5 Contoh Sikap Rendah Hati Pada Diri Seseorang

contoh sikap rendah hati

Rendah hati adalah sikap baik yang seharusnya ditanamkan pada setiap manusia, diajarkan sejak dia kecil dan tumbuh dewasa. Sikap rendah hati kebalikannya dengan sikap sombong, dua sikap berlawanan yang dimiliki oleh manusia.

Semoga kita adalah orang yang mempunyai sikap baik ini, dan terhindar dari sikap sombong. Orang rendah hati lebih mudah berteman dengan banyak orang, disukai dan jauh dari penyebab rasa benci dan iri.

Rendah hati adalah sikap atau perilaku seseorang yang menunjukkan rasa menerima kelemahan atau keterbatasan dirinya, sehingga memandang rendah orang lain. Meskipun dia punya kelebihan, jiwa seseorang yang rendah hati tidak menjadi sombong atau arogan dalam bersikap, Tetap mau menerima dan belajar dari pengalaman dan pendapat orang lain.

Sikap rendah hati juga melibatkan kemampuan untuk mengakui kesalahan dan kegagalan, serta meminta maaf bila diperlukan. Seorang yang rendah hati tidak memperlihatkan sikap angkuh dengan kekuasaan atau memamerkan kekayaan untuk untuk mendapatkan pujian orang lain.

Contoh Sikap Rendah Hati

1.  Mudah meminta maaf

Contoh sikap rendah hati yang paling mudah ditemukan adalah jiwa mudah minta maaf. Manusia pada dasarnya pasti bisa berbuat salah hampir setiap hari.

Orang rendah hati tidak akan sungkan apalagi merasa berat hati untuk segera meminta maaf ketika berbuat salah. Dia cepat menyadari dan mengakui kesalahan.

Sebaliknya sedangkan orang sombong justru dia akan susah meminta maaf ketika bersalah dan mencari-cari apa kesalahan orang lain.

2. Suka belajar 

Orang rendah hati biasanya tidak merasa paling pintar sehingga suka untuk terus belajar. Dia mau belajar dari orang lain, belajar dari buku maupun kursus.

Pada saat belajar dia juga lebih mudah menerima ilmu dan nasehat yang telah disampaikan oleh gurunya. Dia selalu merasa masih butuh belajar karena dirinya masih belum banyak tahu.

Hatinya terbuka punya kemauan untuk belajar, tahu bahwa melihat belajar sebagai investasi untuk masa depan. Bersemangat dan antusias dalam mencari tahu hal-hal baru atau mempelajari materi baru. Terbuka dan senang menerima kritik atau masukan dari orang lain untuk memperbaiki diri. Selalu ingin tahu dan mempertanyakan hal-hal yang belum dimengerti.

3. Menghargai pendapat orang lain

Contoh sikap rendah hati dengan bisa menghargai orang lain. Contohnya mendengarkan ketika orang lain berbicara, dan menunjukkan minat terhadap topik yang dibicarakan. Memberikan perhatian dan kehadiran ketika orang lain membutuhkan bantuan atau dukungan.

Menghormati perbedaan pandangan, pendapat dan juga menghargai waktu dan usaha mereka dengan tidak merugikan atau membuang-buang waktu mereka. Mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi ketika ada orang yang melakukan hal baik atau memberikan kontribusi yang positif.

4. Tidak mudah kecewa

Biasanya orang yang mudah kecewa karena tidak menerima kegagalan atau kritikan orang. Sebaliknya sikap rendah hati itu sadar akan kelemahan dan kesalahan diri sendiri.

Sehingga ketika ada masalah, usahanya gagal, atau mendapat kritikan dari orang dia tidak mudah menunjukkan sikap kecewa, tetapi justru mau belajar lebih baik lagi.


5. Tidak suka pamer
Pamer dan ingin dipuji adalah karakter yang dimiliki oleh hampir semua manusia. Pada dasarnya manusia memang suka dipuji tetapi bagi orang rendah hati dia tidak suka pamer untuk mendapatkan pujian.

Apakah dia pamer kepintaran, pamer kendaraan, pamer jabatan dan pekerjaan. Sikapnya biasanya saja meskipun punya pekerjaan bagus, tetapi bisa bergaul dan merakyat dengan semua kalangan.

Kadang sikap pamer itu terjadi secara tidak sadar, karena pada dasarnya manusia suka menunjukkan kelebihannya. Tapi asal tidak pamer dengan merendahkan orang lain itu masih tahap wajar.


Perbedaan rendah hati dan murah hati

Rendah hati adalah sikap menghormati dan menerima pendapat dan perbedaan menghargai orang lain. Tidak angkuh sehingga jika bersalah mau mengakui kesalahan dan mudah meminta maaf.

Sedangkan murah hati adalah sikap suka menolong orang lain, memberi sesuatu seperti makanan dan hadiah, ringan memberi bantuan baik secara langsung dengan tenaga maupun dengan uang.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Aplikasi Kasir Jowara