5 Tips Cari Hotel Bagus dan Murah Via Aplikasi Online

 Dari pengalaman saya beberapa kali menginap, atau staycation bahasa gaulnya, di beberapa hotel yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya. Disini saya akan berbagi tips cara mencari hotel yang bagus dan murah dengan smartphone untuk pesan di aplikasi online booking.

Sebelum masuk pada inti tips, mungkin sedikit cerita pengalaman dalam menginap di hotel yang bagus dengan harga inap yang cukup murah. 

Pengalaman:

1 Desember 2021 , saya dan istri wisata ke Bandung daerah Lembang dan Dago selama 3 hari 2 malam. Waktu Itu baru pertama kalinya mau menginap di Bandung, sehingga pasti mencari hotel. 

Pengalaman mencari hotel hanya dengan smartphone memang tidak singkat, kalau saya kurang lebih membutuhkan waktu 1 jam sambil santai scroll scrolling aplikasi. Kebetulan saya menggunakan Tiket dot com. Budget saya hanya mematok harga hotel di kisaran kurang lebih 200-300 ribu per malam. 

Accordia Hotel Bandung

Saya mendapatkan hotel cukup bagus dengan harga hanya Rp 311.900 saja per malam, yaitu Accordia Dago. Saya dan istri cukup senang dengan ruang kamar yang bersih, apalagi ditambah ada balkon di belakang kamar untuk melihat pemandangan Dago dari dataran tinggi. 

Pemandangan Accordia Dago

Suasana bersih sejak dari check in di loby, teras dan juga ruangan kamar bersih. Suasana tenang ada teras di depan kamar bisa untuk merokok. Di dalam kamar disediakan pemanas ada teh, kopi dan gula untuk dua kali seduh. 

26 Februari 2022, Saya istri, dan kedua kakak wisata ke Jogja pada Sabtu 26 Februari, dimana itu adalah long weekend. Jogja tentu saja menjadi kota yang ramai akan dikunjungi wisatawan. 

Dan benar saja berangkat dari Karanganyar jam 2 siang langsung ke Heha Sky View jam 5 sore. Kondisi sangat ramai dan padat sekali. Kemudian lanjut ke Jogja untuk menginap. Sampai di hotel pada jam 19.30, kami menginap di Addila Hotel Syariah Jogja. 

Adilla Syariah Hotel

Kamar Double Deluxe, 1 bed untuk 2 orang hanya Rp 224.500,- per malam. Harga yang cukup murah untuk hari long weekend dengan kualitas kamar yang bagus. 

Dari kedua hotel diatas, petugasnya sangat ramah dan respon terhadap tamu. Baik dan tidak ada kekurangan apapun menurut saya.

26 Desember 2022, Saya dan istri ke Jakarta dan menginap di hotel dengan harga 149.000 di salah satu hotel di Pasar Minggu (tidak saya sebutkan nama hotelnya)

Pertama kali datang sudah kurang nyaman dengan sikap pelayanan "terkesan semaunya" tidak dianggap . Saat itu dalam hati saya hanya terima mungkin karena murah.

Saya tidak banyak menceritakan dengan detail, tetapi beberapa pengalaman tadi sekedar untuk sharing  tips mendapat hotel bagus dan murah ini murni dari pengalaman pribadi. 

Ini 5 Langkah Mendapat Hotel Bagus dan Murah

1. Cari Hotel dengan Harga Minimal 200rb per Malam

Saya sudah cukup sering menginap di hotel di harga 150rb an per malam. Tidak ada yang bisa diharapkan, harga segitu cukup untuk istirahat dan tidur. 

Tetapi untuk tipe dengan harga inap diatas 200rb an setidaknya harus mendapatkan suasana hotel dan ruang interior yang bagus dan bersih. Tentu harga segitu bukan hotel atau kamar mewah, namun kita merasa tinggal di kamar hotel yang "bagus". 

2. Gunakan Aplikasi Terkenal
Traveloka, Tiket atau Reddorz setahu saya dua aplikasi ini paling senior dan banyak menyajikan hotel dari harga paling murah hingga mahal. 

Meskipun ada banyak pilihan aplikasi, dan banyak sekali pilihan hotel, jika kita tidak fokus menetapkan aplikasi mana yang digunakan maka bisa membingungkan. Apalagi pada hotel yang sama, tetapi harga berbeda-beda di setiap aplikasi.

Mungkin justru bisa jadi perbandingan, tetapi jika terlalu banyak perbandingan maka akan cukup merepotkan sendiri.

3. Bandingkan 2 hingga 3 Hotel dengan Harga yang Sesuai Target
Setelah kamu bisa memastikan menggunakan aplikasi, maka pilih 2 hingga 3 hotel dengan dasar (lokasi dan harga) sesuai pilihan kamu.

Mungkin harga tidak bisa sama persis, tetapi akan ada selisih 20-50 rb an, tidak masalah untuk mendapatkan perbandingan mana yang paling tepat dan bagus

4. Perhatikan Jenis Bedroom
Ada 3 jenis bedroom yang sering ada pilihan di hotel

  • Single bed = satu ranjang cukup untuk 1 orang / biasanya jarang
  • Twin Bed = 2 ranjang 1 kamar untuk 2 orang mendapat 1 bed 
  • Double bed = 1 bed untuk 2 orang cocok untuk pasangan, masih muat 3 orang dengan anak kecil

5. Ini Paling Utama,  Lihat di Review Google|
Coba lihat di Adilla Hotel Syariah, pilih filter review terbaru disana akan ada banyak review dari minggu ini hingga beberapa bulan lalu.

Pastikan 80% memberi ulasan baik, tidak ada yang 100% bagus, karena pasti adakalanya pendatang yang suatu ketika tidak sesuai harapan kemudian memberi review buruk. Mungkin saja ketika hotel ramai, tidak mendapat tempat parkir atau lain sebagainya.

Selama banyak memberi ulasan yang baik, maka bisa menjadi pertimbangan utama untuk dipilih

Jangan percaya penilaian atau ulasan di aplikasi, karena bisa mudah di manipulasi. Ulasan di Google tidak bisa dihapus atau di edit oleh pemilik hotel. 

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermaanfaat bagi manusia lainnya, semoga blog ini bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama