Apakah Kuliah Itu Penting untuk Masa Depan?

apakah kuliah itu penting

Setelah lulus kuliah kemudian masuk di dunia kerja, dan berasa di masyarakat saya ingin membagikan pengalaman, mungkin saja opini yang saya rasakan tentang apakah kuliah itu penting?

Ada beberapa faktor dan sudut pandang setiap orang soal kuliah, ada orang yang menganggap kuliah itu penting dan ada juga yang tidak.  Mereka punya pendapat dan bukti masing-masing untuk menyatakan.

Saya sendiri sebagai sarjana tidak sepenuhnya merasa kuliah itu penting, dan ada juga hal yang bernilai penting bisa mendapatkan gelar sarjana.

Kuliah tidak penting jika,

Para remaja beranggapan dengan kuliah dan mendapatkan gelar sarjana bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dan gaji yang tinggi.

Penghasilan dan gaji tidak ditentukan oleh gelar sarjana bahkan dengan gelar S2 atau S3 sekalipun, tetapi ditentukan oleh pengalaman, ketrampilan, kecerdasan di bidang kerja yang ditekuni.

Banyak sarjana menganggur dan banyak lulusan SMA atau SMK yang sudah bisa bekerja dengan layak itu fakta. Lulusan SMA bisa bekerja karena dia berawal dari pekerjaan kecil dengan gaji yang rendah tetapi punya pengalaman bekerja yang menjadi nilai.

Apakah lulusan SMA lebih baik dari Sarjana? Tidak 

Yang menjadikan lebih baik di dunia kerja bukan soal lulusan apa, tetapi pengalaman dan ketrampilan.

Fakta banyak sarjana dari kampus-kampus ternama justru hanya bekerja sebagai tenaga hononer. Ini membuktikan bahwa gelar sarjana tidak bisa menjadi landasan untuk mendapatkan pekerjaan dan gaji yang layak.


Kuliah itu penting jika,

Ilmu menjadi nilai penting sebagai landasan dalam menjalankan semua bidang pekerjaan menjadi lebih baik. Setiap bidang pekerjaan membutuhkan orang-orang pandai untuk membawa kesuksesan, inovasi, dan teknologi.

Perusahaan teknologi membutuhkan para ahli matematika, fisik dan kimia untuk menciptakan inovasi. Instansi pendidikan membutuhkan ahli pendidik untuk membawa anak-anak didik menjadi cerdas dan maju. 

Seorang sarjana yang punya ilmu lebih tinggi biasanya lebih mudah mendapatkan posisi yang tinggi, dengan syarat sudah mempunyai pengalaman.

Posisi supervisor dan manager di perusahaan jaman sekarang rata-rata minimal lulusan S1. Mereka lebih paham dengan manajemen, pembukuan dan perhitungan yang sulit.

Kuliah sangat penting dengan bekal ilmu yang tinggi yang bisa diterapkan pada bidang pekerjaan


Kesalahan lulusan fresh graduate

Pada saat kuliah hanya fokus pada mata pelajaran di bangku kampus, fokus pada ujian, IPK tinggi dan lulus dan mendapatkan gelar sarjana.

Ketika lulus mencari pekerjaan dengan harapan mendapatkan posisi dan gaji yang diharapkan. Tanpa tahu kemampuan, ketrampilan, kecerdasan apa yang bisa diberikan. 

Sejak di bangku kuliah seharusnya mahasiswa sudah mulai latihan magang bekerja di bidang yang sesuai dengan jurusan kuliahnya.

Saat lulus mencari pekerjaan sesuai bidang tanpa berpikir gaji, fokus bisa menerapkan ilmu dan bekerja dengan baik. Dengan berjalannya waktu pengalaman itulah yang akan menentukan berapa gajinya.


Kuliah Saat Bernilai di Mata Sosial

Orang tua kamu akan lebih bangga dan merasa sukses ketika anaknya bisa kuliah dan lulus hingga mendapatkan gelar sarjana.

Calon mertua lebih menilai tinggi lulusan S1 daripada lulusan SMA apalagi di dunia modern saat ini yang rata-rata sudah banyak yang kuliah. Jika kamu hanya lulusan SMA akan sulit bersaing di hadapan calon mertua.

Anak-anak kamu kelak juga akan ditanya dan menuliskan pendidikan terakhir orang tuanya apa. Tentu lebih baik jika orang tuanya terakhir pendidikan Sarjana daripada hanya lulusan SMA.


Kuliah yang baik itu

Bukan soal nama kampusnya, kuliah yang baik adalah memilih jurusan yang cocok di bidang yang bisa segera kamu terapkan untuk mulai bekerja dengan ilmu yang di dapat di bangku kuliah.

Misalkan kamu sekolah di sastra Inggris, segera mungkin mengambil pekerjaan di bidang translator, tour guide, kursus bahasa Inggris.

Atau kuliah di jurusan matematika, segera mungkin membuka les privat, mendaftar magang sebagai guru matematika.

Sebelum memutuskan mengambil jurusan apa, pikirkan mau segera bisa bekerja di bidang pekerjaan apa.

Pengalaman dulu teman-teman yang kuliah di bidang teknologi informatika, mereka bisa membuat website yang menghasilkan. Banyak perusahaan ukm yang membutuhkan web dan dibantu dibuatkan dari ilmu yang di dapatkan.

Karena gelar sarjana yang meningkatkan status sosial akan lebih bermanfaat jika bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat di bidang pekerjaan

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama