Aplikasi Kasir Jowara

Tips Agar Berat Badan Tidak Turun saat Puasa

agar berat badan tidak turun saat puasa

Bagi orang-orang yang bertubuh kurus, saat menjalankan puasa bisa menjadi ketakutan berat badan akan turun. Nah di artikel blog ini akan membantu berbagi tips agar berat badan tidak turun saat menjalankan puasa.

Memang banyak makan saat malam hari adalah suatu hal yang tidak mudah bagi si kurus. Makan pada saat waktu buka bisa kenyang sampai waktu sahur. Memaksakan untuk makan pada waktu malam hari membuat begah perut.

Tetapi jika hanya makan dua kali sehari saat sahur dan berbuka, pada saat siang hari puasa sudah dipastikan akan turun berat badan .

Menjaga berat badan agar tidak turun saat puasa

Menjaga asupan 1800 kalori per hari

Kamu tidak perlu menghitung harus makan apa saja karena akan saya berikan contoh yang lebih mudah. Rata-rata orang berbadan ideal cukup 1800 kalori saja untuk menjaga berat badan pada saat menjalankan puasa.

1. Sahur tinggi kalori

Makanan tinggi kalori itu yang manis manis dan berkarbohidrat tinggi seperti roti, kurma dan susu. Seringkali kebanyakan hanya sahur nasi sedikit dan lauk karena pada saat sahur tidak terasa lapar itu hanya 250 kalori.

Saran saya makan dengan 5 biji kurma, roti dan susu itu sudah mendapatkan 500 kalori

2. Buka puasa pembuka dengan ta'jil

Sebaiknya saat adzan mulai berbuka makan buah segar atau es buah secukupnya. Bisa juga dengan kurma jika mau jangan makan lebih banyak dulu. 

Es buah yang terdapat beraneka macam buah dengan tambahan susu dan gula bisa mendapatkan 200 kalori.

3. Makan setelah sholat magrib

Tunggu hingga perut sudah mulai lapar dan makan cukup banyak dengan menu makan yang paling diinginkan. Bisa nasi padang, nasi ayam, mie ayam atau bakso

Sebanyak mungkin bisa makan tinggi karbohidrat bisa mendapatkan 600 kalori.

Hindari menambah cemilan yang menyebabkan semakin kekenyangan, karena jam waktu makan camilan nanti jam 8 - 9 setelah sholat tarawih

4. Camilan setelah sholat tarawih

Sediakan camilan yang disukai dan sebanyak mungkin bisa makan, ditambah minuman yang disukai seperti es coklat, teh, kolak, atau es buah.

Cari alternatif minuman yang lebih sehat dan alami, camilan ditambah minuman manis sudah mendapatkan 400 hingga 500 kalori.

Nyemil dan minum manis di malam hari bisa jadi kunci menjaga berat badan, karena pada umumnya jalrang yang melakukan ini karena masih merasa kenyang.

5. Berhenti makan sebelum jam 9 malam 

Tips agar pada saat waktu sahur bisa lapar segera berhenti makan sebelum jam 10 malam karena secara kesehatan juga waktu malam organ tubuh mulai beristirahat.

Selain itu dari jam 9 hingga jam setengah 4 pagi waktu sahur makanan sudah cukup lama sehingga tidak terlalu begah untuk makan sahur.

Biasanya bagi si kurus masih akan terasa kenyang, tetapi dengan menjalankan tips makan sahur dengan menu makanan instan tinggi kalori dan susu akan lebih mudah daripada makan nasi.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama