Aplikasi Kasir Jowara

Jual Emas di Pegadaian vs Toko Emas Lebih Baik Mana

Jual emas di toko atau Pegadaian

Saya punya emas batangan 2 gram hasil membeli online. Lalu pernah sempat mencoba mau menjual di toko emas di kota terdekat dan di Pegadaian tetapi tidak jadi. Punya emas perhiasan, batangan,  Antam, atau LM memang sebuah investasi, tetapi kadang-kadang kita bingung mau menjual kemana emas tersebut.

Ternyata menjual emas jika tidak di toko tempat asal beli dengan surat lengkap harganya akan turun hingga 90%-80 % dari nilai harga jual asli. Kita pasti tahu harga jual dan harga beli emas itu berbeda-beda setiap toko.

Harga beli emas adalah harga saat orang membeli. Sedangkan harga jual adalah harga ketika seseorang menjual emas ke toko. Biasanya ada selisih harga jual dan harga beli antara 100 - 150 ribu.

Jual emas di Pegadaian apakah bisa?

Jawabannya hanya bisa menjual emas yang dibeli dari Pegadaian dan tidak menerima jual emas yang dibeli dari toko atau butik lain. Jadi hanya bisa menjual emas dengan disertakan sertifikat resmi dari hasil membeli di Pegadaian saja. 

Jadi jual emas tanpa surat di Pegadaian juga tidak bisa dilakukan. Meskipun disebabkan surat resmi hilang atau rusak tetap tidak bisa dilakukan. Tapi kamu masih bisa menjualnya di toko emas.

Jual emas di Pegadaian Apakah Bisa

Pegadaian bisa menerima gadai emas jenis apapun, batangan maupun perhiasan (yang ada suratnya maupun tidak ada) dengan harga pinjaman gadai senilai 80% dari harga terkini.

Saya bulan Juli 2022 kebetulan menggadai emas Antam 2 gram mendapatkan Rp 1.500.000 dipotong biaya admin Rp 20.000 jadi hanya menerima bersih Rp 1.480.000

Harga emas Antam 2 gram pada saat ini sekitar 1.890.000

Jual di Toko Emas Berapa Harganya

Jika kita menjual emas dengan sertifikat dari toko yang sama maka akan mendapatkan harga 100% terkini sesuai tingkat kadar karat.

Tetapi jika tanpa memiliki sertifikat daro toko tersebut maka harga jual emas akan turun menjadi sekitar 85-90% dari harga asli.

Desember 2022 saya mencoba menanyakan di toko Emas mau jual Antam batangan 2 gram ditawar seharga 1,6 juta, padahal harga jual kala itu 1,9 juta. Dihargai hanya 85% dari harga asli.

Entah mengapa seperti itu mungkin karena persaingan toko emas. Sebuah cara agar konsumen selalu loyal melakukan transaksi jual beli emas di satu toko yang sama. 

Kesimpulan
Menjual emas tanpa surat mungkin hasil dari membeli online atau suratnya hilang. Kamu tidak bisa menjualnya di Pegadaian. Lebih baik dijual di toko emas yang paling besar di kota Anda, pasti laku dengan harga sedikit turun sekitar 85% - 90% dari nilai harga asli.

Jadi sebaiknya dalam membeli emas belilah di toko atau butik terdekat paling terkenal di pusat kota. Maka kelak akan mudah saat ingin menjualnya kembali dengan harga terkini emas. Sehingga bisa jadi investasi yang menguntungkan.

Resiko beli emas online harga turun saat dijual karena akan kesulitan jika menjual lagi ke toko online.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama