jaman dulu sudah dicampur dengan tembaga untuk membuat barang-barang logam yang disebut kuningan.

Jadi kita sudah jelas dan paham bahwa logam perpaduan tembaga dan seng adalah kuningan yang sudah sangat banyak digunakan sebagai bahan peralatan rumah tangga, kerajinan, dekorasi, hingga patung yang punyai nilai maha kerena kualitas ketahanan dari bahan kuningan yang lebih baik.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama