Perbedaan Efektif dan Efisien dalam Manajemen

manajemen efektif dan efisien

Alifandofla.com - Memahami perbedaan efektik dan efisien dalam manajemen penting diketahui agar tepat dalam melakukan tindakan dan tidak salah mengambil keputusan. Sebagian orang masih menganggap bahwa efektif dan efisien itu sama.

Manajemen adalah proses pengelolaan, pengaturan, pengorganisasian, dan juga pengendalian suatu sistem atau sumber daya manusia untuk mencapai tujuan tertentu.

Setiap sistem dan anggota kelompok pasti ada manajemen, seperti dari hal kecil seperti manajemen keuangan pribadi, yaitu mengatur dan mengelola keuangan. Hingga manajemen perusahaan yang mengelola dan mengatur mulai dari birokrasi, anggota karyawan, langkah kerja, hingga landasan melaksanakan pekerjaan.

Lalu Bagaimana Perbedaan Efektif dan Efisien dalam Manajemen?

Efektif artinya manajemen harus dijalankan untuk mencapai hasil yang terbaik dari tujuan yang direncanakan atau yang ditargetkan, dengan mengabaikan waktu dan biaya yang harus dikeluarkan.

Misalnya: manajemen sekolah yang mempunyai tujuan agar lulusan siswa yang dihasilkan banyak yang berprestasi tinggi di kancah nasional maupun internasional.

Efisien artinya menjalankan suatu manajemen untuk mencapai tujuan tetapi dengan mempertimbangkan waktu dan biaya yang seminimal mungkin. 

Misalnya: Manajemen sekolah yang efisien bisa membebankan biaya sekolah yang terjangkau, waktu kelas normal tetapi mampu menghasilkan siswa berprestasi. 

Efektif berarti dapat menghasilkan hasil terbaik, dan efisien bisa menggunakan waktu, tenaga dan biaya yang minim.


Sistem Manajemen Sangat Menentukan Hasil

Sebuah manajemen biasanya sudah ada sistem yang jelas dan berlaku untuk mengelola, mengatur, dan menjalankannya. 

Mulai dari manajemen sekala individu, keluarga, lembaga masyarakat, hingga perusahaan. Manajemen tersebut menjadi landasan untuk melakukan setiap langkah kegiatan dan aturan agar tercapai tujuan.

Maka perlu efektif dan efisien agar tujuan yang diharapkan bisa tercapai dengan baik tanpa banyak membuang waktu, tenaga dan biaya.

Seringkali manajemen yang tidak efisien pada akhirnya malah membuang-buang waktu dan biaya. 

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara