Yuk Ikuti Cara Buka Puasa Seperti Rasulullah

buka puasa Rasulullah

Sebagai orang muslim ketika menjalankan ibadah puasa mulai dari sahur dan waktu berbuka hal yang terbaik melakukan dengan mengikuti cara Rasulullah, Nabi Muhammad SAW.

Di artikel ini khusus bagaimana cara berbuka puasa mengikuti contoh Rasulullah, dimana di zaman sekarang banyak yang tidak lagi sesuai apa yang dicontohkan nabi kita Muhammad SAW. 

Ada banyak budaya ketika menjelang adzan magrib hingga berbuka puasa yang sekarang banyak dilakukan masyarakat termasuk kita yang kurang tepat.

Kegiatan halal namun tidak sesuai contoh Rasulullah

  • Ngabuburit
  • Acara buka bersama
  • Makan berbuka berlebihan
  • Boros
  • Telat sholat magrib
Hal-hal diatas menjadi sangat umum dilihat dijaman sekarang, suatu hal yang lumrah padahal bisa saja menjadi dosa ketika kita melakukan poemborosan dalam makanan, telat sholat magrib, maksiat saat kegiatan ngabuburit.


Berbuka seperti Rasulullah


1. Berdoa sebelum waktu magrib
Berikut hadits tentang keutamaan berdoa sebelum waktu buka puasa

Diriwayatkan dari Abdullah bin Amr bin al-Ash, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa ketika ia sedang berbuka ada doa yang tak akan tertolak.” (HR. Ibnu Majah).

Waktu sebelum berbuka puasa termasuk ke dalam salah satu waktu mustajab untuk berdoa. Sehingga, dianjurkan bagi umat muslim untuk memanjatkan doa di waktu tersebut, termasuk doa berbuka puasa.

Rasulullah SAW bersabda: “Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak: (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terzholimi.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban).


2. Tidak diluar saat menjelang buka
Usahakan kita sudah berada di rumah atau di masjid untuk menunggu adzan magrib sambil berdoa sebelum menjelang waktu berbuka. 

Bukan malah sibuk masih dijalan, ngabuburit atau dalam perjalanan yang menyebabkan telat berbuka puasa bahkan telat sholat magrib


3. Berdoa saat berbuka puasa
Sebelum makan atau minum membatalkan puasa dimulai dengan ucapan "Bismillahirrohmanirrohim'

Kemudian minum air lalu mengucapkan doa 


Doa erbuka puasa menurut hadis Sunah Abu Daud

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

Dzahabaz zhama'u wabtallatil 'uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah.

Artinya: “Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah.”


4. Menyegerakan berbuka puasa

Saat adzan dikumandangkan segera mungkin untuk berbuka puasa karena ini disunahkan Rasulullah. Bukan malah menunda karena berbagai macam aktifitas.

Sesuai dalam hadits Rasulullah  untuk menyegerakan berbuka puasa

Rasulullah SAW bersabda: “Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari dan Muslim).


5. Berbuka dengan air dan kurma sebelum sholat
Berbuka cara Rasulullah justru tidak perlu repot repot menyiapkan berbagai macam menu makanan apa saja ada dari es buah, gorengan, kue hingga nasi.

"Rasulullah SAW biasanya berbuka dengan rothb (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada rothb, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air." (HR. Abu Daud dan Ahmad).

Cara yang dicontohkan oleh Nabi ini dalam hal kesehatan sangat baik. Ketika perut kosong diisi terlebih dahulu dengan makanan segar (kurma) sehingga tidak terjadi gejolak hormon. 


6. Tidak makan berlebihan
Saat berbuka puasa jaman sekarang ini malah menjadi pelampiasan untuk banyak makan, membeli berbagai macam makanan hidangan buka puasa.

Padahal Rasulullah adalah pribadi yang sederhana dalam hal makan. Tetapi banyak umatnya yang lupa untuk mencontoh.

Budaya makan berlebihan saat buka puasa menjadi hal umum yang lumrah, padahal ini kurang baik untuk kesehatan dan juga pemborosan.


7. Segera sholat magrib
Waktu berbuka dengan kurma dan air cukup sesaat setelah adzan magrib lalu segera siap-siap mengambil air wudhu untuk menjalankan sholat magrib berjamaah.

Sebagai laki-laki sebaiknya segera datang ke masjid, atau jika jauh bisa berjamaah dengan keluarga dirumah mengajak untuk segera melaksanakan sholat magrib.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama