Aplikasi Kasir Jowara

9 Jajanan Pasar Kekinian Enak untuk Dimakan dan Dilihat

Jajanan pasar memang punya ciri khas sendiri dari segi bentuk, rasa, dan alami tanpa bahan pengawet. Selain itu ada banyak sekali jenisnya semakin bervariasi. Sekarang semakin banyak inovasi membuat aneka jajanan pasar kekinian yang enak dan juga menarik ketika dilihat.

Jajanan pasar adalah makanan selain makan pokok sebagai camilan yang dibuat oleh tangan manusia secara manual dengan berbagai macam bahan tanpa bahan pengawet. Biasanya banyak di jual di pasar saat pagi hari atau dijual oleh penjual aneka macam makanan di pinggir jalan. 

Jajanan pasar biasanya di produksi oleh masyarakat dari tingkat rumah tangga dan usaha UMKM. Dibungkus sederhana menggunakan plastik dan ada juga yang tidak dibungkus. Makanan ini jika tidak ditaruh kulkas tidak bisa awet tahan lama, bisa bertahan hanya 1-2 hari saja.

12 Jajanan Tradisional Makanan Khas Indonesia

Daftar Jajanan Pasar Kekinian

1. Putu Ayu

Jajanan Pasar Kekinian Putu Ayu
Putu ayu adalah kue tradisional terbuat dari campuran tepung beras, gula, santan, dan pewarna alami daun pandan yang diaduk hingga halus dan kemudian dikukus dalam cetakan bulat kecil yang terbuat dari daun pisang. Setelah matang, putu ayu dikeluarkan dari cetakan dan ditaburi dengan kelapa parut.

Tampilan putu ayu biasanya berwarna hijau kekuningan dan berbentuk bulat dengan permukaan yang lembut. Rasanya manis dan lembut dengan sedikit rasa kelapa dan pandan yang khas. Putu ayu sering disajikan sebagai makanan penutup atau camilan di pagi atau sore hari, dan dapat ditemukan di pasar tradisional.

2. Pastel

pastel jajanan pasar kekinian
Pastel adalah makanan terbuat dari kulit pastry yang renyah berbentuk segitiga atau bulat. Di isi dengan berbagai bahan pilihan seperti daging, sayuran, telur, keju, atau campuran dari beberapa bahan tersebut. 

Isian pastel biasanya dibuat dengan cara menumis bahan-bahan tersebut terlebih dahulu dengan bumbu rempah yang khas seperti bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, dan merica, sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang lezat.

Setelah isian pastel siap, kulit pastry ditekan tipis dan dipotong dalam bentuk lingkaran atau segitiga. Kemudian, isian tersebut diletakkan di tengah-tengah kulit pastry dan dilipat dengan bentuk segitiga atau bulat. Selanjutnya, pastel dapat digoreng dalam minyak panas hingga berwarna kecoklatan atau dipanggang dalam oven.

3. Risoles

jajanan kekinian risoles
Risoles terdiri dari kulit lumpia tipis yang diisi dengan berbagai bahan, seperti sayuran, daging cincang, telur, dan keju, yang telah dimasak dan dibumbui dengan rempah-rempah. Isian tersebut kemudian dibungkus dengan kulit lumpia yang digulung, dan kemudian digoreng hingga matang.

Mirip dengan lumpia tetapi risoles isi nya diberi tambahan keju. Rasanya yang gurih dan renyah serta tekstur kulit yang tipis menjadi salah satu makanan disukai banyak orang di Indonesia. Ada banyak variasi risoles yang dapat disesuaikan dengan selera dan keinginan, seperti risoles ayam, risoles sayuran, risoles jagung, dan daging.

4. Dadar Gulung

dadar gulung

Ciri khas dadar gulung terbuat dari adonan tepung terigu yang digoreng tipis dan diisi dengan campuran kelapa parut yang telah dicampur dengan gula merah cair atau gula jawa, dan kadang-kadang juga dicampur dengan daun pandan sebagai pewangi.

Untuk membuat dadar gulung, terlebih dahulu adonan dadar dibuat dari campuran tepung terigu, telur, santan, garam, dan daun pandan yang sudah dihaluskan. Adonan tersebut kemudian diambil secukupnya dan digoreng tipis dengan minyak goreng pada wajan datar yang dipanaskan.

Setelah kulit dadar matang, campuran kelapa parut dan gula merah dicampurkan menjadi satu, kemudian diisikan pada bagian tengah dadar dan dilipat seperti gulung atau amplop. Dadar gulung siap disajikan sebagai camilan atau makanan penutup.

5. Sus Vla

jajanan kekinian sus vla
Susu fla biasanya memiliki tekstur lembut, renyah dan lezat dengan rasa manis dan creamy yang khas. terbuat dari campuran telur, susu, gula, dan bahan pengental seperti tepung maizena atau tepung terigu.

Untuk membuat sus vla, adonan susu, telur, dan gula dimasak dalam panci di atas api sedang sambil terus diaduk hingga membentuk adonan yang kental. Kemudian, tepung maizena atau tepung terigu ditambahkan untuk memperkuat konsistensi adonan. Setelah matang, adonan susu vla kemudian disajikan sebagai hidangan penutup.

6. Semar Mendem

Semar mendem
Kue semar mendem ini mirip dengan lemper tetapi lebih dibuat berwarna dan menarik dilihat. Terbuat daru beras ketan seperti lemper di isi daging ayam yang dibungkus dengan kulit dadar. Jadi saat dimakan rasanya lumayan bikin kenyang.

Untuk memberikan cita rasa pada daging ayam dimasak dengan rempah-rempah yang digunakan untuk memasak Semar Mendem biasanya terdiri dari bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, kemiri, lengkuas, serai, dan daun salam. Ayam dipotong kecil-kecil dan direbus bersama bumbu rempah-rempah, santan, dan sedikit air hingga empuk dan bumbu meresap ke dalam daging ayam.

7. Tahu Bakso

tahu bakso
Tahu bakso adalah makanan terdiri dari tahu diisi dengan bola bakso (daging giling dibentuk bulat kecil-kecil), kemudian digoreng lalu disajikan dan dimakan dengan sambal atau bisa dengan kuah kaldu yang lezat.

Tahu bakso sekarang banyak dijual menjadi jajanan pasar kekinian yang disukai berbagai kalangan karena enak dan gurih.

Proses pembuatan tahu bakso dimulai dengan membuat adonan bola bakso dari daging giling, tepung tapioka, dan bumbu-bumbu rempah yang diaduk hingga rata. Adonan kemudian dibentuk menjadi bola-bola kecil dan direbus dalam air hingga matang.

8. Bolu Kukus

bolu kukus
Bolu kukus adalah salah satu jenis kue yang populer di Indonesia sejak jaman dulu disukai kangan anak anak karena rasanya manis dan lembut. Bolu kukus berwarna warni seprti hijau, pink dan kuning. Dibuat dengan cara dikukus menggunakan panas uap, bukan dipanggang di oven seperti kebanyakan jenis kue lainnya.

Bahan dasar bolu kukus umumnya terdiri dari telur, tepung terigu, gula, dan baking powder. Bahan-bahan ini dicampur secara merata hingga membentuk adonan kental dan lembut. Kemudian adonan dimasukkan ke dalam loyang kue yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung, dan dikukus dalam panci atau alat khusus pembuat kue kukus.

8. Lumpia

makanan kekinian lumpia
Lumpia umumnya dibuat dengan kulit pangsit atau kulit lumpia yang tipis dan transparan. Kulit tersebut kemudian diisi dengan bahan-bahan seperti tauge, wortel, rebung, daging ayam atau udang, telur, dan beberapa bahan lainnya sesuai selera.

Setelah diisi, kulit lumpia kemudian dilipat dan digulung menjadi bentuk silinder atau segitiga. Lumpia kemudian digoreng dalam minyak panas hingga kecoklatan dan matang.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama