Aplikasi Kasir Jowara

9 Makanan Penambah Berat Badan Bisa Lebih Cepat

makanan untuk menambah berat badan

Kebetulan istri saya juga sedang menjalankan program menambahkan berat badan, jadi saya ikut tahu apa saja makanan penambah berat badan yang bisa dipilih selain dari makan nasi yang sudah pasti dimakan setiap hari.

Nasi tentu sudah menjadi makanan yang setiap hari dimakan dua hingga tiga kali sehari. Bagi orang yang tubuhnya cenderung kurus pasti tetap kurus meskipun sudah makan tiga kali sehari.

Nah maka dari itu saya bagikan tips untuk menambahkan menu makanan dibawah ini mana yang paling mungkin bisa kamu makan untuk membantu menambah berat badan.

Catatan:
Pastikan kamu minimal makan sumber karbohidrat seperti nasi, roti, atau mie minimal 3 kali sehari dengan jumlah total kalori minimal 1700 kalori. 

Porsi makan orang bertubuh kurus seperti istri saya sekali makan kurang lebih hanya mendapatkan 350 kalori saja, sehingga jika 3 kali makan hanya mendapatkan 1300 kalori. 

Untuk menambah berat badan tentu saja memerlukan tambahan kurang lebih 500 kalori yang bisa ditambahkan dari beberapa makanan berikut ini.

Rekomendasi Makanan Tambahan untuk Menambah Berat Badan

1. Alpukat

Kandungan lemak yang sehat dari alpukat menjadi rahasia mengapa buah ini selalu menjadi rekomendasi untuk dimakan. Baik saat melakukan diet atau menaikkan berat badan itu pasti akan berhubungan dengan lemak tubuh.

Lemak sehat dari alpukat dapat bermanfaat bagi tubuh dan mengontrol kadar gula dalam darah. Dalam satu buah alpukat banyak kandungan lemak, protein dan vitamin K. Satu buah alpukat rata-rata bisa mengandung 180 kalori. 

2. Kacang-kacangan

Jika di Indonesia paling mudah di dapatkan itu kacang tanah dan kacang mede, selain mudah harganya juga murah. Kacang garing sangat mudah ditemukan di toko dan minimarket yang bisa jadi pilihan cemilan makanan penambah berat badan.

Kacang itu sangat tinggi kalori dan tinggi protein yang pastinya sangat cocok untuk membantu menambah berat badan. Bagi yang mempunyai badan kurus sebaiknya mulai suka nyemil kacang untuk mendapatkan ekstra kalori.

3. Kentang Goreng

Siapa sih yang ga suka dengan kentang goreng, menu yang sekarang jadi andalan untuk cemilan di cafe-cafe dan bioskop ini memang sangat tinggi kalori.

Kentang salah satu sumber karbohidrat sama dengan nasi, apalagi jika digoreng maka  akan bertambah banyak kadar kalorinya. 

Satu piring kentang goreng itu bisa 300 sampai 400 kalori setara makan 1 piring somay. Apalagi jika ditambah dengan saos, selain lebih nikmat juga lebih tinggi kalorinya.

4. Telur

Jika buat yang lagi program menambah berat badan, sangat cocok makan dengan telur goreng dadar atau ceplok. Kebalikan untuk yang diet dianjurkan makan telur rebus. Kandungan protein yang tinggi dalam telur memang bagus untuk membantu menambah masa otot bagi si kurus.

Jika bisa ditambah dengan olahraga angkat beban dalam waktu singkat untuk melatih otot dan memanfaatkan nutrisi dari protein. Jika masa otot bertambah maka berat badan juga akan bertambah.

5. Ayam goreng tepung

Bahasa yang umum fried chicken, ya ayam goreng yang dilapisi dengan tepung itu tinggi kalorinya cocok untuk menambah jumlah kalori untuk menaikkan berat badan. Bisa membeli di KFC atau boleh juga di penjual ayam goreng seperti Lazatoz atau Rocket Chicken.

Bisa dimakan untuk lauk dengan nasi hangat yang pastinya lezat dan enak. Ayam goreng tepung ini satu porsinya bisa mencapai 300 kalori apalagi jika ditambah dengan nasi. 

6. Roti

Jenis-jenis roti yang dijual di minimarket satu bungkus bisa mengandung 250 kalori, jika buat cemilan sangat lumayan bagi yang ingin menambah berat badan.

Secara umum roti yang manis, gurih dan lembut seperti donat itu juga tinggi kalori sehingga dapat memberikan kalori tambahan yang cukup banyak.


7. Selai

Makan roti ditambah dengan selai juga bisa membantu menambah berat badan. Selai  coklat, kacang atau selai strobery mana yang paling disukai. 1 sendok selai coklat bisa mengandung 80 kalori, cukup lumayan banyak.

Istri saya lebih suka makan roti tawar ditambahkan dengan selai, selain porsinya besar buatnya juga simple. Bisa dimakan langsung atau dipanggang menjadi roti bakar rasa selai.

8. Susu

Setiap orang itu punya selera masing-masing soal minum susu. Contoh saja istri saya lebih suka susu Dancow, kalau saya lebih suka Milo. Kalau bisa sehari ditambah minum susu 1 hingga 2 gelas dengan rasa yang paling disukai, jadi minumnya dengan nikmat.

Susu tentu bagus karena biasanya cukup banyak nutrisi mulai dari lemak, protein dan vitamin jika dibandingkan dengan makanan lain.


9. Buah dan Sayur

Nah agar gizi tubuh tetap seimbang, vitamin banyak diperoleh dari buah dan sayuran segar. Maka dari itu usahakan menu makanan setiap hari ada yang lauk sayur, mimimal satu kali makan dengan sayur sop, sayur asem atau lalapan.

Sayur dan buah merupakan sumber vitamin dan serat yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Bagus untuk usus sehingga nutrisi tersalurkan ke seluruh bagian tubuh dan juga memudahkan untuk buang air besar.

Penyaluran nutrisi yang baik juga akan berdampak baik pada penambahan berat badan dari setiap organ dan jaringan tubuh.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama