Aplikasi Kasir Jowara

Ini Kelebihan Pilih Mudik Naik Bus dibandingkan Kereta Api

kelebihan naik bus

Mudik naik bus menjadi pilihan saya karena tidak ada syarat yang ribet seperti kereta api. Syarat naik bus cukup menggunakan masker dan memastikan sudah membeli tiket sesuai jurusan yang dituju, tidak ada syarat lain seperti harus menunjukan sertifikat vaksin.

Semenjak gara-gara pandemi, perjalanan jarak jauh banyak aturan yang berlaku dengan berbagai macam syarat yang menurut saya menyulitkan seperti harus menunjukan sertifikat vaksin booster 2 bahkan harus booster 3 dengan aplikasi peduli lindung. 

Sekarang saat pandemi sudah berakhir banyak tempat-tempat keramaian sudah beraktifitas normal bahkan sudah boleh tanpa mengenakan masker. 

Berbagai Kelebihan Naik Bus dibandingkan Kereta Api

Bisa memilih pool bus terdekat

Bus banyak mempunyai agen dan pool pemberangkatan yang bisa dipilih sesuai lokasi terdekat penumpang. Tidak seperti kereta api, kita pasti harus ke stasiun utama.

Tentu saja jika jarak ke pool lebih dekat dibandingkan ke stasiun akan mempermudah dan juga lebih hemat ongkos perjalanan.

Tujuan juga lebih dekat alamat rumah

Dibandingkan dengan kereta api, agen pemberhentian bus jauh lebih banyak karena punya banyak akses jalan dan terminal di setiap kota.

Kereta hanya bisa berhenti di terminal kota untuk kelas executive dan di terminal kecil untuk kereta kelas ekonomi.

Jika Telat masih ditunggu

Memang para supir bus itu baik-baik mereka masih mau menunggu penumpang yang belum datang. Kadang ada yang sampai telat 30 menit.

Tapi buat para pecinta bus tolong lah jangan sampai kelamaan telat, kasihan penumpang lain yang juga ikut nunggu kamu bus gak segera berangkat.

Kalau kereta api telat 1 menit saja pasti sudah ditinggal, karena kereta api sekarang berangkat on time seusai jadwal yang tertera di dalam tiket.

Gratis 1 kali makan, snack dan air mineral

Hampir semua bus antar provinsi dengan perjalanan lebih dari 6 jam pasti ada gratis tiket makan. Juga diberi snack dan air mineral untuk teman nyemil di perjalanan.

Pengalaman saya naik bus menu makan di rumah makannya lumayan enak-enak loh.

Salah satu contoh yang pernah saya tumpangi, bus Sudiro Tungga Jaya tempat makanya bisa menyediakan sampai 3 menu pilihan. Saya lihat banyak yang mengambil porsi cukup banyak loh

Rosalia Indah punya Ros-In yang mewah di daerah Batang, menu nya biasanya Timlo Solo, ruangannya bersih bagus dan juga ada banyak penjual yang kita bisa jajan di sana.

Bisa bawa motor sekalian

Beberapa PO bus ada yang bisa sekalian bawa motor (tiket motor sendiri) anda  bisa tanyakan langsung ke agen apakah bisa bawa motor sekalian.

Saya sudah pengalaman 3 kali naik bus sekalian bawa motor

Bus biasanya hanya muat 1-2 motor saja, di bagasi bus jenis Super High Deck. Pengalaman saya bus Harapan Jaya dan Sudiro Tungga Jaya.

Tiket motor dibawa bus beda-beda tinggal besar kecil ukuran motor, dan jarak dari asal dan tujuan. Berkisar Rp 500-800 ribu rupiah sekali bawa

Kekurangan Naik Bus dibandingkan Kereta

Di waktu-waktu ramai seperti arus mudik dan balik, bus sering telat dan juga durasi tempuh lebih lama bisa sampai 1 hingga 3 jam

Toilet bus kebanyakan ukurannya sempit tidak seperti kereta api yang punya toilet rata-rata cukup luas.

Sistem tiketnya masih ada agen bus yang nakal, suka ganti-ganti semaunya ke penumpang yang sudah beli tiket. Melebihkan harga di hari H, ganti armada bus, mengganti posisi tempat duduk 

Semoga agen nakal seperti ini diberantas.

Selain kedua hal tersebut menurut saya masih lebih banyak kelebihan naik bus dibandingkan dengan kereta. 

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama