7 Contoh Usaha Modal Kecil Cepat Dapat Uang

contoh usaha modal kecil

Di sini saya akan berbagi tentang usaha modal kecil bisa cepat dapat uang. Tapi perlu kamu pahami bahwa semua usaha dengan modal kecil juga pasti mendapatkan uang yang kecil.

Maka dari itu ketika kita memulai usaha dengan modal yang kecil yang di fokuskan adalah bagaimana bisa cepat menghasilkan uang, kemudian mendapat untung, lalu uang diputar lagi untuk memperbesar usaha. 

Banyak orang yang berambisi cepat mendapatkan banyak uang, pada kenyataannya hal tersebut hampir mustahil, untuk mendapatkan banyak uang seseorang harus menggunakan banyak cara. 

Untuk menghasilkan banyak uang bahkan bukan sekedar kerja keras, tetapi juga kerja cerdas, membangun relasi, terus belajar mengasah kemampuan, hingga membangun tim perusahaan.

Ini adalah contoh usaha modal kecil yang mungkin bisa kamu lakukan dengan tujuan cepat mendapatkan hasil.

1. Jual jasa ketrampilan

Setiap manusia sebenarnya punya ketrampilan khusus yang bisa dijual kepada orang lain. Seperti saya punya ketrampilan membuat website. Saya tawarkan kepada orang-orang yang ingin membuat web bisa saya buatkan.

Apa kira-kira ketrampilan yang kamu miliki?

Sebagai contoh paling mudah, ketrampilan membersihkan dan menata ruangan, pasti hampir semua orang bisa. 

Kamu bisa menawarkan ke kenalan yang sibuk untuk jasa membersihkan dan menata kamar dengan bayaran Rp 50.000 . 

Hanya butuh waktu 1-2 jam saja untuk membersihkan dan menata ruangan kamu bisa mendapatkan Rp 50.000. Pasti ada saja orang yang butuh dirapikan kamar atau ruangan rumah mereka.

Ketrampilan mengecat rumah, menggambar, atau membuat desain visual untuk sosial media semua bisa ditawarkan secara langsung maupun online.

Apalagi jika kamu punya ketrampilan yang jarang orang bisa seperti servis HP, bisa pasang kabel listrik, atau bisa membangun kandang ayam itu juga ketrampilan yang dapat kamu tawarkan.

Tawarkan jasa ketrampilan di Facebook grup lokal daerah.

Nah jadi apa nih ketrampilan kamu yang bisa segara ditawarkan?


2. Jasa buat video Tiktok

Sekarang banyak sekali pengusaha yang ingin masuk ke Tiktok tapi malas belajar membuat video, tetapi demi mengikuti perkembangan zaman pengusaha harus mempunyai video-video Tiktok yang menarik.

Terutama pebisnis-pebisnis kuliner seperti tempat makan kekinian

Kamu bisa tawarkan jasa buat video berdurasi 30-60 detik saja dengan konten bisnis mereka, satu video Rp 20.000 - 30.000 saya rasa akan lebih mudah diterima.

Pastikan editing video kamu bagus dan rapi agar konsumen tidak kecewa dengan bayaran, bisa order lagi. Karena biasanya untuk video Tiktok itu butuh banyak uploud.

Maka dari itu tawarkan jasa buat vt yang murah meriah saja asal konsumen setiap hari bayar karena kita rutin buat.

3. Beli Online Jual Langsung

Kamu pasti tahu kan barang-barang di online sangat murah?

Nah kamu bisa beli grosir10 item dengan 5 varian satu kategori. 

Maksudnya adalah misalkan kamu memilih kategori alat dapur, kamu pilih 5 jenis yaitu pisau, spatula, talenan, centong, atau pengasah pisau.

Ketika kamu menjual satu kategori maka target marketnya akan lebih mudah dicari, tentu saja ibu-ibu.

Kamu beli barang yang kira-kira murah harganya kurang dari Rp 10.000. Kemudian dijual langsung mengambil untung 2000-3000 per barang.

Dimana tempat jualnya? 

Di lokasi yang banyak ibu-ibu atau emak-emak. Seperti tempat wisata, area pengajian, lokasi pabrik, pasar dll.

Baca juga: 5 Langkah Usaha Tanpa Modal

4. Repacking snack camilan

Ini sedikit membutuhkan banyak modal, tetapi bisa dijalankan dengan modal kecil kurang dari 500.000. Kamu cari makanan snack yang sedang viral disukai banyak orang.

Pergi ke pasar tempat grosir dalam jumlah besar yang harganya murah, atau bisa membeli online yang masih ada fitur gratis ongkir. Grosir dalam jumlah besar sedikit bermasalah dengan ukuran dan ongkos kirim.

Setelah mendapatkan ide snack yang pas, selanjutnya tinggal kemas kecil-kecil kemudian titipkan di titik-titik warung makan. 

Kenapa warung makan?

Karena kebanyakan orang setelah makan masih ingin nyemil. Dengan menitipkan di warung-warung maka kemungkinan cepat laku lebih besar.


5. Antar jemput pribadi

Jika kamu saat ini tidak sedang dalam pekerjaan tetap yang harus masuk dari pagi hingga sore, kamu bisa menawarkan jasa antar jemput ke anak-anak sekolah tetangga yang orang tua mereka kesulitan antar jemput.

Berikan harga yang lebih murah dari ojek online, jika di aplikasi ojek online sekali jalan Rp 15.000 kamu bisa menawarkan Rp 10.000. 

Mungkin kecil hasilnya tapi 10..000 - 20.000 pet hari cukup lumayan bisa jadi tambahan sampingan untuk beli beras 1 Kg setiap hari. 

Jika lokasi kamu di kampung, justru bisa memberi tahu warga bahwa kamu melayani antar jemput harga lebih murah dari ojek online. 

6. Marketing lepas

Istilah jaman dahulu adalah makelar atau orang menjualkan barang orang lain, ketika terjual dia akan mendapatkan komisi.

Kalau di jaman sekarang ada affiliate, itu sama saja juga proses menawarkan barang dagangan orang lain (di marketplace) jika terjual nanti akan mendapatkan barang.

Menurut saya Affiliate lebih sulit karena harus mempunyai akun media sosial yang ramai dan jago membuat konten untuk penawaran produk.

Kamu bisa mencari produk-produk yang harganya cukup mahal seperti hp bekas, laptop, mebel, sepeda motor, mobil, dan rumah. 

Kamu bisa menawarkan diri kepada penjual sepeda motor atau mobil bekas untuk menjadi marketing lepas dengan bagi hasil 5%.

Jika bisa menjual motor seharga 10 juta kamu bisa mendapat komisi 500 ribu, cukup lumayan kan.


7. Penjual jajanan di lokasi event

Lokasi event merupakan ladang basah tempat yang laku menjual berbagai aneka jajanan. Di kota-kota dekat dengan alun-alun pasti sering sekali ada event seperti konser, pasar malam, pengajian, jalan santai dan lain sebagainya.

Kamu bisa memilih menjual makanan yang praktis dan higenis di tempat-tempat ini. Misalnya minuman seduh seperti kopi, roti dan kue, cilok, dan aneka macam makanan lain.

Lebih baik menjual dengan menyesuaikan keadaan. Jika keadaan sedang panas kamu bisa menjual minuman dingin kemasan. Jika suasana hujan dan dingin bisa menjual yang hangat seperti kopi seduh.


Apakah ada yang sulit?

Contoh-contoh usaha modal kecil yang cepat mendapatkan uang diatas saya kira tidak ada yang sulit jika kamu punya kemauan untuk berusaha daripada meminta-minta atau ngamen. Kecuali kamu orang gengsi mungkin akan berat melakukan itu semua.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara