Pengertian Tawakal dan Contohnya dalam Kehidupan

pengertian tawakal dan contohnya

Alifandofla.com - Kita sebagai orang beriman sudah seharusnya memahami tentang pengertian tawakal dan contohnya dalam kehidupan. Dalam artikel ini akan membantu menjelaskan apa itu pengertian tawakal dan contoh-contohnya yang bisa kita terapkan dalam hidup.

Pengertian Tawakal

Dalam Al Qur'an maupun hadist Rasulullah ada kata ( يَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ ) yang artinya "dan barangsiapa yang bertawakal pada Allah" yaitu menyerahkan segala urusan kita kepada Allah, dalam menjalankan segala usaha.

Tawakal adalah rasa yakin bagi orang yang beriman kepada Allah yang Maha Tahu dan Maha Bijaksana terhadap segala suatu urusan, mana yang terbaik bagi hamba-hamba Nya. Apapun yang terjadi yakin ada Allah dibalik segala sesuatu, manusia hanya bisa berusaha dan berdoa.

Dengan tawakal akan membuat hati lebih tenang dalam menjalani hidup, tidak akan kecewa berlebihan ketika gagal, dan merasa bahwa apa yang terjadi sudah yang terbaik dari Allah untuk kita.

Dalam Al Qur'an banyak sekali ayat perintah untuk tawakal kepada Allah bagi orang-orang yang beriman.

dan Dia (Allah) memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu. (QS: At-Talaq: 23)

Baca Juga: Pengertian dan Perbedaan Antara Ikhtiar dan Tawakal

Contoh-Contoh Penerapan Tawakal

1. Ujian masuk Universitas, setelah berusaha belajar maksimal kemudian menunggu pengumuman diterima atau tidak, harus disertai tawakal. Ketika diterima artinya memang Allah berikan pilihan terbaik untuk masuk Universitas Idaman, tetapi jika tidak lolos Allah rencanakan kampus lain yang lebih tepat.

2. Berdagang / jualan, orang yang pergi berangkat jualan, atau membuka toko hanya bisa berusaha untuk jualan sedangkan pelanggan yang datang dan membeli kita serahkan Allah yang mengatur rezeki.

3. Mencari Jodoh, seringkali seseorang berusaha keras mengejar orang yang disukai dan dicintainya, tetapi seringkali yang terjadi tidak sesuai keinginan, malah menikah dengan orang lain. Orang yang bertawakal pasti sadar dan menerima bahwa jodoh dari Allah itu yang terbaik.

4. Mencari Rezeki, manusia tugasnya adalah berusaha dan berdoa. Dalam mencari rezeki selama halal apa saja bisa dilakukan, sedangkan nanti rezeki datangnya darimana Allah Maha Kuasa. Ketika hari ini belum dapat, bisa jadi besok, atau lusa pada waktu yang tepat.

5. Mencari Pekerjaan, mencari pekerjaan, melamar kerja adalah aktifitas yang harus menyertakan usaha dan sikap tawakal. Seringkali melamar pekerjaan bukan suatu yang mudah, sering ditolak, sulit mencari pekerjaan. Dengan rasa tawakal akan menjadikan hati tetap yakin untuk mencari jalan pekerjaan paling baik yang nanti bakal Allah tunjukkan.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara