Pengalaman Kekurangan dan Kelebihan Kerja di Marketing

Setelah sebelumnya saya menulis tentang pengertian dan gaji kerja di marketing executive, di artikel ini akan saya bagikan pengalaman kekurangan dan kelebihan kerja di marketing. Terutama marketing sales yang bekerja untuk mendapatkan penjualan di produk atau jasa tertentu.

Ada dua jenis marketing yang umum dilakukan, yaitu marketing canvassing dan marketing online. Di era internet seperti ini kebanyakan  sudah beralih ke marketing online, tetapi masih tetap dibutuhkan untuk marketing canvassing karena bisa lebih efisien dalam mengenalkan produk.

kekurangan kelebihan marketing

Pengertian marketing canvassing adalah pekerjaan pemasaran yang banyak bekerja di lapangan, mencari dan berkomunikasi langsung mendapatkan klien atau pembeli dengan melakukan kunjungan untuk menawarkan produk.

Ciri Kegiatan Marketing canvassing
Datang langsung ke lokasi calon pembeli
Menawarkan produk atau jasa
Di lokasi pameran atau tempat-tempat ramai

Jika anda di mall, di tempat event, pameran, atau tempat wisata kemudian di datangi oleh sales yang menawarkan produk itu adalah salah satu contoh kegiatan marketing canvassing yang identik dengan aktivitas bertemu dan berkomunikasi dengan calon konsumen.

Pengertian marketing online adalah kegiatan pemasaran yang menggunakan media online untuk mendapatkan konsumen dengan berbagai media digital seperti website, sosial media, youtube, email dan whatsapp.

Memasarkan secara online saat ini banyak yang menggunakan media seperti OLX, Facebook, Sejasa dan Instagram. Media ini bisa dimanfaatkan untuk memasarkan secara gratis maupun berbayar.

Kekurangan Kerja di Marketing

Jujur saja hanya orang-orang tertentu, entah karena niat yang begitu tinggi atau terpaksa hanya bisa terjun di bidang marketing.

Penuh tekanan target, bagi yang belum terbiasa menjual di bidang sales biasanya 3 hingga 6 bulan pertama sangat penuh tekanan karena sulit untuk mendapatkan pembeli. Rasanya kerja setiap bulan tidak ada hasilnya. 

Ketika satu bulan, dua bulan, sampai tiga bulan tidak menghasilkan penjualan tentu saja dalam hati akan merasa berat. Kita bekerja digaji tapi tidak menghasilkan apa-apa untuk perusahaan, ada tekanan dari diri sendiri dan atasan.

Gaji rendah, bahkan bisa tidak mendapatkan gaji adalah hal biasa di bidang sales marketing. Ada perjanjian tercapai target untuk mendapatkan gaji penuh.

Biasanya ada perjanjian di awal kontrak kerja hanya mendapatkan gaji berapa persen jika tidak tercapai target dan akan mendapatkan gaji full plus bonus jika berhasil tercapai target.

Resiko berbohong kepada calon konsumen seringkali terjadi, demi bisa terjual produk atau jasa yang ditawarkan seorang sales sering berkata tidak sesuai fakta. Misalnya bunga pinjaman rendah padahal bunganya tinggi dan naik setiap tahun.

Pekerjaan terpaksa karena tidak ada peluang pekerjaan lain selain di bidang marketing. Daripada tidak ada pekerjaan lalu dicoba masuk dunia sales dengan iming-iming bonus yang besar.

Kelebihan Kerja di Marketing

Latar belakang orang kaya, jika kita jeli banyak orang kaya yang lahir dari kehidupan sales marketing. Bukan kaya karena bonus yang didapatkan tetapi karena keahlian dalam menjual dan memasarkan.

Mereka pernah menawarkan produk kepada orang-orang dengan banyak penolakan dan akhirnya menjadi ahli pemasar.

Dari berbagai kekurangan bekerja di bidang marketing di atas kita pasti tahu betapa berat bekerja di bidang ini, tetapi jika ditekuni dan diasah, skill pengalaman pemasaran sangat dekat dengan uang dan jalan menuju kaya.

Ahli berkomunikasi, salah satu syarat menjadi orang sukses adalah kemampuan networking. Rata-rata orang sukses pasti mempunyai kenalan atau mitra bisnis.

Tanpa keahlian komunikasi tentu tidak mudah mendapatkan kepercayaan orang lain. Seperti contohnya untuk menjalin hubungan dengan suplier, mitra atau bahkan investor.

Tahu bagaimana cara berkomunikasi yang baik untuk mengambil hati orang lain. Ini bisa diterapkan ketika mempunyai bisnis dan harus berkomunikasi dengan karyawan.

Tanpa komunikasi yang baik, aktivitas karyawan juga akan kurang maksimal.


Niat Bekerja di Marketing

Bonus dan skill komunikasi adalah motivasi saya dulu, tidak munafik bahwa dalam bekerja mendapatkan gaji atau uang adalah motivasi utama. Di bidang marketing bonus yang ditawarkan cukup lumayan ketika tercapai target.

Skill komunikasi akan menjadi bekal paling berharga yang akan kita miliki degan berbagai macam keuntungan. Lebih ahli saat interview dengan HRD di tempat kerja lain, bisa negosiasi menjual produk atau jasa, bisa negosiasi dengan mitra bisnis. 

Jika sudah punya keahlian berkomunikasi, maka target akan mudah tercapai, bonus besar dan menjadi kaya. Banyak teman saya yang bertahun-tahun menetap di bidang marketing rumah, mobil dan properti karena sudah terbiasa berhasil tercapai target.

Marketing yang punya pengalaman dan sering mencapai target akan disayang oleh atasan dan perusahaan, karena tidak mudah bisa menelurkan marketing handal. Butuh pengalaman dan waktu yang lama. 


Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermaanfaat bagi manusia lainnya, semoga blog ini bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama