9 Ide Jajanan Lebaran Anti Maenstream Dijamin Enak

Saat hari raya Idul Fitri tiba pasti kita semua akan merayakannya dengan saling berkunjung bersilaturahmi ke rumah tetangga dan saudara. Budaya baik ini juga disertai dengan saling memberikan bingkisan lebaran, hampers dan juga sajian makanan jajanan lebaran yang ada di meja untuk para tamu.

Nah di artikel ini kita akan membahas tentang jajanan lebaran yang bisa untuk sajian para tamu di rumah atau juga bisa menjadi pilihan bingkisan kepada saudara atau teman.

Nastar, kastangel, dan beraneka macam wafer dan biskuit mungkin sudah sangat umum menjadi snack Idul Fitri yang hampir selalu ada di setiap rumah. Karena itu disini akan memberikan ide jajanan lebaran yang enak tapi anti maenstream. 

Disini ada ide untuk jajanan lebaran gurih dan juga manis untuk dijadikan hidangan atau bingkisan saat hari raya.

1. Kacang Mede

jajanan lebaran kacang mede
Jika menjadi menu sajian di meja kemungkinan akan paling cepat habis, karena kita tahu salah satu kacang paling enak di Indonesia adalah kacang mede.

Ukurannya yang kecil membuat orang tidak bimbang untuk mengambil dan makan. Pada saat hari raya dimana-mana ada makanan biasanya orang-orang perutnya menjadi kenyang dan enggan makan makanan yang terlalu besar porsinya.

Taruh kacang mede di dalam toples ukuran sedang untuk disajikan di atas meja untuk para tamu lebaran yang datang.


2. Kacang Almond

kacang almond

Jika ingin jajanan lebaran yang lebih mewah  bisa dicoba untuk menyajikan kacang almond. Kacang yang penuh dengan gizi dan protein ini pasti akan menjadi menu yang paling berbeda di rumah anda.

Anda bisa mencari dalam jumlah besar di toko online. Harga kacang almond memang ebih mahal dari kacang mede, tetapi akan sepadan dengan rasa dan kualitas yang diberikan. 

Dengan ukuran yang kecil pasti banyak tamu yang ingin mencoba mengambil dan makan menu kacang almond yang anda sajikan di meja.


3. Keripik Kentang

keripik kentang
Menu keripik kentang masih sangat jarang dipilih hingga saat ini, padahal hampir semua orang jaman sekarang tahu dan cukup suka dengan camilan satu ini.

Anda bisa ide membuat sendiri jika punya alat untuk mengiris menjadi tipis-tipis. Saat disajikan di dalam toples, tamu akan dengan senang hati mengambil keripik yang tipis dan renyah untuk dimakan tanpa khawatir kekenyangan.


4. Keripik Pangsit

keripik pangsit
Siapa sih orang Indonesia yang tidak suka pangsit. Gurih dan cara membuatnya cukup mudah hanya dengan kulit lumpia dipotong-potong dengan ukuran sesuai selera lalu digoreng.

Menu keripik ini kelihatannya murah tetapi banyak yang suka karena bisa dimakan dalam jumlah kecil tidak terlalu membuat perut kenyang saat lebaran bertamu ditawari untuk makan.


5. Emping Melinjo

sajian emping melinjo
Makanan khas Indonesia yang banyak disukai anak muda tapi cukup ditakuti oleh orang tua. Jika ada para remaja atau keluarga muda berkunjung pasti akan tertarik untuk mencicipi emping melinjo.

Entah mengapa emping melinjo ini banyak disukai, memang rasanya khas gurih sedikit pahit dengan citarasa yang enak. Sama seperti jenis keripik yang ringan saat dimakan tidak akan membuat perut terlalu kenyang memang cocok untuk disajikan saat lebaran.


6. Wafer Stick
wafer stick astor
Sedikit maenstream tapi kita juga perlu menyediakan jajanan yang disukai anak-anak. Astor biasanya banyak anak kecil yang suka. 

Di toko banyak sekali merek wafer stick seperti astor dari yang murah hingga mahal, ada yang berwarna coklat dan warna-warni.

Memang kalau astor ini untuk menu para anak-anak kecil yang mereka pasti kurang suka dengan menu keripik atau kacang.

7. Snack anak-anak

jajanan lebaran disukai anak-anak
Masih memikirkan menu untuk anak kecil paling cocok jajanan snack ringan harga 500 sampai 1000  rupiah yang ukurannya kecil tetapi bungkusnya menarik untuk anak-anak kecil.

Pilihan seperti: Fullo, Ahh Nabati, Chocolatos

Anda bisa mencari di toko-toko grosir jajanan yang biasanya menjual satu pack snack harga 500 an ini.

8. Buah kecil dan berkulit (Jeruk, Kelengkeng, Salak)

kelengkeng enak
Maksudnya adalah memilih buah yang disajikan masih ada kulitnya. Tamu mengambil bisa mengupas dan makan sendiri, karena akan terlihat lebih segar dan bersih. Bukan jenis yang disajikan sudah di kupas seperti semangka dan melon. 

Tujuannya apa? ukuran yang kecil membuat orang tidak ragu untuk mengambil dan makan, misalnya saja kelengkeng. Ukuran kecil tamu bisa ambil 2 hingga 3 butir tanpa merasa takut kekenyangan. 

Selain itu buah juga sangat cocok dihidangkan dimana saat lebaran makanan dipenuhi dengan segala jenis masakan, roti, biskuit, keripik yang terkadang membuat perut malas dan begah untuk makan.


9. Jelly Pudding

jelly pudding
Jajanan warna-warni yang segar ini cocok untuk disajikan saat lebaran yang semua orang suka. Pada waktu hari raya biasanya makanan serba eneg, mulai dari nasi, opor, roti, kue. Nah, jelly puding ini bisa menjadi pilihan yang lebih segar dan ringan dimakan.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara